Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara dan Teknis Membuka Rekening Saham

Baca pos sebelumnya: Cara Membeli Saham Go Public (Tbk).  Pada pos sebelumnya, saya sudah mengatakan pada Anda, jika Anda ingin trading maka Anda harus memiliki rekening saham (rekening efek) terlebih dahulu. Pada pos ini, saya akan menjelaskan prosedur dan teknis dalam membuka rekening saham. 

Langkah pertama membuka rekening saham berarti Anda harus pergi ke kantor sekuritas terlebih dahulu. Tapi kalau Anda tidak tahu kantor sekuritas yang baik dan ideal, Anda bisa membaca pos saya: Tips-tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik. Dan kalau Anda tidak mengetahui list kantor sekuritas, termasuk kantor sekuritas cabang yang ada di kota Anda, Anda sebenarnya bisa mencari melalui situs www.idx.co.id. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama: Buka situs www.idx.co.id

Kedua: Perhatikan gambar dibawah. Untuk mencari kantor sekuritas di kota Anda, Anda bisa klik menu samping kiri (yang saya beri lingkaran merah). Klik Anggota Bursa  Partisipan --> Anggota Bursa di Kota Anda.



Ketiga, dimonitor Anda akan tampil daftar2 kantor sekuritas sebagai berikut. Namun, daftar kantor sekuritas tersebut masih bersifat menyeluruh, yaitu menampilkan daftar kantor sekuritas di seluruh kota. Kalau Anda ingin mencari daftar kantor sekuritas yang khusus di kota Anda saja, perhatikan lingkaran merah dibawah. Pada kotak tersebut, Anda tinggal ketikkan kota dimana Anda tinggal.



Berikut adalah contohnya. Saya masukkan kota Jakarta. Dan Anda lihat tampilan dibawah. Muncul daftar kantor sekuritas yang berada di kota Jakarta saja. Kalau Anda melihat pada gambar dibawah, mungkin hanya ada 15 daftar kantor sekuritas yang ada di Jakarta. Tetapi,  sebenarnya ada lebih dari 15. Anda bisa next page pada bagian bawah, atau page size-nya Anda perbesar, menjadi 50 misalnya. 




Keempat, Kalau Anda ingin melihat informasi2 kantor sekuritas yang ada pada daftar tersebut, Anda tinggal klik salah satu kantor sekuritas tersebut. Pada contoh disini, saya coba pilih Daewoo Securities Indonesia (YP). Maka Anda bisa melihat tampilannya dibawah ini. 



Pada gambar diatas, Anda bisa melihat informasi2 yang tercantum. Anda bisa melihat alamat lokasi, nomor kontak kantor sekuritas yang bersangkutan (yang Anda cari), sehingga memungkinkan untuk Anda cari tahu informasi2 seputar pendaftaran pembukaan rekening efek di kantor sekuritas tersebut. Misalnya: fasilitas online trading apa yang bisa saya dapatkan, berapa besaran fee transaksi beli dan jual? Dan info2 lainnya.

Kalau Anda ingin melihat kinerja kantor sekuritas yang bersangkutan, ingin melihat siapa jajaran direksinya, Anda juga bisa melihat pada menu "Profil" dan "Laporan Keuangan" (ada di bawah tulisan Daewoo Securities Indonesia).

Demikian cara untuk mencari kantor sekuritas yang ada di kota Anda, yaitu melalui situs IDX. Situs www.idx.co.id sesungguhnya memiliki banyak informasi, hendaknya kalau Anda orang pasar modal, ada baiknya Anda mulai memanfaatkan informasi2 yang diberikan oleh situs IDX. 

Nah, kalau Anda tanya kantor sekuritas yang minimum depositnya cuma Rp1.000.000 kantor sekuritas mana saja? Kantor sekuritas yang fee-nya paling kecil kantor sekuritas apa? Kantor sekuritas apa saja yang menyediakan jasa pengisian formulir secara online (tidak perlu datang ke kantor sekuritas)?

Terus terang saya tidak tahu. Untuk hal2 yang bersifat teknis tersebut, silahkan Anda coba googling atau Anda tanya sendiri ke perusahaan sekuritas yang bersangkutan. Atau, Anda bisa coba googling dan temukan situs resmi kantor sekuritas yang bersangkutan. Carilah informasi melalui situs resmi kantor sekuritas tersebut, atau mungkin Anda bisa langsung datang ke kantor sekuritas yang bersangkutan. Jika Anda ingin melakukan pengisian form pembukaan rekening saham secara online, tanyakan ke kantor sekuritas yang bersangkutan, namun apabila kantor sekuritas tidak menyediakan form pengisian secara online, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari kantor sekuritas yang lain...

Catatan: Kalau Anda ingin mencari kriteria perusahaan sekuritas mana yang terbaik, silahkan baca pos: Tips-tips Memilih Perusahaan Sekuritas.

Langkah ketiga: Kalau Anda sudah menemukan kantor sekuritas yang cocok untuk Anda, maka langkah selanjutnya adalah mengisi formulir untuk pembukaan rekening saham. Pengisian formulir dibutuhkan untuk menjadi data nasabah. Data2 apa saja yang harus diisi? Ada cukup banyak yang harus diisi. Data2 yang diisi biasanya bersifat umum, seperti: data2 KTP, data aset, pekerjaan, nama orang tua, nomor telepon, rekening bank untuk setor dana ke rekening saham dan masih banyak lainnya. Pada umumnya setiap kantor sekuritas mengharuskan Anda untuk mengisi data2 tersebut. Data2 yang harus diisikan umumnya hampir sama ketika Anda membuka rekening di Bank.

Setelah Anda selesai mengisi form pendaftaran untuk data nasabah, Anda tinggal menunggu rekening saham Anda diaktifkan.. Dan kalau Anda ingin melakukan trading, Anda tinggal melakukan deposit ke akun rekening saham Anda. Jangan lupa, kalau rekening saham Anda sudah diaktifkan, Anda akan mendapatkan kartu AKSES dari kantor sekuritas. 

Sampai disini, mungkin Anda punya beberapa pertanyaan, "Apa itu kartu AKSES?" Apa kegunaan kartu AKSES?" Lalu, gimana caranya saya deposit? 

Untuk menjawab pertanyaan2 Anda, silahkan baca pos berikut: Kartu AKSES Saham. Baca juga pos berikut: Rekening Dana Investor dan Manfaatnya

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.