Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Tampilan Menu Saham Online - Part I

El Heze
Mungkin Anda yang belum pernah trading saham, atau Anda yang ingin berniat untuk membuka rekening saham supaya bisa trading, mungkin Anda masih bingung dengan yang dinamakan dengan "Saham Online". 

Untuk mudahnya, saham online adalah transaksi jual-beli saham yang dilakukan melalui fasilitias platform trading (software) yang disediakan oleh perusahaan sekuritas, ketika Anda membuka rekening efek di perusahaan sekuritas tersebut. Baca juga: Cara Membeli Saham Perusahaan GO Public (Tbk). Baca juga: Cara dan Teknis Membuka Rekening Saham.

Ketika Anda membuka rekening efek, dan seluruh kelengkapan adminsitrasi Anda sudah terpenuhi, dan ketika sudah mendapatkan Rekening Dana Investor (RDI), maka Anda sudah bisa menjalankan trading online, melalui software saham yang diberikan oleh perushaaan sekuritas. Software saham online trading setiap perusahaan sekuritas memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya setiap menu2 yang terdapat pada software tidak memiliki perbedaan yang jauh. Dengan kata lain, menu2 umum, seperti informasi IHSG, informasi indeks2 saham, informasi top stocks dan lain-lain akan selalu ada di setiap software saham di perusahaan sekuritas manapun. 

Catatan: Saat ini hampir seluruh perusahaan sekuritas pasti menyediakan sarana online trading. Banyak keuntungan yang didapatkan dari trading online. Salah satunya, fee online trading jauh lebih kecil dibandingkan fee full service broker, karena Anda memasukkan sendiri order beli dan jual. 

Kalau Anda ingin trading online, ada baiknya Anda mengetahui tampilan-tampilan utama dari software online, dan Anda harus paham cara membaca informasi2 penting yang ada pada platform trading yang disediakan oleh setiap perusahaan sekuritas. Berikut informasi2 penting yang terdapat pada software trading online.



Di atas sendiri terdapat tulisan Composite Index, Value, Volume, Frequency. Apa artinya?

Composite Index kalau diterjemahkan artinya sama dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG adalah indeks pasar saham Indonesia yang terdiri dari seluruh saham di Bursa Efek. Naik turunnya IHSG tergantung dari pergerakan saham2 di Bursa Efek. APabila Composite Index berwarna hijau seperti gambar diatas, artinya IHSG sedang naik. Kalau IHSG naik berarti banyak saham2 yang sedang mengalami kenaikan, sehingga turut menopang laju IHSG. Sebaliknya, jika warna tulisan pada composite Index sedang merah, artinya IHSG sedan turun, alias banyak saham yang sedang koreksi. Lalu, bagaimana cara membaca IHSG yang tertera di software saham trading online?

Perhatikan, bahwa pada tampilan diatas dituliskan angka 5.142,13. Terdapat pula angka 9.73 (0.19%). Artinya, IHSG saat ini sedang berada pada angka 5.142,13, naik 9.73 poin dengan kenaikan sebesar 0.19%. Perbandingan kenaikan IHSG dibandingkan dengan IHSG closing hari sebelumnya.  Perlu Anda ketahui, IHSG akan terus bergerak bahkan hampir setiap detik, karena harga saham terus bergerak naik dan turun selama jam perdagangan. Terdapat pula tampilan tanggal di sebelah poin IHSG: 08/13/2014 09:12:10. Hal itu menunjukkan tanggal saat itu dan jam perdagangan.  

Perhatikan juga dibawah tulisan Indonesia Stock Exchange (IDX) terdapat tulisan Open (berwarna hijau). Open artinya pasar sedang buka (jam perdagangan Bursa saham sedang berlangsung). Tulisan Open akan selalu berwarna hijau, apabila pasar tutup, maka tulisan yang tertera adalah Close (berwarna merah).

Bagaimana dengan tampilan menu lainnya? Silahkan lanjut baca ke Part II: Tampilan Menu Saham Online - Part II. 

2 komentar:

  1. Makasih gan artikel yg sangat bermanfaat buat orang indonesia yg sangat sedikit aktif di trading pasar modal

    ReplyDelete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.