Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Rekomendasi Saham Hari Ini - Rekomendasi Saham

Pos ini berisi tentang rekomendasi saham harian atau biasa saya sebut sebagai WATCHLIST SAHAM. Sekedar informasi, watchlist saham di Saham Gain ini saya buat sejak Desember 2015 - sekarang. Sekilas yang perlu Anda ketahui tentang rekomendasi saham harian yang saya berikan, supaya Anda tidak salah paham:

1. Seluruh rekomendasi saham harian saya sifatnya DISCLAIMER ON.  

2. Rekomendasi saya bukan memberi kepastian saham2 yang pasti naik sampai diatas 5% dalam sehari perdagangan. Walaupun dalam banyak watchlist, seperti MNCN yang pernah saya rekomendasikan watchlist 5 Februari 2016, pada tanggal tersebut sahamnya naik 11% dalam sehari. 

3. Rekomendasi sifatnya adalah WATCHLIST. Artinya, saham-saham yang saya berikan adalah saham yang ada potensi naik untuk jangka pendek (bisa untuk sehari, dua hari, maksimal satu bulan). 

4. Rekomendasi-rekomendasi lama akan saya hapus secara berkala agar loading halaman Rekomendasi Saham Gain ini tidak terlalu berat. 

5. Rekomendasi saham harian akan saya berikan minimal setelah jam 16.15 karena pasar saham resmi closed pukul 16.15. Jam 16.00-16.15 masih pada pre-closing, sehingga bentuk candlestick-nya masih memungkinkan untuk berubah. Rekomendasi juga bisa saya berikan pada pagi hari sebelum jam market buka (pukul 09.00). 

Ada baiknya anda baca juga: Rekomendasi Saham Harian dari Saham Gain.

============================================

Bagi anda yang membutuhkan materi belajar dan praktik saham pemula - expert dan mendapatkan berbagai strategi trading dari saya, termasuk panduan menyusun trading plan, anda bisa mendapatkannya disini: Buku Saham 

Ebook praktik trading diskon 15%: Buku Pilihan Trader Terbaik.
==================================================

Watchlist saham untuk tanggal 18 Februari 2019 

1. TKIM
==================================================

Watchlist saham untuk tanggal 14 Februari 2019 

1. BMRI, PTBA

BMRI waspadai support 7.250. 

PWON watchlist kemarin target jangka harian 650-655.. Resisten 2: 670. 
================================================

Watchlist saham untuk tanggal 13 Februari 2019 

1. PWON

PWON waspadai support 620. 
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 12 Februari 2019 

1. HMSP, CPIN, BBTN

Perhatikan juga kondisi IHSG hari ini yang masih potensi koreksi / turun. Sesuaikan dengan time frame trading anda masing-masing.
==================================================

Trading Saham untuk Profit Konsisten 

Anda yang ingin bisa mencari (screening) saham bagus untuk mendapatkan stock pick saham yang berkualitas. Dan tambahan screening untuk mencari saham2 yang layak swing trading, membedakan saham yang layak trading dan tidak layak trading, screening saham diskon yang punya potensi naik jangka pendek dan lain2...  

Anda bisa mendapatkan praktik trading yang lengkap (355 halaman), tentang cara melakukan screening saham yang layak untuk trading disini: Ebook Trading Saham: Panduan Simpel dan Efektif Menemukan Saham yang Bagus.

Tujuan akhir dari praktik2 yang kita terapkan di ebook memilih saham bagus ini adalah supaya anda bisa mendapatkan PROFIT KONSISTEN di saham. 

