Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Contoh Analisa Bandarmologi Saham

Dalam trading saham, analisa bandarmologi merupakan salah satu analisa yang sering digunakan trader untuk melihat pergerakan bandar. Bandarmologi adalah analisa yang dilakukan dengan cara melihat akumulasi dan distribusi saham yang dilakukan oleh bandar.


Jika bandar banyak melakukan akumulasi, maka itu artinya mayoritas bandar sedang membeli saham. Jika bandar banyak melakukan distribusi, artinya banyak bandar yang sedang jual saham. 

Namun bukan berarti ketika bandar banyak akumulasi, harga saham pasti akan naik dalam jangka pendek. Demikian sebaliknya, jika bandar banyak distribusi saham, bukan berarti saham bakalan turun.  

[Trader saham yang ingin mendalami analisa bandarmologi saham full praktik, analisa broker summary dengan kombinasi analisa teknikal untuk trading decision, anda bisa perdalam analisa-analisanya disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert].

Di web Saham Gain, saya juga sering mengajurkan pada trader supaya anda tidak hanya fokus melihat pergerakan bandar, karena dasar utama dari analisa saham adalah analisa teknikal. 

Bandar bisa memberikan informasi mengenai siapa saja yang sedang membeli dan menjual saham dalam jumlah tertentu, tetapi sinyal saham, momentum trading semua dapat dilihat melalui ANALISA TEKNIKAL. 

Di pos ini, kita akan coba menganalisa bandarmologi dengan kombinasi analisis teknikal (Chart), sehingga anda bisa melihat pergerakan bandar dan momentum analisa chart untuk trading. 

Disini kita menggunakan contoh studi kasus saham BRPT. Pertama-tama, kita perhatikan terlebih dahulu chart saham BRPT berikut: 


Pada grafik saham BRPT diatas, dapat kita lihat harga saham BRPT sudah terkoreksi selama 4 hari berturut-turut dan pada candlestick terakhir terlihat ada pola doji pada saham BRPT. 

Secara teknikal terlihat bahwa saham BRPT sudah mulai tertahan di area support 800 selama 2 hari. Sekarang kita lihat apakah bandar banyak akumulasi atau distribusi pada saham BRPT. 

Analisa bandarmologi yang paling mudah bisa anda lihat pada BROKER SUMMARY. Broker summary adalah fasilitas yang disediakan oleh masing-masing sekuritas untuk melihat broker sekuritas mana saja yang sedang akumulasi dan distribusi saham. 

Pelajari juga menu-menu lengkap broker summary disini: Cara Membaca dan Melihat Broker Summary. Berikut broker summary saham BRPT yang sudah kita urutkan berdasarkan top buyer dan top sellernya. Berikut top buyer saham BRPT: 

Top Buyer

Sedangkan berikut top seller saham BRPT: 

Top Seller 

Kita coba lihat lima top buyer dan top seller yang paling atas untuk saham BRPT. Berikut limat top buyer pertama saham BRPT: 

1. Indo Premier Sekuritas (PD). Buy Avg: 811,72. Buy Vol: 28.575 lot. 
2. Mirae Asset Sekuritas (YP). Buy Avg: 810,81. Buy Vol: 26.951 lot. 
3. Semesta Indovest Sekuritas (MG). Buy Avg: 811,35. Buy Vol: 26.872 lot. 
4. Mandiri Sekuritas (CC). Buy Avg: 810,30. Buy Vol: 20.185 lot.      
5. MNC Sekuritas (EP). Buy Avg: 810,86. Buy Vol: 12.318 lot. 

Total akumulasi: 114.901 lot.

Berikut lima top seller pertama saham BRPT: 

1. Indo Premier Sekuritas (PD). Sell Avg: 811,24. Sell Vol: 72.976 lot. 
2. J.P Morgan Sekuritas (BK). Sell Avg: 810,51. Sell Vol: 26.427 lot. 
3. UBS Sekuritas Indonesia (AK). Sell Avg: 811,05. Sell Vol: 16.722 lot.     
4. Semesta Indovest Sekuritas (MG). Sell Avg: 811,35. Sell Vol: 14.850 lot. 
5. Mandiri Sekuritas (CC). Sell Avg: 811,43. Sell Vol: 12.671 lot.     

