Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Apakah Bisa Beli Saham di Hari Sabtu

Beberapa waktu lalu saya dapat pertanyaan dari rekan trader: "Pak Heze, apakah kita bisa  beli saham di hari sabtu? Apa bisa langsung memasang order beli dan jual pada hari sabtu? Karena terkadang saya tidak punya waktu pasang order di hari kerja." 


Jam perdagangan saham adalah hari Senin-Jumat. Dalam kondisi market normal (tidak ada perubahan kebijakan Bursa Efek), jam perdagangan trading adalah mulai pukul 09.00-16.00. 

Sedangkan hari Sabtu dan hari Minggu pasar saham tutup (close) / libur. Itu artinya, anda TIDAK BISA beli saham di hari Sabtu.  Tetapi di hari Sabtu, anda tetap bisa memasang order beli dan order jual saham. 

Yap, anda bisa memanfaatkan fitur conditional order atau istilah lainnya yang lebih populer adalah AUTOMATIC ORDER. Automatic order ini berguna bagi anda yang ingin memasang order beli dan jual saham kapanpun anda mau, dan bisa dilakukan pada saat pasar saham tutup (close). 

Misalnya anda ingin membeli saham KLBF di harga 1.380 sebanyak 15 lot pada hari Sabtu. Anda bisa gunakan fasilitas conditional order. Berikut caranya: 

1. Masuk menu Trade --> Buy (order book)

Kemudian masukkan harga beli (price) dan jumlah lot (lots) yang anda inginkan. Tampilannya seperti berikut ini: 


Pada tampilan order book KLBF diatas, anda tidak bisa melihat antrian bid dan offer lot maupun antrian harganya. Hal ini karena pasar saham di hari Sabtu tutup, sehingga antrian bid offer akan terlihat kosong seperti diatas. Setelah itu pilihlah Conditional Order. Tampilannya seperti berikut ini: 


Dalam conditional order, anda bisa pasang Condition: Bid price atau offer price. Kalau bid price berarti order anda akan matched ketika sudah menyentuh dib price. Kemudian anda bisa pilih Equal. Equal berarti order akan matched pada harga yang anda tentukan sesuai dengan condition-nya. 

Misalnya anda ingin beli KLBF di harga 1.380 condition bid price dan equal. Berarti ketika saham KLBF menyentuh 1.380 di harga bid price, order beli anda akan langsung matched. Kemudian pasang juga tanggal Expire-nya. 

Misalnya anda ingin pasang expire sampai 15 hari kedepan. Jika pada hari ketujuh saham KLBF anda menyentuh harga 1.380, maka order beli anda akan matched sendiri, anda tidak perlu memantau setiap hari. Tapi kalau setelah 15 hari KLBF anda tidak menyentuh 1.380, maka order anda otomatis akan expired. 

Dengan automatic order, memang order beli anda tidak akan langsung matched pada hari Sabtu, karena bursa tutup. Tetapi pada hari Senin ketika market sudah buka, order anda akan aktif secara otomatis. 

Kesimpulannya, anda TIDAK BISA beli saham di hari sabtu. Dalam arti, kalau anda pasang order beli di hari Sabtu, order anda tidak akan matched karena market tutup. 

Tetapi anda bisa memasang order beli menggunakan fasilitas conditional order tersebut. Dengan demikian, di hari libur anda tetap bisa memasang order beli yang anda inginkan. Order anda akan aktif pada Senin harinya saat jam trading bursa. 

*Catatan: Tampilan dan letak menu conditional order / automatic order setiap software online trading bisa berbeda-beda. Namun cara pasang conditional order kurang lebih caranya sama seperti diatas. 

"Tapi Pak Heze, terkadang saya lihat pasar saham buka, saham-saham gerak dan saya bisa antri order dan bahkan beli saham dan bisa langsung matched." Kata anda.

Kalau anda melihat pasar saham buka di hari Sabtu, itu bukan perdagangan saham riil. Itu adalah aktivitas mock trading. Mengenai mock trading, anda bisa pelajari disini: Mock Trading di Bursa Saham. 

Pada saat mock trading, anda bisa menempatkan order beli dan jual, bahkan langsung matched. Tetapi pada Senin hari saat market sudah open, semua akan kembali ke semula. Saham yang anda "beli" pada hari Sabtu tidak akan muncul di portofolio, karena hari Sabtu bukanlah hari perdagangan saham. 

Semoga pos ini menjawab pertanyaan rekan-rekan yang masih bingung apakah bisa beli saham di hari Sabtu.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.