Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

About

Tentang website Saham Gain:
  • Web ini merupakan wadah belajar saham (pasar modal).
  • Segala konten yang ada di website Saham Gain adalah murni tulisan saya. Bukan plagiat, bukan contekan. 
  • Memberikan sarana untuk bertanya apapun mengenai pasar modal.
  • Segala pertanyaan yang ditujukan melalui website belajar saham (Saham Gain), akan saya reply secepat dan seakurat mungkin.
  • Website Saham Gain memberikan sarana lebih bagi Anda untuk belajar saham yang lebih intens lagi. Anda bisa membeli ebook di web ini dan menggunakan jasa konsultasi saya. Silahkan baca: Buku Saham. Baca juga: Konsultasi. Mengapa Anda perlu membayar? Karena untuk memberikan konsultasi maupun buku trading, saya meluangkan waktu dan pikiran untuk Anda.
  • Materi-materi yang disampaikan disusun secara sistematis dan runtut, sehingga memudahkan Anda untuk belajar saham, dan memulai step-stepnya. Untuk lebih jelas silahkan baca: Daftar Isi.
  • Sarana edukasi saham, baik untuk awam, pemula, mahasiswa dan pelajar, maupun Anda yang sudah berkecimpung di dunia pasar modal.
  • Ditulis apa adanya. Saya sebagai pedagang saham tidak pernah mempromosikan bahwa trading saham itu mudah. Melalui web ini, saya justru menekankan pada Anda betapa kerasnya perjuangan seorang pedagang saham untuk bisa meraih profit konsisten dan profit besar. Jadi, trading saham bukanlah permainan judi.
  • Bagi yang ingin meng-copy dan paste konten website ini, baik sebagian atau seluruhnya, harus ada IZIN DARI PENULIS terlebih dahulu (Penulis web: El Heze). Bagi yang ingin copy-paste tulisan di web, hubungi dahulu email: suksesbelajarsaham@gmail.com, untuk mendapat persetujuan dari penulis web.
  • Mungkin anda berpikir: Mengapa harus ada izin dari penulis segala sih? Sekedar perlu anda ketahui, tulisan2 di web Saham Gain sudah beberapa kali di copy-paste (bahkan seluruhnya) oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab, tanpa bersedia mencantumkan sumber link ke website Saham Gain.  
  • Sama seperti buku, website ini dilindungi oleh Undang-undang Hak Cipta. Jadi, jika ada yang mengutip isi web Saham Gain mentah-mentah tanpa mencantumkan sumber, tentu Anda akan berhadapan dengan hukum.
  • Seluruh isi konten di website ini sifatnya adalah DISCLAIMER. Saya dan website ini tidak bertanggung jawab atas keputusan yang Anda ambil. Seluruh keputusan murni 100% tanggungan Anda.
  • Setiap analisis saham di web Saham Gain sama sekali TIDAK BERTUJUAN untuk promosi saham2 tertentu. Seluruh analisis saham yang saya paparkan adalah analisis yang bersifat OBJEKTIF.
  • Website ini bertujuan memberikan edukasi saham. Oleh karena itu, saya sangat terbuka bagi Anda yang ingin bekerja sama dengan saya untuk mengembangkan website Saham Gain. Baik melalui promosi web, menjadi sponsor website dan segala bentuk kerja sama lainnya. 

4 komentar:

  1. Bung Heze, saya pemula nich numpang tanya RI itu apa ? Trus apa hubungannya dengan harga sahamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Rosa Maria,

      RI adalah kependekan dari right issue atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) = hak untuk membeli saham baru ada harga dan waktu yang telah ditetapkan. RI diberikan dalam bentuk rasio, misalnya 1:2 berarti 1 pemegang saham lama mendaptkan 2 saham baru.

      Harga pelaksanaan RI biasanya ditetapkan DIBAWAH HARGA. Apa tujuannya? Ya supaya investor bisa menebus harga right dengan harga yang lebih murah...

      Contoh emiten yang akan melakukan RI baru2 ini adalah JSMR, dengan range harga 3600-4500 (saat itu harga saham JMSR masih di 4.900-an). Dengan cara seperti ini maka investor hanya perlu menebus saham baru seharga 3.600 (tidak perlu menebus seharga 4.900).

      Dampak RI ke harga saham:

      pada umumnya, RI yang bagus adalah RI yang dananya ditujukan untuk ekpansi bukan untuk bayar utang. Perusahaan yang melakukan RI dengan tujuan ekspansi pada umumnya harga sahamnya akan naik...

      Tapiiii.....

      Kenaikan ini akan terasa dalam jangka waktu menengah (maksud saya, tidak secara langsung). Pada saat perusahaan mengumumkan akan RI di rentang harga sekian, harga sahamnya MALAH TURUN. Mengapa? Hal ini sebenarnya faktor psikologis saja. JSMR harga sebelum diumumkan RI adalah 4.900 sekarang turun ke 4.500 (sesuai harga pelaksanaan RI)... Biasanya, harga saham akan turun sebesar harga pelaksanaan RI-nya

      jadi, kalau ada perusahaan mau mengumumkan RI pada harga dibawah harga pasar (apabila Anda trader), hindari dulu saham2 tersebut.

      Delete
  2. Terima kasih banyak Bung Heze.
    Maaf nanya lagi: harga saham 4900, trus diumumkan akan RI di harga 3600-4500, misalnya saya beli pertama kalinya ; dapet harga yang mana ?
    Trus apa maksudnya "menebus" ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. emiten nantinya akan mengumumkan harga mana yang akan dipakai. Kalau Anda beli, ada batas waktunya (cum date dan ex date). Silahkan baca pos: http://www.sahamgain.com/2016/05/membaca-pengumuman-dividen.html

      2. Menebus berarti membayar pada tanggal pembayaran yang ditetapkan. Misalnya: Anda mendapatkan hak untuk memiliki 2 saham baru dari RI. Artinya, Anda punya hak (bukan kewajiban) untuk menebus dengan membeli 2 saham baru tersebut pada harga pelaksanaan RI yang ditetapkan. Kalau Anda tidak menebus, kepemilikan Anda akan terdilusi (nanti akan saya tulis di pos tersendiri tentang RI)

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.