Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Daftar Kode Broker Saham Asing

El Heze

Di Indonesia, perusahaan sekuritas (broker) saham dibagi menjadi perusahaan sekuritas lokal dan perusahaan sekuritas asing. Perusahaan sekuritas lokal jumlahnya lebih banyak daripada sekuritas asing. 



Di web Saham Gain, kita juga sudah pernah menuliskan daftar-daftar kode broker saham di Indonesia. Anda bisa baca kembali pos-nya disini: Daftar Kode Broker Saham. Walaupun jumlah sekuritas asing di Indonesia tidak terlalu banyak, namun anda perlu mengetahui daftar sekuritas asing yang ada di Indonesia. 

Hal ini karena walaupun jumlah sekuritas asing tidak terlalu banyak, namun sekuritas asing memiliki modal yang besar, sehingga sekuritas asing memiliki kemampuan lebih besar untuk menggerakkan saham tertentu (Baca: bandar). 

Di pos ini, kita akan bahas beberapa kode broker saham asing yang ada di Indonesia. Berikut daftar kode broker saham asing / bandar di Indonesia: 

1. CS - PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia
2. AK - PT UBS Sekuritas Indonesia 
3. BK - PT JP Morgan Sekuritas Indonesia 
4. BQ - PT Korea Investment And Sekuritas Indonesia 
5. KZ - PT CLSA Sekuritas Indonesia 
6. AI - PT UOB Kay Hian Sekuritas 
7. RX - PT Macquarie Sekuritas Indonesia 
8. YU - PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia 
9. ZP - PT Maybank Kim Eng Securities 
10. YO - PT Amantara Sekuritas Indonesia 
11. DB - PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia 
12. CG - PT Citigroup Sekuritas Indonesia 
13. RB - PT Nikko Sekuritas Indonesia 
14. GW - PT HSBC Sekuritas Indonesia 
15. MS - PT Morgan Stanley Sekuritas Indonesia 
16. ML - PT Merrill Lynch Sekuritas Indonesia 
17. FG - PT Nomura Sekuritas Indonesia 

Itulah beberapa daftar kode broker saham asing. Tujuan anda mengetahui kode broker saham asing adalah untuk analisa bandarmologi. Seperti kita ketahui, analisa saham umumnya terdiri dari tiga jenis analisa yaitu:  

1. Analisis teknikal 
2. Analisis fundamental 
3. Analisis bandarmologi 

Analisis teknikal mempelajari analisa chart. Analisis fundamental mendalami analisa laporan keuangan, valuasi, analisa sektoral untuk investasi jangka panjang. Sedangkan analisa bandarmologi adalah analisa yang melihat pergerakan bandar. 

Nah, jika anda ingin melakukan analisa bandarmologi untuk trading, maka anda harus memahami perbedaan kode broker sekuritas lokal dan asing. Hal ini karena sekuritas asing memiliki kemampuan dana / modal yang besar, sehingga ketika sekuritas asing banyak melakukan akumulasi saham, harga saham ada potensi untuk naik. 

Sebaliknya saat mayoritas broker saham asing menjual / distribusi saham, harga saham ada potensi turun.

Anda yang ingin melihat broker saham yang melakukan akumulasi dan distribusi saham, anda bisa melihatnya melalui menu broker summary yang tersedia pada software saham anda masing-masing. 

Yap, disitu anda bisa melihat kode-kode broker apa saja yang sedang melakukan akumulasi ataupun distribusi saham dalam jumlah besar, sehingga anda yang ingin melakukan analisa bandarmologi, anda bisa memetakan potensi pergerakan arah saham. 

Disinilah pentingnya anda mengetahui perbedaan kode broker lokal dan asing, supaya anda bisa melihat kekuatan akumulasi dan distribusi broker di saham tersebut.

Biasanya broker asing lebih banyak melakukan akumulasi dan distribusi di saham-saham blue chip dan saham-saham second liner. Karena bandar asing memiliki duit gede, sehingga bandar asing lebih sering membeli dan menjual saham2 yang market cap-nya besar. 

Jadi kalau anda ingin lihat lebih jelas pergerakan bandar-bandar asing, anda bisa analisa broker summary di saham-saham blue chip. Sedangkan saham-saham dengan market cap kecil lebih banyak dikuasai broker / bandar lokal.    

Dalam praktikknya, tentu saja analisa bandarmologi tidak bisa berdiri sendiri. Analisa bandarmologi harus dikombinasikan dengan analisis teknikal. 

Bandarmologi untuk pelengkap supaya anda bisa melihat pola-pola pergerakan saham dari segi akumulasi distribusi. Sedangkan analisa teknikal untuk mengambil keputusan trading. Analisa teknikal juga dapat menunjukkan pola-pola rebound dan koreksi yang terfeleksi dari pergerakan historis bandar. 

Bandarmologi tidak bisa berdiri sendiri tanpa analisa teknikal dan momentum (IHSG). Pelajari juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.