Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Penghasilan Tambahan dari Trading Saham

Kalau anda ingin mencari penghasilan tambahan, ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa anda tekuni untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Penghasilan tambahan bisa berupa passive income (seperti investasi saham, deposito, reksadana, obligasi, investasi emas, tanah dan lain-lain) maupun active income (berdagang). 



Nah, salah satu penghasilan tambahan yang bisa anda pertimbangkan untuk anda tekuni adalah penghasilan tambahan dari TRADING SAHAM sebagai active income.  

[Anda bisa mendapatkan full praktik dan strategi2 trading saham yang simpel untuk mencari saham-saham bagus yang berpotensi naik, dan materi2 ini dapat diaplikasikan untuk semua level trader pada tiga ebook trading saham berikut: 3 Ebook Rekomendasi untuk Trading Saham.]

Trading saham mulai banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia, walaupun jumlah investor / trader saham saya akui masih sangat sedikit, tetapi minat masyarakat kita untuk investasi dan trading juga semakin baik. 

Saya juga sering mendapat pertanyaan dari teman-teman pemula: "Bung Heze saya ingin mulai trading saham. Apa yang harus saya lakukan pertama?" "Pak Heze sekuritas saham mana yang bagus yang bapak rekomendasikan?" Dan masih banyak pertanyaan lain. 

Kelebihan trading saham adalah: Anda bisa trading (beli jual saham) dimanapun selama anda memiliki koneksi internet. Anda bisa trading melalui smartphone, laptop maupun PC. 

Anda tidak harus pergi ke kantor sekuritas untuk beli jual saham. Anda bisa melakukan beli jual saham di rumah anda sendiri. Anda bisa mencetak profit (keuntungan harga saham) dari rumah anda. 

Ada banyak saham perusahaan bagus di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti saham Bank BCA, Unilever, Bank Bri, Astra, Indofood lain-lain, serta pola-pola saham yang menguntungkan yang bisa anda bisa beli sahamnya dan jual di harga lebih tinggi, sehingga anda memperoleh profit jangka pendek. 

Lalu, apa yang harus anda persiapkan untuk bisa trading saham? 

Trading saham dilakukan melalui software online trading. Oleh karena itu, anda harus membuka akun saham di kantor sekuritas terlebih dahulu. Tetapi, anda juga bisa membuka rekening saham secara online. 

Panduan membuka rekening saham di kantor sekuritas maupun secara online, sudah pernah saya bahas step by step lengkapnya di free ebook berikut: 
Ebook Gratis Panduan Membeli Saham untuk Pemula. Anda bisa download free ebook yang 33 halaman. 

Untuk sekuritas saham yang saya rekomendasikan ada beberapa, yaitu: Danareksa Sekuritas (sekuritas yang saya gunakan saat ini dan fiturnya lengkap), Indopremier sekuritas, Mandiri Sekuritas dan lain2. 

Setiap kantor sekuritas menerapkan minimal deposit ke akun saham anda sebagai syarat awal. Kalau anda ingin daftar di kantor sekuritas yang deposit awalnya kecil, bahkan no minimum deposit, anda bisa pelajari beberapa referensi kantor sekuritas yang deposit minimalnya kecil di pos saya berikut: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta. 

Untuk mendapatkan profit maksimal dari trading, anda harus memiliki PENGETAHUAN TRADING. Artinya, anda harus membeli saham berdasarkan analisis yang benar. 

Dalam hal ini, anda perlu mempelajari dan mempraktikkan analisis teknikal, dan cara membaca saham-saham yang mudah naik, serta berpotensi memberikan profit jangka pendek. 

Di web Saham Gain, anda bisa mendapatkan referensi-referensi ebook belajar saham yang langsung masuk pada full praktik dan strategi-strategi memilih saham untuk semua level trader mulai trader saham pemula - expert. Anda bisa dapatkan disini: 3 Ebook Rekomendasi untuk Trading Saham.

Di dalam trading saham, jangan membeli saham secara asal-asalan karena tidak semua saham bagus dan layak untuk ditradingkan. Ada saham yang kualitasnya bagus. Ada saham yang kualitasnya jelek. 

Salah satu contoh saham yang kualitasnya jelek adalah saham-saham gorengan. Yap, saham2 gorengan inilah yang hendaknya anda hindari atau minimalkan untuk trading, supaya anda bisa menekan risiko. Baca juga: Kenali Ciri-ciri Saham Gorengan di Indonesia dan Daftar dan Contoh Saham Gorengan di Indonesia

Jika anda memilih saham yang bagus, maka trading saham bisa menjadi penghasilan tambahan yang maksimal untuk anda. Berikut contoh beberapa transaksi trading jangka pendek yang penulis lakukan:  

Buy saham AALI 6.400 sell 6.600 (trading saham jangka pendek)


Buy saham BBRi 2.790 sell 3.330 (trading saham jangka pendek)

Diatas adalah praktik2 trading saham yang saya lakukan. Trading saham bisa menjadi penghasilan yang menguntungkan jika kita menganalisa saham dan market dengan benar. 

Satu hal lagi, dalam trading saham, anda harus memiliki manajemen modal yang benar. Sebagai pemula, gunakan modal kecil terlebih dahulu, yaitu di kisaran Rp1-3 juta. Baca juga: Modal Ideal Trading Saham. 

Kalau anda sudah mulai bisa profit, anda baru bisa pertimbangkan untuk menambah modal. Jangan nekad trading dengan modal puluhan juta kalau anda masih dalam tahap belajar dan memahami market. 

Selain itu, modal trading yang anda gunakan harus menggunakan idle money alias 'uang dingin'. Artinya, gunakan menganggur, jangan gunakan modal yang anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari, karena hal ini akan mengganggu psikologis anda.

Jadi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, anda bisa mempertimbangkan untuk menyisihkan penghasilan anda untuk anda gunakan dalam trading saham (gunakan modal kecil terlebih dahulu). 

Selain untuk penghasilan tambahan, trading saham juga bisa menjadi penghasilan utama (full time trader / trading for a living). Daripada anda mendiamkan uang yang anda miliki, bukankah lebih baik anda menyisihkan sedikit modal anda untuk ditradingkan dan menghasilkan profit?

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.