Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membaca & Melihat Broker Summary

Para trader saham seringkali menggunakan analisa broker summary untuk melihat kekuatan buyer seller bandar (top sekuritas). Broker summary bisa dijadikan sebagai analisa tambahan untuk menganalisa potensi pergerakan harga saham jangka pendek. 


Secara sederhana, broker summary terdiri dari ringkasan para top broker sekuritas yang sedang melakukan akumulasi (beli) dan distribusi (jual) di saham tertentu. 

Kalau mayoritas broker sekuritas banyak yang membeli saham tersebut, maka harga saham berpotensi naik dalam jangka pendek. Sebaliknya ketika mayoritas broker melakukan distribusi, maka harga saham berpotensi turun. 

Analisa broker summary seringkali digunakan para trader jangka pendek, karena pergerakan broker summary menunjukkan minat bandar untuk membeli atau menjual saham dalam jangka waktu yang relatif cepat. 

CARA MELIHAT BROKER SUMMARY

Untuk para trader pemula, anda mungkin masih bingung bagaimana cara mencari menu broker summary dan membaca menu-menu yang pada broker summary. Di pos ini, kita akan membahasnya.   

Setiap software saham pasti memiliki tampilan atau nama menu yang berbeda. Tetapi pada umumnya, broker summary kurang lebih pasti sama. Berikut cara melihat broker summary

*Di pos ini saya menggunakan contoh software online trading dari Sucor Sekuritas (SPOT). Anda bisa menyesuaikan tampilan broker summary dengan sekuritas yang anda gunakan. 

1. Lihat menu Stock atau Broker (Sesuaikan juga dengan nama menu di software saham anda masing-masing) --> pilih Stock atau Broker Summary: 


2. Menu broker summary biasanya nama tampilannya adalah Stock Summary atau Broker Summary. Tampilannya seperti berikut ini: 

Cara Melihat Broker Summary

Untuk melihat broker summary saham tertentu, anda bisa pilih kode saham yang mau anda cari broker summary-nya. Kemudian pilih Date (tanggal yang anda inginkan), dan pilih View. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tanda persegi merah diatas. 

Setelah itu, akan muncul menu tampilan broker summary seperti yang anda lihat beserta menu-menu yang ada pada broker summary (tanda persegi hijau diatas). Berikut adalah penjelasan untuk menu-menu di broker summary: 
  • Br: Kode broker sekuritas 
  • Broker Name: Nama perusahaan broker yang akumulasi dan distribusi 
  • Buy Avg: Harga beli rata-rata (average) broker 
  • Buy Vol: Banyaknya jumlah lot yang dibeli / diakumulasi
  • Buy Val (M): Nilai transaksi beli (dalam miliar rupiah / M) 
  • Sell Avg: Harga jual rata-rata (average) broker 
  • Sell Vol: Banyaknya jumlah lot yang dijual / didistribusi 
  • Sell Val (M): Nilai transaksi jual (dalam miliar Rupiah / M)
  • Net Vol: Selisih antara buy vol - sell vol 
  • Net Val (M): Seliisih antara buy val - sell val 
  • Total Vol: Total antara buy vol + sell vol 
  • Total Val (M): Total antara buy  val + sell val 
  • Total Freq: Banyaknya transaksi (baik buy maupun sell) yang matched pada waktu itu (Misalnya frekuensi 85 kali, artinya ada 85 transaksi perdagangan saham yang matched, yang ditransaksikan oleh sekuritas tersebut). 
Catatan: 
Vol: Volume
Val: Value 
Freq: Frekuensi 
Avg: Average

Analisa broker summary dilakukan dengan cara melihat top buyer dan top seller di saham tersebut. Jadi supaya anda lebih mudah melihat top buyer dan seller, anda bisa urutkan berdasarkan sekuritas mana yang beli saham paling banyak (top buyer) dan jual paling banyak (top seller). 

