Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Kegunaan Broker Summary Saham

Broker summary merupakan salah satu tool yang seringkali digunakan oleh para trader saham untuk menganalisa saham. Broker summary sering digunakan oleh para trader harian yang ingin mengincar profit jangka pendek.  



Singkatnya, broker summary berguna untuk melihat broker sekuritas yang sedang melakukan akumulasi (beli) dan distribusi (jual) saham secara real time. 

Bahkan ketika Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana menghapus kode broker secara real time selama jam trading, kebijakan tersebut menuai banyak protes dari para trader saham. 

Sebenarnya, apa kegunaan broker summary saham? Seberapa penting broker summary untuk anda? Apakah broker summary merupakan analisis wajib buat trader saham? 

Sebelum membahas kegunaan broker summary, ada baiknya anda baca pos berikut: Cara Membaca dan Melihat Broker Summary, untuk memahami lebih banyak tentang istilah-istilah broker summary dan sedikit ringkasan cara membaca broker summary saham. 

Berikut adalah kegunaan broker summary: 

1. Memberikan informasi top buyer seller 

Broker summary menampilkan informasi mengenai broker sekuritas mana saja yang melakukan aksi beli dan jual saham, yang dapat diurutkan dari pembeli terbanyak (top buyer) dan penjual terbanyak (top seller). 

Sehingga dengan broker summary, anda bisa melihat sekuritas mana saja yang sedang membeli ataupun menjual saham dalam jumlah besar. Terutama untuk sekuritas asing atau sekuritas besar, aksi akumulasi dan distribusi yang dilakukan biasanya bisa memberikan dampak terhadap pergerakan harga saham jangka pendek. Baca juga: Daftar Kode Broker Saham Asing. 

2. Analisa untuk melihat kekuatan beli dan jual suatu saham 

Broker summary menampilkan daftar sekuritas yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi. Bukan hanya ditampilkan buyer seller terbesar, namun juga menampilkan sekitar 20 sekuritas yang sedang melakukan buy dan sell terbanyak. Berikut salah satu contoh tampilan broker summary pada saham BKSL: 

Broker summary - Top buyer

Perhatikan di sebelah kiri yang warna hijau. Itu adalah informasi top buyer saham BKSL yaitu 20 sekuritas terbesar yang membeli saham BKSL beserta jumlah volume dan harga beli rata-rata. 

Broker summary - Top seller 

Perhatikan di sebelah kanan yang warna merah. Itu adalah informasi top seller saham BKSL, yang merupakan 20 sekuritas terbesar yang sedang menjual saham BKSL. 

Sesuai hukum permintaan dan penawaran, jika permintaan beli semakin banyak / dominan, maka harga saham akan cenderung naik. Demikian pula sebaliknya. 

Kekuatan buyer seller sekuritas bisa anda lihat melalui volumenya (Buy vol dan sell volume). Jika mayoritas sekuritas lebih banyak melakukan pembelian (buy volume > sell volume), maka hal ini adalah salah satu indikasi bahwa harga saham sedang banyak diakumulasi di hari tersebut. 

Sebaliknya, jika sell volumenya jauh lebih besar daripada buy volume, hal ini menunjukkan bahwa saham tersebut sedang banyak dijual oleh sekuritas, sehingga saham tersebut ada potensi turun atau sideways. 

Melihat kekuatan beli jual melalui broker summary seringkali digunakan oleh trader jangka pendek, khususnya trader harian yang ingin trading dengan jangka waktu 1-3 harian (dibawah 1 minggu). 

Karena broker summary yang melakukan akumulasi dan distribusi umumnya akan memberikan dampak jangka pendek terhadap harga saham. Ketika banyak yang akumulasi di hari tersebut, harga saham beberapa hari kemudian berpotensi naik. 

3. Pelengkap analisis teknikal 

Broker summary dapat digunakan sebagai pelengkap analisa teknikal. Jika anda menemukan analisis teknikal yang sinyal buy-nya bagus, anda bisa menambahkan analisa broker summary untuk lebih meyakinkan anda apakah analisa teknikal juga didukung dengan net buy broker sekuritas yang besar. 

Jika analisa teknikal sudah bagus untuk buy, dan analisa saham dari broker summary juga menunjukkan net buy sekuritas yang besar, anda bisa pertimbangkan untuk membeli sahamnya. 

Itulah kegunaan-kegunaan broker summary. Pada umumnya, analisa broker summary lebih sering digunakan oleh trader jangka pendek (trader dengan time frame trading harian sampai dibawah 1 minggu). 

Karena broker summary biasanya bergerak cepat dan lebih dinamis. Akumulasi dan distribusi broker sekuritas merupakan pertanda bahwa akan ada pergerakan harga saham jangka pendek. 

Tetapi untuk swing atau positioning trader, dengan jangka waktu diatas 1 minggu, atau trader pengikut tren, maka analisa broker summary kurang bermanfaat, karena trend follower lebih sering memanfaatkan momentum market dan tren dari analisis teknikal yang terbentuk. 

BROKER SUMMARY BUKANLAH ANALISA WAJIB UNTUK TRADER 

Bagaimanapun juga, broker summary bukanlah analisa utama / analisa wajib untuk trader saham. Analisis teknikal adalah analisa utama yang harus dikuasai oleh trader. 

Karena semua informasi tentang harga saham, psikologis market termasuk aksi akumulasi-distribusi saham sebenarnya bisa kita lihat melalui pola-pola (pattern) yang terbentuk dari analisa teknikalnya. 

Analisis teknikal ibarat kompas trading anda. Sedangkan broker summary adalah analisis pelengkap, atau biasanya saya katakan sebagai analisis pendukung. 

Analisa broker summary tanpa didukung dengan analisa teknikal, akan lebih sering menipu trader. Karena bagaimanapun juga, broker summary itu sangat luas. Bisa jadi ketika di hari itu terjadi akumulasi oleh top broker, harga saham besoknya malah nggak naik karena ada broker sekuritas lain yang siap menjual saham di harga bawah yang sudah dibeli sebelumnya. 

Jadi sebagai trader saham, anda harus tetap menggunakan analisis teknikal sebagai analisa utama. Dengan isu dihapusnya broker summary selama jam trading real time, anda tidak perlu panik. 

Jangan karena tidak ada broker summary, anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Seorang trader pro, tanpa broker summary pun tetap bisa melakukan analisa dengan baik dan mengambil keputusan trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.