Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

El Heze
Memilih perusahaan sekuritas yang bagus memang gampang-gampang susah. Kalau Anda ingin buka akun di kantor sekuritas saham, Anda harus memilih satu diantara ratusan perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang ingin buka akun rekening efek Supaya Anda bisa menyeleksi kantor sekuritas mana yang bagus, perhatikan tips2 dibawah ini.

1. Track Record

Hendaknya Anda harus mempertimbangkan track record perusahaan sekuritas. Track record dalam hal ini adalah bebas dari sanksi serta kejujuran dalam mengelola nasabah. Hal ini penting, jika perusahaan sekuritas banyak memiliki sanksi, maka dapat dikatakan perusahaan tersebut tidak bisa mengelola usaha bahkan nasabahnya. 

2. Setoran Awal

Bagi Anda yang merasa memiliki dana serba terbatas tapi ingin terjun ke dunia pasar modal, Anda harus menanyakan berapa setoran awal untuk membuka akun efek. Tahun 2015, Bursa Efek Indonesia mempermudah syarat setoran awal untuk nasabah dengan penyetoran awal minimal hanya Rp100.000, namun tidak semua kantor sekuritas. Anda harus melakukan cross-check.

3. Fee Transaksi

Pertimbangkan fee transaksi. Fee transaksi jangan sampai terlalu besar karena fee transaksi yang besar dapat mempengaruhi jumlah transaksi pembelian maupun penjualan Anda.  

4. Fasilitas Software

Fasilitas software kiranya harus memenuhi kebutuhan para nasabah. Data-data grafik secara real time, akses pialang online melalui software, menu untuk melihat pergerakan setiap sektor perusahaan, informasi laporan keuangan, informasi lokasi perusahaan. Jangan sampai Anda mendapatkan fasilitas software dengan data yang tidak real time setiap saat, sehingga menyesatkan analisis teknikal Anda.  

5. Fasilitas Online Trading

Pertimbangkan kantor sekuritas yang memiliki fasilitas online trading. Hal ini sangat berguna bagi Anda uang ingin trading sendiri.

6. Ketersediaan Rekomendasi Saham Harian

Khusus untuk Anda yang masih belum bisa menganalisis sendiri, jika Anda membutuhkan rekomendasi dari broker, maka pertimbangkan kantor sekuritas yang menyediakan rekomendasi tersebut.  

7. Jumlah Investor (nasabah)

Perlu kiranya diperhatikan berapa jumlah nasabah yang dimiliki kantor sekuritas. Nasabah yang terlalu banyak juga menunjukkan ketidak-efektifan. Mengelola nasabah telralu banyak dapat membuang terlalu banyak waktu dan menurunkan kualitas pelayanan. Pada akhirnya, berpengaruh pada profesionalisme. Sebaliknya, nasabah terlalu sedikit juga menunjukkan kantor sekuritas tersebut tidak profitable. Anda bisa membandingkan 2 / lebih kantor sekuritas untuk mengetahuinya.

8. Modal Perusahaan

Semakin besar modal, perusahaan menunjukkan bahwa semakin banyak transaksi jual-beli saham yang terjadi. Hal ini juga menunjukkan bahwa perusahaan sekuritas tersebut memang dipercaya nasabah.

9. "Punya Nama"

"Punya nama" artinya: kantor sekuritas tersebut sering dipercaya sebagai penjamin emisi efek, atau kantor sekuritas tersebut sering dijadikan rujukan untuk analisis di media masa online ekonomi, seperti Kontan, Bisnis Indonesia.

10. Pertimbangan Tambahan: Punya Prestasi

Anda bisa mempertimbangkan perusahaan yang punya prestasi, seperti peringkat terbaik kantor sekuritas yang mampu menyampaikan ketetapan waktu laporan keuangan, ketepatan disclosure, perusahaan yang punya laba, modal, aset terbanyak. Prestasi kantor sekuritas juga menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memang profitable, sehingga profesional dalam menjalankan bisnisnya. Anda bisa mencari peringkat2 untuk perusahaan terbaik di Majalah Investor, atau investar.idx.co.id atau bisa googling dengan mengetikkan kata kunci tertentu. 

Setiap kantor sekuritas pasti membuka cabang di berbagai kota. Kalau Anda ingin mengetahui alamat kantor sekuritas yang ingin Anda tuju di domisili, jangan tanya saya, karena saya bukan mesin pencari alamat. Silahkan googling, Anda pasti menemukan. Setiap kantor sekuritas juga memiliki website resmi, di mana di web mereka pasti akan dituliskan alamat cabang dan pusat dari kantor sekuritas mereka.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.