Anda yang masih sering salah dalam membeli saham, sering rugi, sering nyangkut, belum tahu analisa apa yang cocok untuk trading, belum bisa memilih saham2 yang layak trading, di Ebook Memilih Saham Bagus kita akan langsung praktik, sehingga anda bisa trading dengan cara dan arah yang lebih baik. 
==================================================

Watchlist saham untuk tanggal 11 Feburari 2019

1. ASII
============================================== 

Watchlist saham untuk tanggal 8 Februari 2019 

1. LSIP, ERAA
==================================================

Watchlist saham untuk tanggal 7 Februari 2019 

1. SCMA

SCMA tetap waspadai support 1.800. Resisten SCMA: 1.870-1.890
===================================================

Watchlist saham untuk tanggal 6 Februari 2019 

Anda bisa WAIT AND SEE sambil menunggu saham2 mulai rebound: BBRI, HMSP, ASII, JSMR, GGRM. Saham2 tersebut masih ada potensi untuk turun, namun bisa anda koleksi jika sudah mulai bergerak naik, bisa untuk jangka lebih pendek atau swing trading. Masukkan dalam list trading anda. 
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 4 Februari 2019

1. WSBP,  PTBA
================================================

Watchlist saham profit - SELAMAT MENIKMATI PROFIT 

Di bulan Januari lalu, banyak sekali saham-saham kita yang sudah naik tinggi. Saham2 kita naik yaituCTRA ICBP, ERAA, TPIA, INDF, MYOR. INTP, HMSP, PNLF, ICBP, UNTR dan masih banyak lainnya. Anda bisa scroll-scroll lagi kebawah, ulasan saham2 kita di watchlist yang sudah naik. 

Terutama di minggu keempat saham2 watchlist kita sudah naik banyak, yaitu TLKM, HMSP WSKT, EXCL, BBRI, CTRA. WSKT naik 8%. CTRA naik 10%. BBRI naik dari 3700-3730 ke 3.920. Hanya MYOR yang masih sideways. 

Selamat untuk anda yang sudah membeli sahamnya. Selamat menikmati profit anda di ahkir pekan. 

Anda yang ingin bisa mencari saham-saham yang naik, praktik langsung strategi-strategi trading yang bisa membuahkan profit konsisten, cara memilih saham yang bagus, mencari saham-saham diskon yang mudah naik, anda bisa mendapatkan praktiknya disini: Buku Saham Terbaik Pilihan Trader. 

Jadi kita langsung masuk pada praktik-praktik trading yang sebenarnya, sesuai market riil dan pengalaman2 trading saya yang saya share untuk mendapat profit. Anda yang masih pemula - expert, ebook saham ini cocok untuk anda terapkan dalam trading dan memilih saham bagus. 
============================================= 

Watchlist saham untuk tanggal 1 Februari 2019 

1. PWON, ERAA

PWON tetap perhatikan support 650. 
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 31 Januari 2019 

1. CTRA
==============================================

Watchlist saham untuk tanggal 30 Januari 2019 

1. MYOR, WSKT, EXCL, BBRI
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 29 Januari 2019

1. HMSP

Tetap waspadai market hari ini yang masih potensi koreksi. 
============================================== 

Watchlist saham untuk tanggal 28 Januari 2019 

1. TLKM

TLKM support 3.800. Resisten 3.970-4.000
=================================================

Watchlist saham profit minggu ini - SELAMAT PROFIT

Selamat menikmati untuk rekan-rekan yang sudah membeli saham2 watchlist di minggu ini. Saham-saham watchlist kita sebagian besar sudah mengalami kenaikan: CTRA (WL tanggal 18 Januari rebound dari support 950), ICBP, ERAA, TPIA, INDF, MYOR. 

SIDO (WL 23 Januari) masih cenderung sideways, namun masih berpeluang naik ke 840-850. Di WL sebelumnya, kita sudah waspadai SIDO jatuh dari support 800, tapi setelah dibawah support 800, SIDO berhasil rebound.  

Selamat rekan2 yang sudah beli sahamnya, dan terutama saham ERAA, CTRA, TPIA mengalami kenaikan yang sangat tinggi dalam jangka pendek. 

Anda yang ingin bisa langsung praktik mendalami strategi dan cara-cara mencari saham yang bagus, disertai praktik trading yang sudah saya terapkan sendiri, anda bisa mendapatkan materinya lengkap full praktik (409 halaman) disini: Buku Saham Pemula - Expert.  

