Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Bandar Saham MG

Beberapa waktu lalu, kita sudah pernah membahas tentang bandar saham YP di Bursa saham. Anda bisa baca pos-nya kembali disini: Bandar Saham YP. Bandar YP termasuk salah satu bandar besar di Indonesia, yang merupakan joint venture antara pemodal asing dengan pemodal lokal. 


Di Bursa saham, kita mengenal juga bandar saham besar yaitu bandar saham MG / broker saham MG. Broker MG cukup dikenal di kalangan trader, khususnya para trader yang sering mengikuti pergerakan bandar di market. 

Pada pos ini, kita akan membahas tentang bandar saham MG, dan kekuatan bandar saham MG di Bursa saham. 

BANDAR SAHAM MG 

Bandar saham MG adalah kode perusahaan Semesta Indovest Sekuritas. PT Semesta Indovest Sekuritas didirikan pada tanggal 6 September 1989. Kemudian mulai beroperasi secara resmi tahun 1990. 

Kegiatan usaha Semesta Indovest Sekuritas bergerak di bidang perantara perdagangan efek, manajer investasi, penjamin emisi efek. Kegiatan manajer investasi dijalankan melalui anak usahanya (porsi kepemilikikan 99,99%) yaitu melalui PT Semesta Aset Manajemen. 

Jadi sekuritas MG adalah murni SEKURITAS LOKAL. Mayoritas pemodal di sekuritas MG diisi oleh lokal, termasuk awal berdirinya sekuritas MG, tidak ada joint venture dengan perusahaan / pemodal sekuritas asing. 

Kalau anda melihat broker summary saham-saham di Bursa Efek, bandar saham MG ini seringkali menjadi top buyer maupun top seller. Biasanya ada di 10 besar peringkat pertama top broker. Contohnya, anda bisa lihat broker summary saham FREN berikut ini: 

Bandar Saham MG

Broker MG menjadi top buyer di saham FREN pada peringkat 6 yang melakukanakumulasi saham sebanyak 125.157 lot. Bahkan broker MG juga menjadi salah satu top seller saham FREN terbesar di peringkat 2: 


Broker MG melakukan distribusi sebanyak 401.758 lot. Ini menunjukkan bahwa bandar saham MG juga bisa menjadi market maker pada banyak saham.  

KEKUATAN BANDAR SAHAM MG DALAM BANDARMOLOGI 

Bandar saham lokal, seringkali "diremehkan" oleh trader, karena trader beranggapan kalau bandar saham asing itu punya kekuatan yang lebih dominan. Jadi bandar lokal pengaruhnya tidak terlalu kuat untuk menjadi market maker di suatu saham. 

Pendapat-pendapat seperti ini kurang tepat. Memang bandar saham asing memiliki modal yang lebih kuat. Namun bukan berarti bandar saham lokal tidak bisa menjadi market maker. 

Bandar saham lokal yang sering menjadi top buyer dan top seller di suatu saham, seperti broker MG ini contohnya, merupakan broker lokal yang modalnya kuat. Jadi tidak semua broker lokal adalah broker kecil yang hanya "mengikut" pergerakan asing. 

Tapi kalau anda sering menganalisa broker summary, bandar saham MG lebih sering ditemukan pada saham-saham market cap kecil dan market cap menengah. Kalau anda amati saham-saham seperti FREN, BHIT, biasanya MG termasuk salah satu broker sekuritas yang sering muncul di peringkat atas broker summary. 

Sedangkan untuk saham-saham blue chip (big caps) seperti BBRI, BBCA, TLKM, ASII, jarang saya menemukan broker MG menjadi market maker-nya. Biasanya di saham2 besar, sekuritas asing atau sekuritas lokal besar seperti PD, CC masih sering menjadi top broker. 

Namun untuk saham2 market cap besar, broker MG jarang menjadi market makernya. Ini artinya, kalau anda sering mentradingkan saham-saham market cap kecil dan menengah, dan sekuritas MG menjadi top broker, maka anda perlu memperhatikan juga gerak-gerik MG, apakah cenderung ke akumulasi atau distribusi. 

Jangan hanya terpaku pada sekuritas asing. Sekuritas lokal yang sering menjadi market maker terutama di saham2 small cap juga perlu anda perhatikan.

Sedangkan untuk saham-saham blue chip, peran bandar asing dan bandar lokal yang lebih besar, lebih punya peran untuk menjadi market maker. 

Tentunya, analisa bandarmologi ini harus dikombinasikan dengan analisa teknikal, karena bandarmologi hanya melihat pergerakan bandar, lebih cenderung ke akumulasi atau distribusi. Sedangkan analisa teknikal adalah analisa untuk melihat sinyal trading dan entry yang lebih komplit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.