Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Laporan Keuangan di IDX

El Heze

Jika anda sedang belajar saham, maka anda harus memahami cara membaca laporan keuangan perusahaan. Hal ini karena saham adalah ilmu yang mendalami analisa perusahaan. Maka dari itu, disarankan untuk mempelajari laporan keuangan, guna melihat perusahaan-perusahaan yang punya prospek baik, dan sahamnya layak untuk dibeli. 



Banyak pemula yang baru belajar saham, namun masih bingung bagaimana cara mencari laporan keuangan perusahaan. Mencari laporan keuangan perusahaan go public sangat mudah. 

Anda bisa mencari semua data laporan keuangan melalui situs www.idx.co.id. Situs IDX ini sebagai sarana anda untuk belajar saham, dan menganalisa laporan keuangan, khususnya untuk yang ingin investasi jangka panjang. 

Di pos ini, kita akan membahas cara mendapatkan laporan keuangan perusahaan. Berikut cara mencari laporan keuangan di IDX: 

1. Buka situs IDX.co.id

2. Pilih menu Perusahaan Tercatat --> Laporan Keuangan dan Tahunan 


3. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut: 

Cara mencari laporan keuangan di IDX

Jenis Laporan. Anda bisa memilih laporan keuangan atau laporan tahunan. Kalau anda ingin mencari laporan keuangan perusahaan, sebaiknya pilih yang Laporan Keuangan. 

Jenis Efek. Pilih Saham.

Kode/Nama Perusahaan.  Anda bisa pilih kode saham atau nama perusahaan yang ingin anda cari laporan keuangannya. 

Tahun. Pilih tahun yang ingin anda cari laporan keuangannya. Pada IDX, ditampilkan laporan keuangan selama 3 tahun terakhir. 

Period
. Laporan keuangan dibagi menjadi 4 periode, yaitu Triwulan 1 (Januari-Maret), Triwulan 2 (April-Juni), Triwulan 3 (Juli-September) dan laporan tahunan / audited (Januari-Desember). 

Anda bisa memilih periode laporan keuangan sesuai dengan kebutuhan anda. Setelah itu, anda klik 'Cari', maka akan muncul laporan keuangan perusahaan dalam bentuk file PDF. 

Sebagai contoh, saya ingin mencari laporan keuangan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM). Anda bisa ketikkan kode sahamnya BJTM atau ketikkan nama perusahaan. 

Kemudian saya ingin mencari laporan Triwulan 1 / 2022. Setelah saya klik 'Cari', maka akan muncul laporan keuangan BJTM seperti berikut: 



Laporan keuangan dalam bentuk PDF. Anda bisa download laporan keuangannya dalam bentuk PDF. Cara ini juga berlaku jika anda ingin mencari laporan keuangan perusahaan lain. 

Perlu anda ketahui, untuk laporan triwulan 1, biasanya terbit akhir April. Triwulan 2 terbit akhir Juli. Triwulan 3 terbit akhir Oktober dan laporan keuangan tahunan terbit akhir Maret. 

Jadi kalau anda ingin mencari katakanlah laporan keuangan Triwulan 3 yang terbaru, tetapi anda mencarinya pada saat bulan Juli, maka laporan keuangannya belum muncul di IDX. 

Itulah cara mencari laporan keuangan di IDX. Nah, pada situs IDX, ditampilkan laporan keuangan 3-4 tahun terakhir. Kalau anda ingin mencari laporan keuangan perusahaan misalnya 5-6 tahun sebelumnya, maka informasi tersebut tidak tersedia pada situs IDX. 

Kalau anda tidak menemukan laporan keuangan yang anda cari di situs IDX, anda bisa mencarinya langsung melalui website resmi perusahaan. Misalnya anda ingin mencari laporan keuangan ASII. 

Anda bisa mencarinya langsung ke website Astra International. Pada website resmi perusahaan, biasanya diupdate laporan keuangan sampai 5-10 tahun kebelakang. 

Selain itu, kalau ada laporan keuangan perusahaan tertentu di tahun atau periode sebelumnya yang tidak muncul di IDX, sehingga anda tidak menemukan laporan keuangannya, maka alternatifnya, anda bisa langsung mencari pada situs resmi perusahaan. 

Semoga untuk rekan-rekan yang ingin mendalami lebih banyak analisa laporan keuangan, anda kini bisa mencari laporan keuangan dengan mudah melalui situs IDX. 

Anda bisa mendalami full praktik cara-cara membaca laporan keuangan perusahaan, dan "bedah" analisa laporan keuangan untuk investasi saham disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.