Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

January 10, 2017

Tampilan Menu Saham Online - Part III

Baca juga part sebelumnya: Tampilan Menu Saham Online - Part II. Di tampilan menu saham online, anda juga bisa melihat saham2 apa saja yang bisa ditradingkan menggunakan dana margin. Berikut adalah contoh tampilan marginable stocks di salah satu software saham yang saya gunakan. 


Marginable Stocks. Software trading online juga menyediakan fasilitas margin trading. Anda bisa lihat penjelasannya disini: Margin Trading untuk Profit Lebih Besar. Baca juga: Force Sell di Pasar Saham. Ada beberapa saham yang bisa Anda tradingkan dengan dana margin. Lihat tampilannya diatas. 


Order List. Kalau Anda membeli maupun menjual saham, Anda bisa melihat order Anda melalui menu Order List. Menu ini digunakan untuk melihat order beli-jual saham yang Anda lakukan selama satu hari perdagangan.


Indikator. Kalau Anda ingin melakukan analisis teknikal, fasilitias online trading setiap perusahaan sekuritas, menyediakan chart untuk analisis teknikal. Tampilan chart pada software online trading adalah sebagai berikut (lihat gambar diatas). Fasilitias grafik analisis teknikal dari setiap perusahaan sekuritas berbeda-beda. Ada baiknya Anda membaca pos berikut: Tips-tips Memilih Perusahaan Sekuritas. 


Foreign/ Domestic Activity. Informasi lainnya yang penting untuk Anda ketahui dari software trading online adalah informasi mengenai foreign dan domestic activity. Foreign dan domestic activity digunakan untuk melihat banyaknya investor domestik dan asing yang melakukan pembelian dan penjualan pada satu hari perdagangan. Foreign/ domestic activity juga dapat mengindikasikan tinggi rendahnya aktivitas beli-jual saham oleh investor lokal dan asing. Jika foreign net atau domestic net menunjukkan angka negatif, artinya banyak aksi jual yang terjadi pada sesi tersebut ketimbang aksi beli.

Berita foreign/ domestic activity akan sering Anda jumpai apabila Anda membaca berita-berita pasar modal. Lalu, apa tujuan mengetahui aktivitas tersebut? Foreign/ domestic activity dapat dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui kondusif tidaknya pasar saham saat itu. Biasanya (meskipun tidak selalu), kalau banyak berita2 bagus yang dapat menaikkan kepercayaan investor terhadap pasar modal Indonesia, maka net buy (pembelian bersih) akan meningkat > net sell. Dan juga sebaliknya.


Market Indices. Market indices digunakan untuk melihat kenaikan atau penurunan saham berdasarkan pada indeks setiap sektor. Indeks2 tersebut sudah dikelompokkan menjadi Indeks LQ45, Indeks Harga Saham Gabungan (COMPOSITE), sektor barang konsumsi, indeks sektor properti, agrikultur, Jakarta Islamic Indeks, indeks papan utama dan papan pengembangan, pertambangan dan sebagainya. Market Indices dapat digunakan sebagai dasar keputusan investasi pada sektor tertentu yang mengalami kenaikan atau sektor yang memiliki volume dan value perdagangan yang tinggi.


Top Stcoks. Pada tampilan software saham online, Anda bisa melihat daftar saham2 yang menempati urutan kenaikan harga saham tertinggi berdasarkan persentase atau Top Gainers (lihat gambar diatas). Anda juga melihat Top Loosers, saham2 yang paling aktif diperdagangkan berdasarkan volume. Sedikit cara membaca informasi pada Top Stocks.

Last = Harga saham penutupan terakhir.
Change = perubahan dalam bentuk poin. Misalnya saham KIAS naik 14 poin.
%Change = Perubahan dalam bentuk persentase. Misalnya: Saham SIAP naik 6,12%.

Silahkan lanjut baca ke part IV untuk mengetahui lebih banyak mengenai tampilan menu saham online. Baca: Tampilan Menu Saham Online - Part IV.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.