Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Bandarmologi Saham: Mengenal Bandar Saham

Dalam analisis saham, kita mengenal analisis bandarmologi saham. Analisa bandarmologi merupakan analisa saham dengan cara mengikuti pergerakan BANDAR SAHAM di market. 


Idealnya, ketika bandar saham banyak membeli saham (akumulasi), trader ritel akan mengikut pergerakan bandar dengan melakukan aksi beli. Sebaliknya, ketika bandar menjual saham (distribusi), trader ritel juga akan mengikut pergerakan bandar dengan melakukan aksi jual. 

Atau buat trader belum membeli saham tersebut, jika bandar banyak melakukan aksi jual, trader wait and see dulu sampai harga saham turun dan bandar mulai masuk dengan melakukan aksi beli saham lagi. 

Omong-omong soal bandarmologi, tahukah anda siapa yang disebut dengan bandar saham? Bagaimana cara melihat pergerakan bandarmologi? Apakah butuh software khusus? Apakah perlu membeli tool bandarmologi tertentu? Di pos ini kita akan membahasnya.   

MENGENAL BANDAR SAHAM 

Bandar saham adalah sekumpulan orang, atau institusi atau perusahaan sekuritas (broker sekuritas) yang memiliki modal besar, sehingga memiliki kemampuan untuk menggerakkan saham-saham tertentu. Bandar saham biasanya disebut juga sebagai market maker. 

Ingat kata-kata kuncinya: "Sekumpulan orang atau perusahaan sekuritas" dan "memiliki modal besar". Artinya bandar saham tidak digerakkan oleh satu orang saja. Minimal ada beberapa orang yang bekerja sama untuk menggerakkan suatu saham. 

Dan tentu saja bandar memiliki modal besar, jauh lebih besar daripada para trader ritel. Inilah yang membuat bandar punya kemampuan untuk menggerakkan saham-saham tertentu. 

Dalam praktikknya, bandar saham bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu berdasarkan tipe dan berdasarkan kelompok. 

BANDAR SAHAM BERDASARKAN TIPE   

Bandar saham lokal dan asing mengacu pada bandar saham yang dijalankan oleh perusahaan / broker sekuritas.  

1. Bandar saham lokal 

Bandar saham lokal adalah perusahaan sekuritas lokal (Indonesia) yang berperan sebagai market maker. Beberapa contoh bandar lokal yang terkenal seperti Mandiri Sekuritas (CC), Mirae Asset Sekuritas (YP), Indo Premier Sekuritas (PD). 

2. Bandar saham asing 

Bandar saham asing adalah perusahaan sekuritas asing (Luar negeri) yang berperan sebagai market maker. Beberapa contoh bandar asing misalnya UBS Sekuritas (AK), Kiwoom Sekuritas (AG),  JP Morgan Sekuritas (BK) dan lain-lain. Baca juga: Daftar Kode Broker Saham Asing. 

Di pasar saham Indonesia, jumlah bandar saham lokal lebih banyak daripada broker asing. Namun biasanya bandar asing memiliki modal yang lebih dominan. Inilah mengapa bandar saham asing seringkali memberikan pengaruh yang besar pada saham-saham tertentu. 

Biasanya bandar saham asing lebih banyak melakukan akumulasi dan distribusi di saham-saham blue chip, karena untuk menjadi market maker saham blue chip, dibutuhkan modal besar, karena saham-saham blue chip memiliki market cap diatas 100 triliun. 

Sehingga porsi asing di saham blue chip biasanya lebih banyak daripada broker lokal. Tetapi untuk saham-saham second liner dan saham-saham gorengan & small cap, lebih banyak didominasi sekuritas lokal.  

BANDAR SAHAM BERDASARKAN KELOMPOK

1. Bandar saham kecil (perorangan / kelompok orang) 

Bandar saham kecil atau disebut bandar saham perorangan atau sekolompok orang, adalah bandar saham yang digerakkan beberapa orang dengan modal besar. Biasanya bandar saham kecil ini tergabung dalam grup-grup saham. 

Bandar saham kecil tentu memiliki modal yang relatif lebih sedikit dibandingkan bandar perusahaan. Oleh karena itu, bandar saham kecil biasanya lebih banyak "menggoreng" saham-saham lapis tiga dengan market cap kecil. 

Bandar saham yang terdiri dari sekelompok orang biasanya secara langsung ataupun tidak langsung mengajak para member di grup saham untuk membeli saham2 tertentu yang akan dinaikkan. 

Setelah saham naik tinggi, bandar akan melakukan aksi jual besar-besar (distribusi atau dumping). Saham-saham yang "digoreng" dengan cara tersebut, biasa disebut sebagai saham pom-pom.  

