Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Aplikasi Broker Summary Saham

Pada pos sebelumnya: Cara Membaca dan Melihat Broker Summary, kita sudah membahas tentang cara ringkas membaca dan melihat broker summary saham. Pada pos tersebut, bisa anda lihat ada banyak  menu dan informasi yang tersedia pada broker summary.

 


Untuk melihat broker summary, anda tentu membutuhkan aplikasi. Aplikasi saham, terutama aplikasi bawaan sekuritas biasanya memberikan informasi lengkap tentang broker summary saham. 

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi saham memberikan informasi lengkap mengenai broker summary. Contoh tampilan broker summary lengkap bisa anda lihat pada tampilan berikut: 

Aplikasi Broker Summary Saham

Broker summary yang lengkap setidaknya membuat informasi volume buy sell, dan price buy  sell average (harga beli dan harga jual rata-rata yang sedang diakumulasi dan didistribusi oleh top sekuritas). 

Perhatikan pada tabel broker summary diatas, di mana ada informasi tentang Buy Avg (Harga beli rata-rata) dan Sell Avg (Harga jual rata-rata). Dengan informasi tersebut, anda bisa mengetahui pada harga berapa top broker sekuritas sedang membeli dan menjual saham.  

Terkadang beberapa aplikasi broker summary yang saya temukan, hanya memuat informasi volume atau value transaksi beli dan jual sekuritas. Informasi volume dan value itu penting, tetapi rasanya masih kurang lengkap kalau belum ada informasi Buy dan Sell Average-nya. 

Karena dengan informasi buy sell average, kita juga dapat melihat apakah sekuritas sedang akumulasi di harga bawah atau di harga atas. Demikian juga, kita bisa melihat pada harga berapa sekuritas tertentu banyak menjual saham. 

APLIKASI BROKER SUMMARY SAHAM 

Ada beberapa aplikasi broker summary saham dengan tampilan lengkap, yang bisa anda pertimbangkan. Berikut aplikasi-aplikasi yang memiliki menu lengkap broker summary.  

1. Indopremier Sekuritas 

Indopremier Sekuritas, software sahamnya dikenal dengan IPOT. Yap, Indopremier menyediakan fitur broker summary yang cukup lengkap, di mana IPOT menampilkan broker summary mulai dari informasi value, volume, frekuensi, termasuk buy dan sell average dari setiap top buyer dan seller sekuritas. 

IPOT biasanya digunakan oleh trader harian yang mengincar analisa broker summary untuk menganalisis lebih banyak potensi pergerakan saham jangka pendek. 

2. Mandiri Sekuritas 

Mandiri Sekuritas, software sahamnya adalah MOST. Mandiri Sekuritas juga menyediakan broker summary yang lengkap, seperti Indopremier. Sehingga anda bisa menganalisa lebih banyak analisis2 bandarmologi dan net buyer seller di suatu saham. 

Mandiri Sekuritas juga termasuk salah satu sekuritas yang ternama dan track record-nya bagus. Kalau anda ingin mencari sekuritas yang punya tampilan broker summary lengkap, MOST bisa jadi salah satu pilihan anda. 

3. Sucor Sekuritas 

Sucor Sekuritas, software sahamnya adalah SPOT. Sucor memberikan tampilan menu broker summary yang lengkap, seperti buy dan sell average dari setiap top buy sell sekuritas, volume, value dan frekuensi beli jual yang dilakukan broker sekuritas. 

Sucor Sekuritas juga membedakan tampilan warna untuk broker summary, di mana sekuritas asing memiliki warna yang berbeda dengan sekuritas lokal. Ini adalah contoh tampilan broker summary Sucor Sekuritas: 


Sebagai contoh, tampilan broker summary yang lengkap adalah seperti tampilan diatas. Pada Sucor Sekuritas juga membedakan warna untuk sekuritas lokal dan asing. Misalnya, warna kuning diatas adalah broker summary untuk sekuritas asing. 

Jadi, anda bisa melihat apakah akumulasi dan distribusi saham banyak dilakukan oleh sekuritas lokal atau sekuritas asing. 

4. Stockbit 

Stockbit adalah aplikasi gratis yang menyediakan fitur broker summary yang dapat anda akses. Anda bisa download aplikasinya: Stockbit melalui Google Playstore di HP anda. Disana anda bisa menemukan menu-menu tampilan saham, termasuk broker summary. 

Itulah aplikasi-aplikasi yang menampilkan menu broker summary saham dengan tampilan komplit. Untuk software-software saham tersebut bisa anda download melalui situs resmi perusahaan sekuritas masing-masing. 

Namun anda harus membuka rekening saham di sekuritas terlebih dahulu (Anda bisa buka akun rekening sekuritas secara online, tidak harus datang ke perusahaan sekuritas). Baca jugga: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Sedangkan untuk aplikasi stockbit, anda bisa langsung download di Google Playstore, anda tidak harus membuka di perusahaan sekuritas. 

Tentu saya tidak mencoba semua software sekuritas. Tapi beberapa software yang pernah saya coba, antara lain keempat aplikasi tersebut, adalah aplikasi yang menampilkan menu broker summary secara lengkap, sehingga trader bisa menganalisa lebih komplit bandarmologi dan net buy sell sekuritas. 

Catatan: Pos ini tidak bermaksud untuk mempromosikan sekuritas tertentu. Pos ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi mencoba beberapa software sekuritas. Anda yang ingin membuka akun saham di sekuritas, ada baiknya anda mengunjungi langsung website resmi perusahaan sekuritas untuk melihat lebih lengkap fitur-fitur dan fasilitas yang disediakan.

2 komentar:

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.