Disini saya berikan bocoran strategi2 trading, cara mencari saham diskon yang berpotensi naik dan sebagainya. Jadi anda bukan hanya membaca teori, namun kita langsung masuk ke praktik, dan cara-cara memilih saham yang naik. 
=============================================

Watchlist saham untuk tanggal 25 Januari 2019

1. BMRI
====================================================

Ulasan market dan watchlist saham untuk tanggal 23 Januari 2019 

1. SIDO

SIDO membentuk doji, ada peluang rebound. Tetap waspadai support 800. Waspadai juga potensi penurunan IHSG karena IHSG sudah naik tinggi dalam sepekan, dan Bursa AS (Dow, Nasdaq, S&P) juga kompak ditutup melemah / koreksi. 
============================================ 

Watchlist saham untuk tanggal 22 Januari 2019 

1. TPIA, INDF, MYOR
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 21 Januari 2019 

1. ERAA
==================================================

Selamat menikmati profit saham sampai minggu ketiga Januari ini 

Ulasan-ulasan saham kita sejak tanggal 11 Januari sampai minggu ketiga ini, sudah banyak yang naik: INTP, HMSP (14 Januari), PNLF, ICBP, UNTR. Selamat anda yang sudah membeli sahamnya. Saham2 tersebut termasuk saham2 yang rebound cukup tinggi di minggu ini. 

Untuk saham ICBP sudah mulai naik dari support 10.000. Hold untuk saham ICBP bagi rekan2 yang sudah punya sahamnya. HMSP (17 Januari) dan CTRA bisa BOW, terutama CTRA yang masih uji support. 

Anda yang ingin mempelajari lebih dalam strategi dan cara-cara mencari saham yang bagus, disertai praktik trading yang sudah saya terapkan sendiri, anda bisa mendapatkan materinya leNgkap full praktik (409 halaman) disini: Buku Saham Pemula - Expert.  
============================================

Ulasan market dan watchlist saham untuk tanggal 18 Januari 2019 

Market (ISHG) kita cenderung bullish dalam seminggu ini. Hari ini ada kemungkinan market akan cenderung menguat terbatas. 

1. CTRA 

CTRA pernah masuk WL kita 2 Januari 2019. Sekarang harganya sudah mulai terkoreksi lagi. 



CTRA kini kembali menguji support 990-995 (MA 50 dan 200). Sedangkan support 2 CTRA: 950. Jika CTRA bertahan diatas 1.000 bisa buy. Resisten: 1.050-1.100. 
===================================================

Watchlist saham untuk tanggal 17 Januari 2019 

1. HMSP
===============================================

Watchlist saham untuk tanggal 16 Januari 2019 

1. ICBP
===============================================

Watchlist saham untuk tanggal 15 Januari 2019 

1. UNTR 

Watchlist PNLF kemarin sudah naik 8% (tanggal 14 Jan). Selamat untuk anda yang sudah membeli sahamnya. UNTR tetap waspadai support 26.000. Bila bertahan diatas 26.000, peluang rebound. 
==================================================

Watchlist saham untuk tanggal 14 Januari 2019 

1. HMSP, PNLF

HMSP watchlist kita 10 Januari masih berpotensi untuk naik turun di area supportnya. HMSP masih jadi pilihan watchlist yang menarik. 

PNLF support: 260 resisten: 280
==================================================

Watchlist saham untuk tanggal 11 Januari 2019 

1. INTP 

INTP saham yang kita ulas tanggal 9 Januari lalu menyentuh MA200 di support 17.125, bahkan kemarin sempat di harga low 17.000. 9 Januari INTP hanya bertahan sedikit kemudian cenderung koreksi. 

INTP saat ini masih bertahan di MA200. Resisten jangka pendek: 17.500. Resisten 2: 18.000.
==================================================

Selamat menikmati profit: INKP, BMRI, SMGR, INCO

2-3 hari ini sebagian besar watchlist saham kita sudah membuahkan kenaikan yang tinggi. INKP naik sekitar 5% (WL 9 Januari). BMRI WL 7 Januari sempat naik ke 7.600-7.700. SMGR naik 4% hari ini. INCO WL 7 Januari naik sekitar 5%. 

