Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Main Trading Saham

Masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu semakin menggandrungi dunia investasi dan trading saham. Banyak sosialisasi yang juga digencarkan di universitas-universitas. Saat ini banyak orang2 usia muda yang mulai tertarik untuk ikut bermain saham. Tetapi, yang jadi persoalan, banyak dari mereka (mungkin juga anda calon pemain saham) yang masih buta total bagaimana cara bermain saham (trading atau investasi). 

Di pos ini saya akan mengupas tuntas tahapan-tahapan apa yang harus anda lakukan kalau anda ingin mulai bermain saham. Berikut langkah-langkah jika anda ingin main saham: 

1. Membuka akun di kantor sekuritas. 

Untuk membuka akun, berarti anda harus memilih kantor sekuritas. Baca juga: Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik. 

2. Mengisi formulir kelengkapan data nasabah

Formulir yang diisi antara lain adalah data pribadi diri anda, nomor rekening, NPWP, aset, pekerjaan, dan semua informasi lain tentang  diri anda yang sekiranya perlu diisi. Apakah mengisi formulir berarti harus datang ke tempat sekuritas yang bersangkutan? Jawabannya: Tidak perlu.  

Kalau kantor sekuritas menyediakan formulir online, anda bisa mengisi secara online. Atau, anda bisa menghubungi kantor sekuritas yang anda tuju (kontak sekuritas silahkan tanya Mbah Google) untuk mengirimkan formulir pengisian pembukaan rekening saham via pos. 

3. Beberapa hari kemudian, anda akan diberikan software beserta username, password, dan PIN

Setelah anda menyelesaikan proses pengisian formulir, kantor sekuritas akan memberikan anda username, password dan PIN untuk trading. 

4. Anda harus setor modal (deposit) minimal untuk bisa main saham. Baca juga: Beli Saham Hanya dengan Modal Rp100 RibuIlustrasi Membeli Saham Dengan Modal Rp500.000 (Strategi Diversifikasi)Modal Minimal Trading/Investasi Saham. 

Setiap kantor sekuritas memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam menetapkan batas minimum deposit untuk trading atau investasi saham. Ada kantor sekuritas yang minimum depositnya Rp 1 juta. Ada yang minimum depositnya sebesar Rp 5 juta. 

5. Setelah itu, anda sudah bisa mengakses tampilan menu saham dan melakukan jual beli saham sendiri secara online. 

6. Kini anda masuk pada menu / tampilan saham online.

Agar anda bisa membeli saham, maka anda harus membeli sendiri melalui software yang sudah disediakan. Demikian juga ketika anda menjual. Berikut adalah contoh tampilan menu buy dan sell. Untuk mudahnya jika anda ingin buy, tekan F2 dan jika anda mau sell, tekan F4. 


Mengenai tampilan software saham online lainnya, saya banyak membahasnya di pos ini: Tampilan Menu Saham Online - Part ITampilan Menu Saham Online - Part IITampilan Menu Saham Online - Part IIITampilan Menu Saham Online - Part IV

Itulah keenam tahapan / cara-cara agar anda bisa main saham. Dengan membaca pos ini, diharapakan anda sudah mengerti bagaimana tahapan cara main saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.