Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membeli Saham Online

El Heze
Baca pos sebelumnya: Tampilan Menu Saham Online.

Sebelum bisa membeli saham, Anda harus punya rekening efek dahulu. Kalau Anda belum mengerti, silahkan baca: Cara dan Teknis Membuka Rekening Saham. Sebelum bisa membeli saham online, Anda harus melakukan deposit ke RDI Anda. Kalau Anda belum paham RDI, silahkan buka: Rekening Dana Investor dan Manfaatnya.

Kalau Anda ingin membeli saham secara online melalui fasilitas software, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Buka menu Trade, maka akan tampil menu Buy dan Sell.



Kalau Anda ingin beli saham, Anda harus klik menu buy yang ada pada tampilan software saham. Kira2 menunya seperti pada gambar diatas. Anda bisa juga menggunakan tombol keyboard jika ingin beli dan jual saham. Beli = tekan F2. Jual = tekan F4.

MEMBELI SAHAM

Jika membeli saham, maka tampilannya adalah sebagai berikut (klik gambar untuk memperbesar).


Jika ingin membeli saham, ketikkan kode saham yang Anda inginkan. Misalkan, Anda ingin membeli saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR), maka ketikkan kode JSMR, seperti yang Anda lihat diatas. Setelah itu, Anda tinggal memasukkan Price (Harga) dan jumlah lot yang Anda inginkan (lihat pada 2 tanda lingkaran merah dibawah). Jika Anda tidak hafal kode saham di Bursa Efek, Anda bisa mencarianya melalui link berikut:   Kode Saham situs Britama

Catatan: 1 lot = 100 lembar sahamOrder transaksi beli dan jual masih dikenakan fee. Besar-kecilnya fee transaksi tergantung dari kebijakan masing2 perusahaan sekuritas.

Misalkan Anda ingin membeli saham JSMR di harga 5.100 sebanyak 3 lot, maka pada kolom Price tinggal Anda ketikkan 5.100 dan kolom lots ketikkan 3. Setelah itu, klik tombol Buy dan order Anda akan langsung diproses oleh sistem (Jakarta Automatic Trading System).

MENJUAL SAHAM

Jika Anda menjual saham JSMR yang Anda beli tadi, maka Anda tinggal klik menu sell atau tekan tombol F4 yang disediakan oleh setiap software perusahaan sekuritas, dan ketikkan JSMR. 

Perlu Anda ketahui, jika Anda sudah memiliki saham dan kemudian menjual saham tersebut, pada software saham akan menampilkan jumlah lot yang Anda miliki. Pada contoh diatas, saya membeli saham JSMR sebanyak 3 lot, maka ketika akan menjual sahamnya kembali, tertulis Quantity in Hand: 3 Lots (lihat lingkaran merah). Langkah2 menjual sama dengan langkah2 ketika Anda membeli saham. 

Catatan: Untuk memasukkan order beli dan jual saham, Anda harus memahami bid dan offer. Jika Anda belum memahami bid dan offer, silahkan klik: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Bursa Saham.

** Yang saya tampilkan diatas (menu buy-sell) adalah tampilan dari software perusahaan sekuritas yang saya gunakan trading. Setiap menu software trading yang dimiliki setiap perusahaan sekuritas, rata-rata sama yang membedakan hanya tampilannya saja (warna, letak dan sebagainya).

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.