Kita tunggu INTP karena ulasan saya 9 Januari INTP masih ada support 17.125 dan INTP lagi menguji ke supportnya sekarang. HMSP juga sudah mulai potensi naik. 

Anda yang ingin mempelajari lebih dalam strategi dan cara-cara mencari saham yang bagus, disertai praktik trading yang sudah saya terapkan sendiri, anda bisa mendapatkan materinya lemgkap full praktik (409 halaman) disini: Buku Saham Pemula - Expert. 
================================================

Watchlist saham untuk tanggal 10 Januari 2019 

1. HMSP, SMGR

HMSP support 3.750-3.800. Resisten: 3.920-3.950
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 9 Januari 2019 

1. INTP



Support INTP di MA200 (hijau): 17.125. Resisten: 18.000. INTP potensi rebound jika bertahan diatas MA200. 
==================================================

Update watchlist 8 Januari 2019 pukul 9:40

1. INKP 
================================================

Watchlist saham untuk tanggal 8 Januari 2019 

1. ASII
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 7 Januari 2019 

1. INCO, BMRI
==================================================

Saham-saham Watchlist Kita yang Profit Besar 

Akhir tahun 2018 sampai awal Januari 2019 ini, banyak saham watchlist kita yang sudah membuahkan kenaikan yang tinggi. Saham2 watchlist kita yang naik antara lain UNTR, BMRI, INTP (naik cepat sehari trading 28 Desember), ASII, BBTN, CTRA, KLBF, ITMG. 

SELAMAT untuk anda yang sudah membeli sahamnya, dan anda yang bersabar take profit di harga yang tepat. Strategi dan mental trading yang bagus, akan membuahkan hasil yang bagus pula. 

Dan tentu saja, saya sendiri juga ikut mentradingkan sebagian sahamnya. 


Buy ASII 3 Januari 8.225 (ASII naik ke 8.450)

Buy BBTN 3 Januari 2.520 (BBTN naik ke high 2.640)

Buy BMRI 21 Desember 7.225 (BMRI naik ke 7.400-7.425)

Buy UNTR 28 Desember 27.400 dan 27.700 (UNTR naik ke 28.900)

Anda yang ingin bisa mencari saham-saham yang mudah naik dalam jangka pendek menggunakan strategi trading yang simpel, saya menyusun praktik trading lengkapnya disini: Buku Saham Praktik Analisa Teknikal. 
============================================== 

Watchlist saham untuk tanggal 3 Januari 2019 

1. ASII
================================================

Watchlist saham untuk tanggal 2 Januari 2019 

1. BBTN, CTRA



BBTN membentuk pola rising wedges walaupun belum sempurna polanya. Support: 2.500 (bisa buy jika berada diatas 2.500). Resisten 2.640.

Rekan-rekan yang ingin praktik trading saham, belajar analisa teknikal dan mempelajari saham-saham yang punya potensi naik berdasarkan pengalaman pribadi saya, anda bisa mendapatkan materinya disini: Buku Trading Saham. 
==================================================

 Selamat tahun baru 2019 

Selamat tahun baru 2019 untuk semua rekan2 para pembaca web Saham Gain ini. Di tahun 2018, kita sudah menghadapi banyak tantangan di pasar saham. Semoga di tahun 2019, trading anda jauh lebih baik, dan bisa membuahkan profit jauh lebih maksimal. 

Pasar saham kita akan buka lagi tanggal 2 Januari 2019. Untuk anda yang ingin memesan ebook trading saham selama masa liburan tahun baru, anda tetap bisa memesan ebook trading. Anda bisa lihat review ebook Saham Gain disini: Buku Pilihan Trader Saham. 
===================================================

IHSG Akhir Tahun 2018 

Perdagangan pasar saham kita tahun 2018 ditutup di 6.194,5 pada tanggal 28 Desember 2018. IHSG ditutup dibawah 6.200, dan selama 2018 IHSG cenderung downtrend. 

