Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Mock Trading di Bursa Saham

Anda mungkin pernah mencoba melakukan analisis teknikal saat pasar saham sedang libur (hari Sabtu). Tiba-tiba harga saham berjalan seolah market sedang buka dan anda bisa trading buy-sell. Pernahkah anda mengalami hal ini? Beberapa rekan juga pernah bertanya pada saya soal pasar saham yang "buka" di hari Sabtu. 

Pasar saham yang "buka" di hari sabtu sebenarnya tidak terjadi setiap hari sabtu, tapi hanya kadang-kadang saja dan tidak semua sekuritas menerapkannya. Hal ini disebut dengan mock trading. 

Secara sederhana, mock trading diadakan oleh IDX pada akhir minggu dengan tujuan untuk maintenance sistem JATS yang digunakan oleh sistem sekuritas se-Indonesia. Maintenance sistem ini biasanya tidak diikuti oleh semua sekuritas di Indonesia, tapi hanya beberapa sekuritas saja. 

Sehingga, kemungkinan besar bisa saja harga saham pada sekuritas yang anda gabung bergerak di hari Sabtu, tapi sekuritas B di hari sabtu harga saham tetap tidak bergerak. Berikut tampilan mock trading yang terjadi saat hari sabtu: 


Contoh pergerakan harga saham saat mock trading

Mock trading ini bisa juga terjadi karena ada pelatihan sekuritas tertentu di hari Sabtu dan bekerja sama dengan Bursa Efek, dengan tujuan untuk demo trading, sehingga harga saham terkesan bergerak di hari Sabtu untuk sekuritas tertentu saja. 

Perlu anda ketahui, mock trading ini sifatnya sebenarnya cuma demo trading saja. Jadi, anda yang melakukan jual-beli saham pada sesi mock trading, dan semua perubahan harga yang terjadi saat mock trading, pada hari Senin harga opening sahamnya sudah kembali ke harga penutupn Jumat kemarin. 

Jadi, kalau anda punya harga saham ASRI misalnya, kemarin Jumat harga close-nya di harga 400. Lalu tiba2 hari Sabtu harga closingnya jadi 300 saja, anda nggak perlu kaget. Karena pada hari Senin nanti, harga saham ASRI akan kembali lagi ke harga opening 400. 

Kira-kira itulah tentang mock trading dan pos ini juga menjawab pertanyaan rekan2 yang bingung mengapa harga saham bergerak di hari Sabtu dan bahkan kenaikan-penurunan harga saham bisa berubah secara drastis di akhir pekan. 

2 komentar:

  1. saya pernah iseng" beli saham pada waktu mock trading kira nya matched itu hari senin harga nya gimana 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari Senin pasti akan kembali ke normal semua, jadi order "matched" anda di hari sabtu / minggu otomatis terhapus

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.