Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen

Di pasar saham, pemain saham memiliki 2 (dua) opsi untuk mendapatkan profit: Capital gain dan dividen. Pada umumnya, pemain saham tidak hanya mengincar capital gain, tetapi dividen. Hal ini dikarenakan dividen sifatnya lebih pasti daripada capital gain (capital gain memiliki risiko yang lebih besar). 

Bagi anda yang mengincar perusahaan2 yang memberi dividen besar, terutama untuk anda yang punya rencana dividend for living, saya sudah melakukan screening saham-saham blue chip yang memberikan dividen dengan kategori: Nilai nominal besar dan rutin membagi dividen setiap tahun. Baca juga: Daftar Saham Blue Chip di Indonesia.

Apa saja perusahaan2 tersebut? Silahkan simak tabel dibawah ini (perusahaan2 blue chip yang rutin membagikan dividen selama 3 tahun berturut-turut dengan nominal yang cukup menggiurkan). 

Keterangan: DPS = Dividend per Share

Pada tabel diatas tampak bahwa selama 3 tahun berturut-turut ada 5 (lima) perusahaan yang membagikan dividen interim dan dividen tahunan, yaitu ASII, UNVR, BBCA, UNTR, ITMG. Nominal dividen tersebut cukup besar, kecuali BBCA yang jika dibandingkan keempat emiten lainnya. 

Sedangkan perusahaan yang membagikan dividen yang nominalnya paling konsisten dan besar adalah PT HM Sampoerna (HMSP). Tidak tanggung-tanggung, setiap tahunnya HMSP selalu membagi DPS yang kalau ditotal setiap tahun DPS-nya diata Rp2.000  

Oke, lalu apa tujuan saya share tulisan ini pada anda? Tentu saja tujuannya agar anda mengetahui emiten2 mana saja yang selalu membagi dividen secara konsisten dengan nonimal besar. 

Hal ini nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan anda, jika anda ingin investasi saham dengan mengincar dividen saja. Bagi trader, tidak salahnya jika anda mengincar dividen. Waktu musim panen dividen (biasanya setelah kuartal I), saatnya anda mulai memborong saham2 perusahaan tersebut. Baca juga: Bahayanya Jika Membeli Saham Saat Cum Date Dividen.

O iya, mengenai strategi investasi dari dividen, anda bisa baca-baca lagi artikelnya disini: Cara Investasi Saham yang Paling Aman dan disini: Strategi Investasi Saham: Dividend for Living. Pada pos tersebut saya memberikan ilustrasi perhitungan keuntungan yang anda dapatkan dalam satu tahun jika anda memilih dividend for living dengan modal Rp 8 miliar. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.