Sebelumnya, saya sudah pernah memberikan prediksi tutupan IHSG, akan berada di range 6.150-6.300.. Dan prediksi kita kali ini nggak meleset2 amat, karena penutupan IHSG ada di 6.194,5. Anda bisa baca2 lagi tulisan saya disini: Prediksi IHSG Akhir Tahun 2018. 

Tapi bagi saya pribadi penutupan IHSG ini justru bagus, karena hal ini menandakan bahwa IHSG masih bergerak wajar, dan IHSG yang sekarang ini masih membuka peluang lebar untuk uptrend di 2019, karena kalau IHSG katakanlah sudah diatas 7.000, maka bisa mengakibatkan potensi bubble IHSG. 

Rekan-rekan yang ingin belajar saham mulai pemula - expert, dan sekaligus kita melakukan praktik trading langsung, memilih saham2 apa yang bagus untuk trading, anda bisa mendapatkan praktik tradingnya disini: Ebook Pilihan Trader Saham.  
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 28 Desember 2018

1. INTP



INTP membentuk pola bullish harami
===============================================

Watchlist saham untuk tanggal 26 Desember 2018 

1. UNTR, BMRI

Support: 27.525 dan 27.350. 
Resisten: 29.400-29.500. 

UNTR jika koreksi kemungkinan besar akan koreksi ke support 27.525 dan support 2 27.350 (support 6 bulan). Jika kuat di support2nya, anda bisa BOW. Jika UNTR break dari 28.000, target resistennya 29.400-29.500. 

2. Bisa amati saham2 yang kemungkinan akan terdampak positif dari divestasi saham Freeport: PTBA, TINS, ANTM. 
================================================

Libur Bursa dan Pembukaan Bursa Tahun Baru 2019 

Tahun 2018 ini hanya tinggal tersisa beberapa hari lagi untuk trading (26-28 Desember 2018). Kemudian pasar saham kita akan dibuka lagi pada tahun baru 2 Januari 2019. Anda bisa melakukan evaluasi trading anda di akhir tahun ini, dan menyusun rencana, serta portofolio saham anda untuk tahun 2019. 

Rekan-rekan yang ingin memesan ebook praktik trading dan belajar saham selama Bursa / market tutup atau selama hari libur, anda tetap bisa memesan ebooknya melalui saya. 

Untuk periode 25-31 Desember 2018, anda bisa mendapatkan diskon ebook trading saham 10%. Anda bisa lihat review ebook trading saham disini: Ebook Trading Saham Diskon 1o%. 

Anda bisa kontak saya melalui WA: 087859520042 atau email: suksesbelajarsaham@gmail.com 
==================================================

Watchlist saham untuk tanggal 21 Desember 2018 - Sesi II

1. BMRI



BMRI membentuk pola doji. Jika bertahan di support perpotongan MA 50 dan MA 200 (garis hijau dan biru), BMRI potensi rebound. 
==================================================

Watchlist saham untuk tanggal 20 Desember 2018 

1. ERAA, INDY

Resisten terdekat ERAA 2.400-2.410
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 19 Desember 2018 

1. KLBF, BMRI, ITMG

ITMG bisa buy jika support 19.000 tidak jebol. 
=================================================

Ulasan market tanggal 18 Desember 2018 

Dow semalam koreksi, dan diikuti juga dengan koreksi lanjutan IHSG. IHSG hanya koreksi wajar karena sudah naik tinggi sebelumnya (ulasan kita kemarin). Peluang anda untuk ambil saham2 di harga support seperti BBCA, BBNI, TLKM, BBRI. Bisa manfaatkan koreksi IHSG untuk wait and see dulu, dan beli bertahap. 
=================================================

Watchlist saham untuk tanggal 18 Desember 2018 

Market masih cenderung koreksi setelah bulan Desember ini uptrend cukup kencang. Bisa amati BBCA, BBNI, KLBF, PTPP untuk buy di harga support.
================================================

Watchlist saham profit sampai Pertengahan Desember 2018 

Sampai pertengahan Desember ini, sebagian besar watchlist saham kita sudah naik tinggi, terutama saham2 blue chip yang banyak saya bahas di Saham Gain maupun Facebook Belajar Saham. 