Anda bisa pelajari juga cara bandar menggoreng saham pada pos berikut: Sekelumit Cara Bandar Menggoreng Saham.

2. Bandar saham sekuritas

Bandar saham sekuritas adalah perusahaan sekuritas itu sendiri yang menjadi market maker di suatu saham. Dan seperti yang kita bahas diatas, bandar saham sekuritas bisa dibagi menjadi dua tipe, yaitu broker sekuritas lokal dan sekuritas asing.  

3. Bandar saham institusi lain 

Selain perusahaan sekuritas, institusi lain bisa dikatakan sebagai bandar saham, apabila ikut berperan dalam menggoreng saham tertentu, seperti kasus Jiwasraya yang sempat ramai. Baca juga: Saham Gorengan: Belajar dari Kasus Jiwasraya. 

Perusahaan-perusahaan seperti perusahaan asuransi, perusahaan reksadana bisa berperan sebagai bandar jika ikut serta menaik-turunkan harga saham. 

Jadi yang disebut dengan bandar, definisinya cukup luas, dan tidak hanya terbatas pada perusahaan sekuritas saja. Di pos ini, anda sudah memahami apa itu bandar saham, serta jenis-jenis bandar saham yang ada di market.  

ANALISA BANDARMOLOGI MELALUI BROKER SUMMARY 

Anda mungkin bertanya-tanya: "Apakah analisa bandarmologi itu butuh software khusus? Apakah harus beli tool tertentu yang bisa mendeteksi pergerakan bandar saham?" 

Jawabannya: Nggak perlu. Yap, anda tidak membutuhkan software khusus untuk melakukan analisa bandarmologi. Karena setiap software online trading yang anda daftarkan di sekuritas, bisa digunakan untuk melihat analisa bandarmologi melalui menu BROKER SUMMARY. Berikut contoh tampilannya: 

Bandarmologi saham

Dari tampilan menu broker summary inilah anda bisa melihat dan menganalisa pergerakan bandar: Apakah mayoritas bandar saham sedang melakukan akumulasi atau distribusi saham? 

Sehingga broker summary dapat memberikan informasi pada trader mengenai saham-saham yang lagi banyak dibeli atau dijual. Buat anda yang ingin melakukan analisa bandarmologi dengan tool sederhana, menu broker summary ini sudah lebih dari cukup untuk menganalisa pergerakan bandar saham. 

Dengan analisa broker summary, anda juga bisa melihat di harga berapa bandar saham sedang membeli dan menjual saham, berapa jumlah volume dan value, melihat perbandingan akumulasi distribusi, dan melihat range waktu lebih panjang untuk menganalisa akumulasi & distribusi yang dilakukan oleh bandar saham. 

Terkait cara membaca menu-menu yang ada di broker summary, dan cara ringkas membaca broker summary, sudah kita bahas pada pos-pos berikut ini: 
Anda bisa perdalam. Namun broker summary "hanya" menampilkan bandar saham yang berasal dari broker sekuritas (Baik lokal maupun asing). 

Yap, menu broker summary tidak menampilkan aksi bandar perorangan atau bandar dari institusi lain (Diluar broker sekuritas). Tapi untuk kepentingan analisa bandarmologi, sebenarnya anda nggak butuh mengetahui bandar perorangan atau institusi lain yang sedang akumulasi atau distribusi. 

Yang perlu anda perdalam adalah aksi akumulasi dan distribusi yang dilakukan broker sekuritas, karena bagaimanapun juga, broker sekuritas adalah bandar yang modalnya paling besar, jauh lebih daripada bandar kecil. 

Sehingga akumulasi dan distribusi yang dilakukan broker sekuritas biasanya bisa memberikan pengaruh lebih besar ke harga saham tertentu.

Itulah penjelasan tentang bandarmologi saham dan menjawab pertanyaan rekan-rekan tentang bandar saham. Satu hal lagi, analisa bandarmologi tidak bisa berdiri sendiri. Anda harus kombinasikan dengan analisa teknikal. 

Karena menu broker summary hanya memberikan informasi akumulasi distribusi yang dilakukan sekuritas. Broker summary tidak memberikan informasi sinyal buy dan sell. Sinyal trading hanya bisa dilihat melalui analisa teknikalnya. Baca juga: Bandarmologi Saham & Analisis Teknikal. 

Analisa bandarmologi cukup luas dan variatif. Ada beberapa cara efektif untuk menganalisa pergerakan bandar dengan broker summary, dan dengan kombinasi analisa teknikal tentunya. 

Nanti kita akan bahas secara tersendiri bagaimana cara menganalisa bandarmologi untuk mengambil keputusan trading.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.