Cara urutkannya mudah. Kalau mau lihat top buyer, anda tinggal klik saja pada menu Buy Vol atau Buy Val, sampai diurutkan secara otomatis dari yang Buy Vol atau Buy Val-nya paling besar sampai paling kecil. 

Demikian juga, kalau anda ingin melihat top seller, anda tinggal klik Sell Vol atau Sell Val, sampai diurutkan dari yang sellernya paling besar - kecil. 

Oke, kini anda sudah mengerti cara melihat broker summary dan cara membaca menu-menu yang ada pada broker summary. Sekarang kita akan coba membaca secara ringkas ulasan broker summary. 

3. Cara ringkas membaca broker summary   

Poin penting dalam membaca broker summary adalah dengan membaca peringkat top buyer dan top seller saham tersebut. Sekarang kita coba lihat top buyer dan top seller di saham AALI. 

TOP BUYER AALI 

Top Buyer

Ada beberapa top buyer AALI, yaitu:
  • YU. Buy average 9.919. Buy volume: 3.671 lot. 
  • YP. Buy average 9.983. Buy volume: 2.248 lot.
  • MK. Buy average: 9.812. Buy volume: 1.801 lot. 
  • AZ. Buy average: 9.827. Buy volume: 1.677.
  • CC. Buy average: 9.878. Buy volume: 1.565.
TOP SELLER AALI 

Top Seller

Ada beberapa top seller AALI, yaitu:
  • PD. Sell average: 9.838. Sell volume: 5.919. 
  • AK. Sell average: 9.968. Sell volume: 3.232. 
  • CS. Sell average: 9.802. Sell volume: 2.750. 
  • YP. Sell average: 9.969. Sell volume: 2.326. 
  • AZ. Sell average: 9.964. Sell volume: 1.393. 
Dari 5 top buyer dan seller diatas, kita bisa lihat bahwa volume top seller lebih besar daripada volume top buyer-nya.Top buyer tertinggi (YU) volumenya adalah 3.671 lot dan peringkat 2 yaitu YP volume buy sebesar 2.248 lot. 

Sedangkan dibandingkan top seller-nya yaitu PD, volume sell-nya sebanyak 5.919 lot dan peringkat dua adalah AK dengan volume sell sebanyak 3.232 lot. 

Dari jumlah lot, terlihat bahwa nilai distribusi lebih banyak daripada akumulasi. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa saham AALI sedang banyak dijual oleh sekuritas. 

Kemudian kita bisa lihat juga dari buy average, di mana YU (top buyer) membeli di harga 9.919. Kemudian harga rata-rata YP adalah 9.983. Harga rata-rata MZ adalah 9.812. 

Sedangkan sell average top sellernya yaitu PD, harga jual rata-rata adalah 9.838. Sekuritas AK dengan harga jual rata-rata: 9.968. Sekuritas CS dengan harga rata-rata: 9.802.  

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa masih terdapat "perang harga" antara harga rata-rata 9.802-9.983, tetapi top sellernya masih lebih dominan, sehingga kemungkinan besar harga saham AALI masih berat untuk naik, terutama untuk menembus harga resisten 10.000. Kita bisa lihat pergerakan harga saham AALI keesokan harinya:  


Keesokan harinya, harga saham AALI kembali turun di 9.750, karena aksi distribusi yang masih cukup besar di hari kemarin saat closing. 

Masih banyak lagi analisa dan cara-cara melihat serta membaca broker summary. Nanti kita akan bahas pada pos-pos selanjutnya. 

BROKER SUMMARY AKAN DIHAPUS?  

Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana menghapus kode broker summary, sehingga broker summary tidak bisa dilihat secara real time. Akan tetapi, anda tetap bisa akses broker summary di akhir jam perdagangan bursa. 

Perlu anda ketahui, bahwa analisa broker summary sifatnya adalah analisa tambahan, bukan analisa utama. Analisa broker summary juga harus dikombinasikan dengan analisa teknikal dan momentum market, untuk menganalisa hasil trading yang lebih akurat. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.