Saham-saham kita yang sudah mengalami kenaikan yaitu UNTR, ANTM, INKP, BBRI, HMSP, TLKM, PTBA, ASII, MNCN (target hari ini tercapai), BRPT, KLBF. 

KLBF kemarin sehari sudah naik dari 1.485 ke 1.520. Kalau rekan-rekan ingin hold sahamnya lebih lama, target KLBF di 1.550. EXCL kita masih tunggu trennya dalam beberapa minggu kedepan. 

SELAMAT untuk yang sudah membeli sahamnya.. Happy profit... Terutama rekan2 yang profit di PTBA, TLKM, HSMP , ASII, MNCN. Kenaikannya sangat tinggi sampai pertengahan Desember ini. Selamat berakhir pekan. 

Anda yang ingin belajar analisa saham, khususnya mempraktikkan secara langsung cara-cara membaca saham yang punya potensi naik, dan mempelajari analisa teknikal pemula - expert, anda bisa mendapatkan praktikknya disini: Buku Saham. 
===================================================

44 komentar:

  1. Salam kenal, saya Ade Hidayat terimakasih atas bimbingan nya dalam blog ini, karena sudah ditunggu- tunggu, mudah2an penulis semakin terus dapat memberikan retribusinya di dunia pasar modal dan dapat memberikan pencerahan terhadap masyarakat yang melakukan investasi saham. kami selalu menunggu rekomendasi saham harian dari penulis:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga pak. Terima kasih untuk dukungannya. Berkat dukungan rekan2, saya juga menjadi semakin bersemangat dalam menulis dan meng-update konten blog ini....

      Tentu untuk kedepan saya akan terus update blog ini

      Salam sukses

      Delete
  2. Makasih rekomendasinya .... aku ada SSIA, MNCN, APLN ...., sebenernya ingin masuk SOCI, PBRX ... berdasarkan BOW ... LK keduanya juga bagus ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 agan Budi Yuwono...

      SOCI dan PBRX selain LK lumayan bagus, walaupun saya nggak analisis terlalu dalam seperti SSIA dan JSMR, dilihat dari tren 2 perusahaan tersebut juga sudah berada dalam jalur uptrend. Polanya hampir sama dengan SSIA dan APLN..

      Hanya saran saya, jika sudah punya beberapa saham, jangan diversifikasi saham terlalu banyak, karena itu juga berpengaruh dengan return yang Anda dapatkan..

      baca juga postingan: http://sahamgain.blogspot.co.id/2015/12/diversifikasi-saham-atau-konsentrasi.html

      Delete
    2. Betul ..., lagi mencari bentuk ( jati diri di IHSG ), kadang2 tergoda melihat saham bagus buy, sampai seorang kawan bilang portonya kaya indomaret, aku seleksi tinggal 5, eh ada saham bagus masuk lagi, kembali kaya indomaret, contohnya saat ini porto ada 11, selain pusing nganalisa, ... masuk karena sugesti windows dreasing, yg tinggal 2 hari ( desember 2015 ), ...

      Ada sedikit masukan, di blok kok sekilas aku ga lihat update tanggal, hari .... ( apa aku yg galihat ...)

      Delete
    3. Kalau saran saya memang lebih baik ditentukan dulu mau beli berapa portofolio dan dibagi dengan dana yang Anda miliki supaya nggak terlalu banyak saham... Jadi planning itu sangat perlu

      Trims masukannya... biasanya diatas harusnya ada tanggalnya.. Nanti saya coba edit lagi ..

      Delete
  3. saham ssia yg mas rekom kmrn masih tak hold smoga pertengahan 2016 bisa tak sell,
    makasih rekomnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp gan Yopie...

