Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Risiko Trading Saham Online: Keuntungan dan Kerugian

Selama ini banyak pemain saham dan calon pemain saham yang beranggapan bahwa trading atau investasi saham secara online (membeli saham sendiri lewat software sekuritas) adalah cara yang cukup enak untuk meraup keuntungan yang cepat. 

Memang benar, pasar saham merupakan tempat yang cukup enak untuk memperoleh keuntungan. Namun jangan berpikir bahwa saham adalah tempat yang benar2 nyaman untuk mencetak profit dan bisa cepat kaya dari saham. 

Anda mungkin sering mendengar, banyak sekali orang yang menawarkan program2 "jitu" saham yang "katanya" bisa menjamin anda profit dalam waktu singkat.. Kalau memang ada sistem yang bisa menjamin anda profit, tentu tidak akan ada trader yang merugi. 

Oleh karena itu, di pos ini, saya sebagai pemain saham akan memaparkan berbagai keuntungan dan risiko trading saham. Pos ini semoga bisa membuka wawasan dan pemikiran trader mengenai dunia trading. 

Keuntungan yang akan anda peroleh ketika anda trading saham:

1. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar 

Trading saham memang bisa memberikan keuntungan yang besar bagi anda. Bahkan, sangat memungkinkan anda mendapatkan keuntungan yang sangat besar dalam bulan-bulan tertentu. 

Beberapa rekan yang berprofesi sebagai pegawai kantor yang pernah konsultasi dengan saya, pernah menceritakan profit dari trading yang didapatkan bahkan bisa 3 kali lipat dari gaji rutin yang diterima. Inilah keuntungan yang bisa anda dapatkan kalau anda trading saham.  

2. Dapat dividen

Selain keuntungan seperti di poin nomor satu, anda juga berpotensi mendapat dividen. Anda bisa mendapatkan dividen. Anda akan mendapatkan dividen yang besar jika anda memiliki modal besar dalam suatu saham. Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen dan Anda Pilih Mana, Dividen atau Capital Gain?  Tanpa perlu mengetahui fluktuatif harga saham, anda akan tetap mendapat dividen selama anda memiliki sahamnya dan perusahaan memutuskan membagikan dividen. 

3. Pelipatgandaan nilai aset 

Bagi anda yang memiliki tipikal trading jangka menengah (mid term trading) atau seorang investor, anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat dalam jangka waktu menengah-panjang. Ketimbang anda hanya menyimpan uang anda di tabungan, jika anda membeli saham, anda bisa mendapatkan pelipatgandaan. Baca juga: Penjelasan Cara Menabung Saham.

Risiko dan kerugian yang mungkin anda alami dalam trading saham:

1. Harga saham anda berpotensi turun (bahkan turun dengan cepat) 

Ketika anda membeli saham, tidak menutup kemungkinan harga saham anda turun dengan cepat. Ketika anda membeli saham, harga saham yang anda beli tidak selalu akan sesuai dengan harapan anda. Itulah kenapa anda harus selalu siap untuk cut loss. Kalau anda tidak mau cut loss, saham anda bisa nyangkut di harga atas. Baca juga: Akibat Jika Trader Tidak Mau Cut Loss

2. Anda hanya bisa prediksi, tidak bisa memastikan

Di pasar saham anda hanya bisa memprediksi tetapi anda tidak bisa memastikan apakah harga saham yang anda beli akan naik atau turun. Inilah risiko dalam trading saham. Seperti yang saya jelaskan di poin satu, ketika harga saham anda tidak bergerak sesuai harapan, maka anda harus berani untuk cut loss agar kerugian anda tidak semakin besar.

Judul pos ini mungkin terlihat umum. Tetapi, sebagai pemain saham anda harus mengerti keuntungan sekaligus risiko dalam trading. Sehingga, kalau anda sebagai trader saham atau anda yang punya keinginan untuk trading saham, anda harus menimbang-nimbang lagi untung dan rugi dalam main saham, apakah anda cocok dengan bisnis saham atau lebih cocok dengan bisnis riil.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.