Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Chart Pattern & Praktik Trading

Salah satu analisa teknikal klasik yang sangat penting dalam trading adalah CHART PATTERN. Dalam Bahasa Indonesia, chart pattern adalah pola grafik. Apanya yang berpola? Dan kenapa chart pattern itu penting untuk trading? 

Chart pattern merupakan pola-pola tertentu yang terbentuk pada grafik saham, di mana pola2 tersebut bisa menjadi acuan (secara teknikal dan psikologis) untuk melihat apakah harga saham akan naik atau turun dalam jangka pendek.

Seperti apa contoh pola2 yang ada pada chart pattern? Sebenarnya di web Saham Gain ini, saya pernah memberikan beberapa contoh chart pattern saham. Anda bisa baca-baca lagi pos saya disini: 

Pola Double Bottom Saham UNTR
Sell BNGA: Saham BNGA Membentuk Double Top dan Doji
Pola Double Top pada Saham ASII
ASII Berhasil Menembus Resisten Double Top 

Namun dalam chart pattern ada banyak pola yang terbentuk (bukan hanya double top & double bottom). Dan pola-pola yang ada pada chart pattern, adalah pola2 teknikal yang bagus untuk membaca saham yang akan naik maupun koreksi.  

Belajar chart pattern sudah saya bahas secara lengkap di ebook trading saham. Anda bisa mempraktikan disini: Buku Saham Pemula - Expert. Disini anda nggak hanya membaca teori2 chart pattern, namun anda akan praktik: 

  •  Menerapkan chart pattern (praktik langsung) untuk menghasilkan profit.
  • Kombinasi chart pattern dengan support-resisten yang simpel, sehingga anda bisa mengetahui kecenderungan saham yang akan naik, dan saham2 yang harganya sudah terlalu tinggi. 
  • Chart pattern bagus yang sering muncul di grafik saham
  • Cara efektif menggunakan chart pattern untuk membaca saham naik dan turun 

Chart pattern selain berfungsi untuk menunjukkan kecenderungan arah harga saham (uptrend atau downtrend), chart pattern juga menunjukkan psikologis pasar

Perlu anda ketahui, "pattern" yang dimaksud pada chart pattern menunjukkan apa yang sebenarnya diingingkan oleh pelaku pasar (trader) melalui pergerakan grafik saham tertentu.

Chart pattern terbentuk dari harga-harga historis saham dan harga saham saat ini, di mana harga historis saham selalu menjadi acuan support-resisten, acuan trader dalam melakukan akumulasi dan distribusi saham.

Jadi kalau anda tanya analisa bandarmologi, analisa bandarmologi itu sebenarnya bisa terlihat dari chart pattern yang terbentuk di grafik saham. Analisa chart pattern lebih mewakili analisa saham (teknikal) secara global, daripada anda hanya melihat berapa banyak broker beli dan jual. 

Itulah mengapa saya selalu memberikan saran pada trader saham, terutama trader pemula yang masih belum matang secara analisa teknikal, untuk mendalami dulu analisa teknikal disamping analisa bandarmologi. 

Baca juga: Perlukah Mendalami Analisa Bandarmologi Saham? Analisa teknikal ini salah satunya bisa dipelajari melalui chart pattern. Karena analisa teknikal, analisa chart pattern adalah inti dari analisa trading itu sendiri. 

Jadi untuk anda trader saham, anda harus mempelajari juga CHART PATTERN dalam analisis teknikal, karena chart pattern adalah analisa saham yang dapat mewakili analisa teknikal, analisa historis saham, support-resisten, maupun psikologis pelaku pasar (bandarmologi).  

Chart pattern nggak perlu anda hafalkan, karena saham itu identik dengan praktik. Jika anda ingin paham dengan chart pattern, PRAKTIKAN. 

Kalau anda ingin mempelajari beberapa chart pattern yang mudah dipraktikkan, disini: Ebook Analisa Teknikal, anda bisa mendapatkan chart2 pattern yang sering muncul di grafik, dan akurat untuk membaca kecenderungan bullish-bearish saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.