      Saya juga hold SSIA.. Semoga bisa TP maks di pertengahan 2016

      Delete
  4. YAH BAPA NYA SIBUK,, AAHH TIDAK APA2 PAK MUDAH2AN URUSANNYA CEPAT KELAR MAKASIH PAK
    BY :ADE (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekomendasi sudah ada Pak.. hehehe.. silahkan berkunjung kembali

      Delete
  5. Replies
    1. KLBF sudah naik banyak, dan berhasil menembus resisten 1.400 (mengacu perdagangan closing 8 Jan 2016, closing 1.410).. KLBF sejak 11 Desember 2015 sudah mulai memasuki uptrend, kemungkinan harga akan terus diangkat. Kalau Bapak pegang sahamnya, hold saja dulu target selanjutnya KLBF di 1.450, kalau ingin Buy, saran saya tunggu turun dulu ke 1.330 - 1.380, karena harga saham sudah naik terus ada potensi koreksi kembali jangka pendek...

      Delete
  6. 195,524 204,293 746,191 311,557 763,214 Val
    2,070 2,155 2,215 2,200 2,295 Price
    -3.27 4.11 2.78 -0.68 4.32 %

    Diperlukan Vol berapa untuk naek ?, apa mungkin Vol turun harga naik dalam kasus ADHI ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau diperlukan volume berapa kita tidak bisa menghitung secara pastinya, karena semua tergantung dari bid-offer di perdagangan dan itu sangat fluktuatif...

      2. Vol turun --> harga naik bukan hanya saham ADHI, tapi semua saham sangat mungkin terjadi. Tidak ada pengaruhnya.. Volume bukan menunjukkan lebih banyak mana permintaan atau penawaran, tapi menunjukkan AKTIFITAS PERDAGANGAN DALAM SATU HARI (minat pelaku pasar).. jadi, jangan diartikan seperti ini: volum turun berarti banyak jual, berarti mestinya harga turun dan sebaliknya...

      Kalau ada konsep teknikal: vol naik, harga naik --> harga besok naik. Vol naik harga turun --> harga besok turun. Vol turun harga naik --> harga besok turun. Vol turun harga turun --> harga besok naik... itu bukan berarti volume tinggi = permintaan > penawaran jual. Volume gede artinya: minat pelaku pasar besar dan sebaliknya.

      Delete
  7. Follow mas Heze.., ambil PGAS wishing better today..,Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Ane selalu ngikutin rekomen ente mas, dan hasil lumayan mas, makasih teruskan sharing nya mas ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih..

      Senang rekomendasi saya bisa bermanfaat

      Delete
  9. slamat siank pak,kira2 APLN utk jangka panjang nya gmn yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang Janu

      Menurut pandangan saya, setelah terkena kasus, APLN secara fundamental masih ada kemungkinan membaik..

      Namun saya tidak yakin dengan harga sahamnya scr jangka panjang. Selain karena trennya yang terus turun, laporan keuangan APLN dibandingkan dengan sektor sejenis juga masih kalah bagus..

      Delete
  10. saya sudah setahun ini belajar saham, sekarang makin paham dan yakin kalau mau beli dan menjual, soalnya sudah ada ilmunya.

    niatnya saya belajar terus dan terus, kemudian bisa menghasilkan website seperti ini. menulis di website untuk membantu orang2 mengambil keputusan.

    ilmu web saya sudah punya, tinggal ilmu sahamnya saja yang dimantapkan

    ReplyDelete
  11. Pak saya membeli JPFA di posisi sdh 1,525 ternyata turun lagi di hari yg sama melihat kondisi itu saya melakukan BUY lagi sampai posisi 1,518. apakah tindakan saya benar melakukan avg BUY agar posisi bisa dapat rendah. Apakah sy rugi dgn melakukan strategi tsb, karena terpotong komisi beli. saran bapak seperti apa dgn kondisi tsb agar saya bias mengatasi di lain kasus. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tehnik bermain saham dengan averaging down secara umum tidak dianjurkan, karena dapat memperbesar posisi loss anda. Sampai sekarang pun saya selalu menghindari averaging down karena tehnik ini terbukti berisiko besar.

