Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Teknik Analisa Tape Reading Saham - Bagian III

Di Bagian II: Teknik Analisa Tape Reading Saham - Bagian II, saya sudah menjelaskan beberapa kelemahan dalam analisa TR, dan kelemahan2 TR ini dapat berdampak besar pada trading anda. Jadi, bagaimana cara menerapkan strategi TR, agar tetap aman bagi psikologis trader? Untuk menerapkan atau lebih tepatnya melengkapi strategi TR, ada hal penting yang bisa saya sarankan pada anda: Jangan melupakan analisa teknikal. Grafik dan analisis teknikal adalah hal utama. 

Analisis utama dalam trading adalah analisa teknikal. Analisa teknikal yang saya maksud adalah membaca support-resisten dengan benar, anda bisa membaca candlestick untuk memprediksi saham yang akan rebound, anda bisa membaca indikator, anda bisa melihat saham-saham yang sedang diskon. Materi-materi tersebut saya bahas secara lengkap disini: Buku Saham. 

Anda boleh-boleh saya menggunakan TR, tetapi alangkah baiknya anda harus cek grafiknya terlebih dahulu. Maksud saya, kalau memang analisis teknikalnya sangat mendukung untuk anda membeli saham, maka analisis TR akan menjadi lebih meyakinkan untuk dilakukan. 

Hal ini akan memberikan rasa psikologis yang lebih aman. Selain itu, saham yang sudah diskon dan memiliki tekanan beli yang besar (bid lebih dominan dibandingkan offer), akan memiliki peluang yang lebih besar untuk naik, dibandingkan saham yang sudah berada di ujung tren naiknya. 

Jadi, sekalipun anda mencoba berbagai cara untuk tape reading, pesan saya, jangan pernah melupakan analisa teknikal. Hal ini sudah saya alami di banyak saham diskon seperti BBRI, INDY, PWON, ELSA dan lain2. Dengan melakukan kombinasi analisa teknikal (melihat saham2 diskon, dan pola yang berpotensi rebound), dengan didukung analisa tape reading, tingkat keakuratannya akan lebih bagus. 

Dengan melihat grafik, anda bukan hanya mempelajari bid dan offer, tetapi anda juga mempelajari prediksi kecenderungan psikologis pasar (melalui pola-pola yang terbentuk), sehingga analisa yang anda gunakan akan lebih lengkap.  

Analisa TR ini sangat efektif digunakan untuk trading harian alias intraday trading. Cara lebih lanjut tentang praktik analisa tape reading, dan kombinasi analisa teknikal untuk mendapatkan saham2 yang bisa naik harian, anda bisa mendapatkan praktiknya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Selamat praktik. Happy cuan..

2 komentar:

  1. Terima kasih infonya. Sangat menambah wawasan.
    Apapun metodenya, pemahaman analisa teknikal tetap diperlukan.

    ReplyDelete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.