Total distribusi: 143.646 lot. 

ANALISA BANDARMOLOGI SAHAM 

Kita bisa perhatikan top buyer maupun top seller peringkat pertama berasal dari sekuritas yang sama, yaitu sekuritas PD. Namun sekuritas PD lebih banyak melakukan distribusi daripada akumulasi, di mana distribusi lot sekuritas PD sebesar 72.976 lot, dan akumulasinya hanya sebesar 28.575 lot. Perbandingan akumulasi dan distribusi lot-nya cukup besar. 

Hal ini menunjukkan bahwa saham BRPT sedang banyak didistribusi oleh sekuritas PD. Tetapi kalau kita analisa top buyer peringkat 2-4 yaitu sekuritas YP, MG, dan CC melakukan akumulasi lot masing-masing sebesar 26.951 lot, 26.872 lot, dan 20.185 lot. 

Nilai akumulasi lot ini lebih besar daripada nilai distribusi yang dilakukan oleh top seller peringkat 2-4 yaitu sekuritas BK, AK, MG  yang melakukan distribusi masing-masing sebesar 26.427 lot, 16.722 lot dan 14.850 lot. 

Dan untuk top buyer peringkat lima yaitu sekuritas EP nilai akumulasinya sebanya 12.318 lot. Sedangkan top seller peringkat lima sekuritas CC distribusi lebih besar sebanyak 12.671 lot. Namun perbandingan akumulasi vs distribusi lot pada peringkat lima hanya sedikit.

Sehingga, secara total nilai distribusi saham masih lebih besar dibandingkan nilai akumulasi lot-nya: 143.646 lot vs 114.901 lot. Kesimpulannya, saham BRPT sedang banyak DISTRIBUSI oleh bandar. 

Akan tetapi, bandar terlihat mulai melakukan perlawanan beli. Hal ini terlihat dari top buyer sekuritas peringkat 2-4 yang nilai akumulasinya mulai mendominasi dibandingkan distribusi top seller peringkat 2-4. 

Adanya perlawanan beli juga terlihat dari pola candlestick BRPT terakhir, di mana BRPT membentuk pola doji. Pola doji adalah pola candle yang menunjukkan adanya tarik-menarik antara kekuatan permintaan (akumulasi) dan penawaran (distribusi). 

Sehingga ada kemungkinan saham BRPT akan bergerak relatif SIDEWAYS. Mengapa relatif sideways? Karena mulai ada perlawanan beli. Namun sahamnya masih akan sulit untuk naik tinggi dalam jangka waktu pendek, karena distribusinya tetap mendominasi. 

Perhatikan chart saham BRPT keesokan harinya: 


Anda bisa lihat candlestick terakhir yang saya beri tanda panah. Benar saja, pergerakan BRPT keesokan harinya masih sideways dan tidak banyak pergerakan, karena distribusi yang dilakukan bandar kemarin masih mendominasi, diikuti dengan mulai munculnya perlawanan beli. 

Nah, dalam kondisi seperti, anda bisa menganalisa lebih lanjut analisa teknikal sahamnya. Kalau saham sudah murah / turun secara teknikal, anda bisa pertimbangkan untuk buy bertahap jika harga saham tertahan di supportnya. 

Seperti pola saham BRPT diatas, di mana secara teknikal memang sudah cukup murah, hanya saja masih ada tekanan jual yang membuat harga saham BRPT sedikit tertahan dari kenaikannya. 

Anda bisa pelajari juga cara-cara dan strategi menemukan saham yang sudah diskon dan murah secara teknikal disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

Tetapi kalau saham BRPT chartnya sudah mahal secara teknikal, kemungkinan BRPT akan tertahan di harga resisten. Dan kalau saham sudah naik tinggi, saham tersebut lebih berpotensi koreksi, sehingga anda bisa pertimbangkan untuk wait and see. 

Itulah contoh analisa bandarmologi saham, dengan cara mengkombinasikan broker summary dan analisa teknikal. Anda bisa menggunakan analisa bandarmologi ini untuk menganalisa saham-saham yang lain juga. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.