      Lebih baik jika anda menunggu naik / cut loss kalau harganya turun dibawah prediksi anda.

      Jika anda ingin averaging down, pertimbangkan lagi dengan matang. Baca juga:

      http://www.sahamgain.com/2016/02/mana-yang-boleh-averaging-up-atau.html

      Delete
  12. Bagaimana perkembangan sham smbr ke depannya?..saya mengkoleksinya..saham apa lagi yang prospek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMBR secara teknikal sudah terlalu tinggi.... Jika anda mengoleksi di harga bawah, lebih baik hold

      Delete
  13. Selamat Pagi Pak Heze, saya telah membeli ebook Saham Gaun dan banyak mendapat pencerahan tentang Trading saham setelah membaca ebook Saham Gain, saya sangat berterimakasih menjadi lebih mengetahui teknik Trading saham, semoga semakin matang lagi ke depannya dengan mengikuti ulasan Anda. Namun saya masih belum bisa paham cara melihat atau menentukan support dan resistance dari portofolio yg saya miliki, apa bisa dapat pencerahan lagi Pak Heze...? Thanks terlebih dahulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menentukan support dan resisten sangat subjektif. Setiap trader bisa jadi berbeda-beda dalam menentukan harga support maupun resisten.

      Biasanya, menentukan support dan resisten suatu saham bisa dilakukan dengan dua hal:

      - Melihat support dan resisten kuat (yang sering dilalui)
      - Melihat support dan resisten krusial (yang paling menonjol)

      Semoga membantu

      Delete
  14. halo mas, saya pendatang baru disaham dan blog ini, mau tanya kalau rekomendasi buy and hold (untuk investasi) di 2017 apa saja mas? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun 2017 saya masih prefer ke saham2 blue chip perbankan yang suadh diskon, seperti BBCA, BBRI, BBNI, BMRI..

      Dan blue chip lainnya yang diskon seperti UNVR dan GGRM

      Delete
  15. Selamat siang, saya newbie disaham, baru sekitar bulan desember 2016, saya senang sekali dengan adanya rekomendasi dari bang Heze, kalo bisa rekomendasinya setiap hari bang, minimal jangan lama2 tanpa rekomendasinya, hahaha, Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebisa mungkin memberikan rekomendasi saham secara rutin, walaupun tidak selalu bisa karena aktivitas trading sehari-hari memang menguras pikiran..

      Delete
  16. Halo Mas Heze, minta rekomendasinya dong. Kalau ROTI saat ini mending sell atau hold? Terima kasih sebelumnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ROTI secara chart weekly mulai melanjutkan tren naik. Bisa hold sampai 1.450

      Kalau ingin trading jangka lebih pendek, bisa Take Profit karena ROTI sudah mulai koreksi secara chart daily dan stochastic sudah mulai death cross dari jenuh beli

      Semoga membantu

      Delete
  17. harus tau banget nih tentang saham biar ngga salah invest. terima kasih gans.

    ReplyDelete
  18. Kalo menurun By Heze, gmn perihal saham Film, masih bagus kalo masuk sekarang, apa sudah ketinggalan kereta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Saham FILM sudah naik tinggi berhari-hari

      2. FILM juga sudah masuk suspensi.

      Biasanya saham2 yang sudah naik tinggi, setelah disuspensi BEI cenderung koreksi.

      Delete
  19. Halo Pak,

    Menurut Bapak INDR bagaimana? Saya hampir putus asa nunggu naik :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat historisnya, INDR sempat naik tinggi selama bulan Juni. Artinya INDR tetap ada peluang untuk naik, karena sahamnya juga masih sideways sampai sekarang, belum ada sinyal uptrend atau downtrend.

      Saran saya kalau sudah berhasil jual INDR hindari saham2 seperti INDR yang likuiditasnya rendah

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.