Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Modal Minimal Trading/Investasi Saham

El Heze
"Pak, berapa modal awal yang dibutuhkan untuk bertansaksi / investasi saham?Ini adalah pertanyaan yang sering saya jumpai, karena memang secara umum banyak persepsi dari banyak orang yang menganggap bahwa modal untuk investasi atau trading saham sangatlah besar, bahkan membutuhkan modal puluhan juta. Padahal tidak demikian. Kalau saya boleh katakan, dengan modal Rp150.000 - 200.000 saja sebenarnya sudah bisa digunakan untuk panen saham... Tidak percaya? silahkan lihat ilustrasi dibawah:

Harga saham paling rendah di pasar modal untuk pasar reguler (pasar di mana orang2 melakukan trading pada umumnya) adalah Rp50 per lembar saham. Tetapi, jangan beli saham yang harganya Rp50. Hagra Rp50 biasanya adalah saham2 yang harganya turun karena kinerja jelek, DER-nya ratusan kali lipat, sehingga risiko likuidasi sangat besar. Jadi, sekarang saya ambil rentang harga saham 350 - 450 saja.. Banyak saham2 yang berada pada rentang harga sekian yang masih likuid. Sebut saja Pakuwon Jati (PWON).. SAya ambil rentang harga Rp 400 saja. Perhitungannya seperti ini 

1. Beli saham harga Rp400 per lembar saham
2. Anda beli 3 lot
3. Fee beli 0,17%
4. 1 lot = 100 lembar

Perhitungannya: 3 x 100 x 400 = Rp 120.000 
Plus fee beli = 0,17% x 120.000 = 204
Total dana = 120.204.

So, tidak butuh dana besar untuk investasi atau trading... Terutama kalau Anda adalah seorang trader dan modal kecil belajarlah analisis teknikal, karena untuk membeli saham2 yang pergerakannya agak cepat dengan harga Rp500- an, maka dibutuhkan momen yang tepat.

Jika Anda membuka akun di kantor sekuritas, memang ada minimal dana yang harus disetor. Dulu banyak kantor sekuritas yang mengharuskan untuk menyetor minimal sebesar RP5.000.000 bahkan sampai Rp10.000.000. Akan tetapi, dalam perkembangannya, khususnya ada program dari Bursa Efek Idnonesia yang bertemakan menarik 1 juta investor dalam rangka untuk meningkatkan partisipasi investor domestik, maka banyak kantor sekuritas yang berlomba-lomba untuk menurunkan dana minimal penyetoran. Ada yang hanya Rp100.000 ada yang hanya Rp500.000.

Kalau dana untuk trading cuma Rp200.00 ya percuma Pak, untungnya paling2 berapa? Benar, dengan modal yang sangat kecil, memang return yang Anda terima nggak akan bisa gede, kecil sekali. Lalu apa yang bisa saya lakukan dengan dana sekian? Sekali lagi saya tekankan, dana kecil lebih baik Anda gunaka untuk trading saham, bukan investasi tentunya. Kalau investasi dengan dana cuma Rp200.000 nanggung sekali. Dengan dana sekian, lebih baik diputar terus, yaitu dengan cara trading saham.

Ada baiknya dengan dana sekecil itu, Anda gunakan untuk pembelajaran, sambil sedikit2 memperoleh cuan. Pembelajaran apa? Pembelajaran untuk mengamati kondisi pasar, analisis teknikal dan memprediksi pergerakan pasar. Tentunya, yang terpenting Anda harus punya bekal pengetahuan jika ingin terjun di pasar modal. Strategi apa yang cocok untuk Anda jika Anda memasukkan dana minimal (Rp200.000). Srategi yang cocok sebenarnya adalah day trader, yaitu trader yang sering2 memantau pasar, pergerakan harga saham dan yang sering melakukan jual-beli saham dalam jangka waktu yang sangat pendek, bahkan harian. Akan tetapi dilakukan sesering mungkin.

Karena, dengan modal sekian, tentu tidak cocok untuk Anda tanamkan untuk jangka panjang. Dana lebih baik diputar untuk memperoleh keuntungan. Dan sekali lagi, untuk mempelajari kondisi market. Untuk mempelajari kondisi market, tentunya Anda harus banyak memantau pergerakan pasar. 

Salam Belajar Saham

8 komentar:

  1. Artikelnya sangat memberikan pelajaran dasar tentang trading saham saya ingin menanamkan 1juta rupiah modal awal untuk trading saham di BNI seccuritas apa bisa memperoleh keuntungan 30%/bulan???

    Kontak:08385508387

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Anda adalah pemula, saya katakan tidak mungkin bisa dapat untung 30% dalam 1 bulan... Kecuali Anda trader pro ada kemungkinan Anda bisa mendapatkan returm besar.. Namun Bagi trader2 pro, bisa untung 10% per bulan itu sudah sangat besar... Coba baca beberapa postingan saya:

      http://www.sahamgain.com/2016/02/pemula-jangan-berharap-terlalu-besar.html
      http://www.sahamgain.com/2015/11/pak-saya-ingin-trading-di-pasar-saham.html

      Delete
  2. Kalau saya pemula, benar2 pemula, punya modal Rp. 2,5jt mau saya diverifikasi ke 3 jenis saham, kira2 suggestion saham2 terbaik per periode 20 September 2016 yang bisa saya beli apa saja pak? Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saham2 yang harganya rendah dan sangat likuid antara lain: PWON, ASRI, ELSA, MLPL, KIJA, BKSL. Hari ini (20 sept 16) ada listing WSBP (Waskita Beton PRecast) di harga 490 per lembar, bisa coba masuk beberapa lot.

      Delete
  3. Maaf tnya klo ingin tau lbh bnyak ttg trading saham apa ada kursusnya? Trma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Yeni,

      Materi lengkap trading saham, saya menyediakan materi ebook lengkap 315 halaman plus free software demo dan konsultasi email 4 minggu. Linknya bisa dilihat disini:

      http://sahamgain.blogspot.co.id/p/ebook-pasar-modal.html

      Delete
  4. Klo uang 4 juta keuntungan per bulan brp persen pak.& dmn saja tmpatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasil keuntungan Tergantung trading anda

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.