Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Trading Saham Bagi Pemula

Bagi seorang trader pemula yang baru pertama terjun ke dunia saham, sebagian dari anda mungkin masih bingung harus belajar trading mulai darimana. Seperti kita ketahuim ilmu utama dalam trading saham adalah ANALISIS TEKNIKAL. Baca juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

 

Ada banyak hal yang harus anda pelajari dalam analisa teknikal. Hal inilah yang membuat banyak trader pemula masih belum memahami step by step belajar trading saham. 

Karena ilmu analisa teknikal cukup banyak, ada baiknya anda belajar step by step supaya anda bisa memaksimalkan penggunaan analisa teknikal untuk meraih profit maksimal di market. 

Jika anda belajar analisa teknikal tanpa melalui langkah-langkah benar, hal ini justru membuat anda semakin bingung dalam mengaplikasikan analisa chart untuk memilih saham bagus. 

Pada pos ini kita akan membahas step by step yang harus anda pahami untuk belajar trading bagi pemula. Bagi para pemula yang ingin meraih profit dari trading saham, anda harus mempelajari hal-hal berikut: 

1. Memahami mekanisme perdagangan saham 

Seorang trader harus paham mekanisme perdagangan saham, karena trading saham adalah aktivitas beli jual saham jangka pendek. Otomatis anda akan lebih sering memantau market, pergerakan harga saham.. 

Nah, kalau anda tidak paham mekanisme perdagangan saham, anda berisiko memasukkan order trading yang salah, atau bahkan memasukkan order beli jual saham di waktu yang tidak tepat. 

Buat para trader, pahami dulu mekanisme perdagangan saham. Jadi jangan terburu belajar membaca grafik atau bahkan langsung membeli saham, namun anda belum paham mekanisme perdagangan saham.  Berikut mekanisme perdagangan yang harus anda pelajari: 
2. Cara basic membaca candlestick saham 

Setelah anda paham mekanisme perdagangan saham, anda bisa pelajari basic utama membaca candlestick. Karena tanpa mengerti candlestick, anda tidak akan bisa membaca grafik selanjutnya. 

Belajar trading saham bagi pemula

Candlestick merupakan basic utama dalam analisis teknikal. Kalau anda ingin memahami pergerakan saham harian, analisa chart pattern, analisa chart pattern, menentukan support resisten, semuanya itu bersumber dari candlestick. 

Seperti kita ketahui, candlestick di dalam grafik saham ada yang warna hijau (Candle bullish / naik) dan warna merah (candle bearish / turun). Anda bisa pelajari disini mengenai cara membaca candlestick paling basic: Belajar Candlestick Saham: Profit dari Candlestick. 

3. Time frame saham  

Time frame adalah analisa jangka waktu range tertentu yang digunakan dalam trading saham / chart. Analisa time frame yang benar (tidak terlalu pendek / panjang), membuat anda bisa melihat analisa-analisa saham yang lebih objektif. 

Sebelum berbicara tentang beli jual saham, pahami terlebih dahulu cara melakukan setting time frame grafik yang benar. Pelajari juga: Cara Menentukan Time Frame Trading SahamBelajar Grafik Saham: Time Frame.

4. Membaca support resisten dan analisa tren

Dari candlestick dan time frame, anda bisa mengembangkannya menjadi analisis support resisten dan analisa tren. Support resisten merupakan analisa untuk menentukan letak harga bawah (Support) dan harga atas (Resisten) suatu saham. Sedangkan analisa tren berfungsi untuk mengetahui tren saham yang sedang terjadi dan potensi pembalikan arah harga saham. 

Dengan mengetahui support resisten, anda bisa mengetahui titik-titik harga saham yang bagus untuk trading sebagai acuan untuk entry buy maupun take profit. Anda bisa pelajari cara-cara menganalisa support resisten dan analisa tren disini: 
5. Membaca indikator 

Selanjutnya anda bisa mulai belajar membaca dan menganalisa indikator saham. Indikator saham jumlahnya sangat banyak. Akan tetapi jenis indikator saham sebenarnya ada dua, yaitu indikator leading dan indikator lagging. 

Indikator saham bisa menjadi alat bantu trader untuk menentukan support resisten, analisa tren maupun sebagai sinyal beli dan jual saham. Baca juga materi2 tentang indikator saham disini: 
Pelajari juga full praktik dan strategi kombinasi analisis teknikal yang sinpel dan bisa dipraktikkan langsung untuk trading disini: Ebook Saham Full Praktik Trading.

Indikator saham juga bisa anda kembangkan dengan analisis indikator Fibonacci, di mana Fibonacci berguna sebagai alat bantu untuk menentukan letak support resisten penting di grafik saham. Baca juga: Trading Saham dengan Fibonacci Retracement PDF.  

6. Analisa chart patttern 

Pengembangan analisa teknikal selanjutnya adalah chart pattern. Chart pattern merupakan pola-pola tertentu yang terbentuk pada grafik saham, di mana pola-pola tersebut dapat menggambarkan psikologis dan kemauan market. 

Chart pattern yang kita kenal seperti double bottom, cup and handle, head and shoulder dan lain2 bisa menjadi acuan trading dan mengambil entry buy & sell. 

Chart pattern bisa anda perdalam jika anda sudah memahami basic-basic candlestick, analisa time frame, analisa support resisten. Itulah mengapa analisa chart pattern kita taruh pada poin 6 bukan poin pertama. 

Karena analisa teknikal ini sebenarnya ada urutan. Kalau anda belajarnya loncat / nggak step by step anda akan sulit memahami langkah2 selanjutnya. Baca juga: Belajar Chart Pattern & Praktik Trading. 

7. Analisa lainnya (Bandarmologi, momentum market) 

Analisa lainnya yang bisa dikombinasikan dengan analisa teknikal adalah analisa bandarmologi (melihat gerak gerik bandar) bisa dilakukan melalui broker summary. Pelajari juga: Cara Membaca & Melihat Broker Summary. 

Analisa momentum market (IHSG) juga bisa dikombinasikan dengan chart untuk melihat entry buy sell yang lebih akurat. Karena terkadang saham2 likuid pergerakannya mengikut IHSG. Sehingga dengan menganalisa momentum market dan analisa teknikal, anda bisa meminimalkan fake signal. 

REKOMENDASI EBOOK / BUKU BELAJAR SAHAM PEMULA - EXPERT 

Buat anda yang ingin mendalami lebih banyak full praktik analisa teknikal secara lengkap, plus strategi2 kombinasi analisis teknikal seperti:
  • Full praktik memilih saham diskon & murah secara teknikal
  • Full praktik strategi trading di saham sideways
  • Full praktik membaca saham yang berpotensi koreksi 
  • Fibonacci retracement untuk meraih profit di market 
  • Analisa elliot wave 
  • Support resisten lanjutan 
  • Menemukan saham naik dengan variasi support resisten 
  • Dan masih banyak lainnya
Anda bisa mendapatkan ebook khusus yang membahas semua materi tentang trading saham dan strategi2nya disini: Ebook Full Praktik Trading Saham Pemula - Expert. Berikut cover ebooknya: 

Belajar Trading Saham Pemula - Expert

Buat trader saham yang ingin mendalami seluruh materi analisa teknikal yang bisa dipraktikkan langsung (bukan hanya belajar teori), sampai anda bisa trading dan memilih saham bagus secara otodidak, anda bisa dapatkan ebook trading saham ini untuk full praktik trading mandiri.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.