Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Bandarmologi: Top Buyer Saham

Dalam analisa bandarmologi, fokus utama trader adalah menganalisa saham-saham yang sedang banyak diakumulasi (Dibeli) dan didistribusi (Dijual) bandar. 


Dalam bandarmologi, bandar saham sering disebut sebagai BIG PLAYER atau market maker, karena memiliki kemampuan untuk menggerakkan saham-saham tertentu dengan modal besar. 

Ketika mempelajari gerak-gerik bandar di bursa, seringkali kita mendengar istilah TOP BUYER SAHAM. Apa itu top buyer dalam bandarmologi? Dan bagaimana cara melihat top buyer di saham tertentu? Apa kegunaan trader mengetahui top buyer suatu saham? 

[Trader saham yang ingin mendalami analisa bandarmologi saham full praktik, analisa broker summary dengan kombinasi analisa teknikal untuk trading decision, anda bisa perdalam analisa-analisanya disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert].

TOP BUYER SAHAM 

Top Buyer Saham adalah bandar yang melakukan pembelian (akumulasi) dengan jumlah lot paling besar. Yang dimaksud dengan bandar saham adalah bandar saham dari perusahaan / broker sekuritas. 

Hal ini karena broker sekuritas adalah bandar saham yang memiliki kekuatan modal paling besar di Bursa, sehingga memiliki kemampuan untuk menjadi market maker di saham tertentu. 

Anda bisa pelajari lebih banyak tentang bandar saham Indonesia pada pos berikut: Bandar Saham Indonesia. Di satu saham, pasti ada banyak broker sekuritas yang melakukan akumulasi dan distribusi, bukan hanya 1-2 broker. Akumulasi dan distribusi bisa dilakukan sampai 20-an broker sekuritas. 

Tetapi kalau anda ingin melihat broker sekuritas mana yang banyak akumulasi, anda tidak perlu melihat semua top broker-nya. 

Anda hanya perlu melihat TOP BUYER-nya saja, yaitu BEBERAPA bandar sekuritas yang paling banyak melakukan akumulasi pada saham tersebut. 

Untuk melihat top buyer, sebaiknya anda tidak hanya melihat satu top buyer yang paling besar. Akan tetapi, hendaknya anda menganalisa minimal 5 top buyer peringkat pertama, karena pengaruh bandar di suatu saham bukan hanya dipengaruhi 1 sekuritas, tetapi beberapa sekuritas yang melakukan akumulasi. 

Cara melihat top buyer bisa anda lakukan melalui menu BROKER SUMMARY. Broker summary adalah menu untuk melihat para broker sekuritas yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi saham. 

Anda bisa melihatnya melalui software online trading masing-masing, karena setiap software trading sekuritas pasti menyediakan menu untuk melihat broker summary. 

Sekarang kita coba praktikkan cara melihat top buyer saham dengan broker summary. Disini saya menggunakan contoh saham ASII, software trading: SPOT (Sucor sekuritas): 

Top Buyer Saham

Kalau anda melihat broker summary, tampilannya mungkin masih acak. Buat melihat top buyer, anda bisa urutkan dengan cara klik bagian Buy Vol-nya sampai diurutkan dari yang Buy Vol-nya paling besar ke paling kecil. Baca juga: Cara Membaca & Melihat Broker Summary

Untuk melihat top buyer, anda bisa lihat top buyer peringkat 1. Pada saham ASII diatas, top buyer adalah sekuritas BK yang melakukan akumulasi sebanyak 66.436 lot. Sekuritas BK adalah sekuritas asing. 

Anda bisa melihat juga peringkat-peringkat yang ada dibawahnya yaitu peringkat 2-5 yaitu sekuritas AK, ZP, YP, dan PD. Yap, sekuritas2 tersebut memiliki Buy Vol yang paling besar berdasarkan urutannya, sehingga sekuritas peringkat 1-5 yang akumulasi terbanyak bisa dikatakan sebagai top buyer-nya alias BIG PLAYER di saham ASII.

Sekuritas BK, AK dan ZP adalah sekuritas asing. Jadi saham ASII mayoritas banyak diakumulais oleh broker asing. Itulah cara membaca dan mengetahui top buyer pada suatu saham. 

Kalau anda membaca berita-berita ulasan saham, seringkali kita membaca ulasan misalnya: "Saham TLKM banyak diakumulasi asing dalam sepekan ini". "Saham BBRI banyak dijual oleh asing". 

Nah, cara mengetahuinya ya dengan melihat broker summarynya tersebut: Cenderung banyak top buyer atau top sellernya, dan berasal dari sekuritas lokal atau asing.  

Lalu apa kegunaan trader mengetahui top buyer? 

Dengan mengetahui top buyer, anda bisa melihat seberapa besar kekuatan bandar dalam akumulasi. Kalau bandar banyak akumulasi (Top buyer besar), dan tentunya didukung analisis teknikal yang bagus, maka saham berpotensi untuk naik. 

Untuk menganalisa top buyer, anda juga harus membandingkannya dengan top seller saham tersebut. Katakanlah top buyer 5 sekuritas total volumenya 300.000 lot. 

Tetapi ternyata 5 top sellernya distribusi sebanyak 350.000 lot, itu artinya top sellernya masih lebih mendominasi, sehingga dapat dikatakan saham sedang banyak dijual saat itu, bukan diakumulasi. 

Analisa bandarmologi bukanlah analisa wajib. Namun bandarmologi bisa menjadi analisa tambahan atau pelengkap untuk trader. Dalam analisa saham, anda harus tetap mengutamakan analisa teknikal dan momentum market sebagai analisa utama untuk mengambil decision trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.