Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

January 10, 2017

Tampilan Menu Saham Online - Part IV

Baca juga part sebelumnya: Tampilan Menu Saham Online - Part III. Pada tampilan software saham di part IV ini, saya akan membahas mengenai running trade, deposit, withdraw, trading limit dan lain-lain. Pertama saya akan membahas mengenai tampilan running trade. Perhatikan tampilan running trade dibawah ini.  


Running Trade. Menu ini wajib diketahui oleh Anda yang murni serorang trader. Running trade menunjukkan saham2 yang sering diakumulasi / diperhatikan oleh para trader. Running trade selama jam perdagangan Bursa akan selalu bergerak. Semakin banyak saham tampil di running trade, menunjukkan saham tersebut semakin sering diperhatikan. 


Deposit dan Withdraw. Setiap kantor sekuritas pasti memiliki fasilitas menu Deposit dan Withdraw. Singkatnya, deposit = transfer dana (suntik modal) dari rekening Bank Anda kedalam akun rekening saham Anda, supaya Anda bisa melakukan beli-jual saham. Sedanfkan Withdraw dalam pasar saham, mengandung dua makna: pertama, yang artinya membatalkan order transaksi Anda yang belum match. Kedua: menarik dana. Pada tampilan diatas, withdraw yang saya maksud adalah menarik dana, dari software online trading (RDI) ke rekening ATM Anda. Untuk ilustrasinya, silahkan lihat: Rekening Dana Investor dan Manfaatnya.


Client Profile. Jika Anda ingin melihat informasi2 pribadi mengenai diri Anda (personal information), seperti: nomor login Anda, ID Number, alamat Anda, nomor telepon sesuai dengan data di KTP Anda. Anda juga bisa melihat account information, seperti: Bank, RDI dan lain-lain, ANda bisa melihatnya melalui menu Client Profile yang disediakan oleh setiap kantor sekuritas. Jadi, kalau Anda ingin setor dana, tapi Anda lupa nomor Rekening Dana Investor (RDI) Anda, Anda bisa mengecek  melalui Client Profile. Jika Anda belum tahu apa itu RDI, silahkan baca: Rekening Dana Investor dan Manfaatnya.


Account Summary. Anda juga diberikan menu Account Summary. "Bentuknya" seperti pada gambar diatas. Tujuan account summary adalah memantau posisi modal  Anda. Beberapa menu penting dalam account summary yang perlu Anda ketahui adalah:

Opening Balance: Menunjukkan posisi cash Anda yang bisa Anda tradingkan.

Today Deposit: Jika Anda deposit, misalnya Anda deposit Rp1.000.000, maka uang 1 juta tersebut tidak akan langsung masuk opening balance, namun masuk ke today deposit. T+3 (3 hari kemudian), uang 1 juta yang Anda depositkan, baru akan masuk ke opening balance. Demikian juga dengan today withdraw. Untuk melihat mekanisme transaksi, silahkan buka: Pasar Reguler, Pasar Tunai dan Pasar Negosiasi (belum terbit... coming soon). 

Equity Trading Limit: Batas maksimal modal yang bisa Anda tradingkan. Misalnya Anda memiliki modal total di opening balance sebesar Rp20.000.000. Anda bisa trading lebih dari itu. Anda bisa trading sampai 30 juta, tergantung dari fasilitas trading limit dari setiap kantor sekuritas. Namun "tambahan" modal 10 juta adalah dana pinjaman (dana margin) dari sekuritas, bukan dana Anda sendiri. Istilah kerennya adalah ngutang. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: Dana Margin untuk Profit Lebih Besar. 

Current Balance: Jumlah seluruh dana yang Anda miliki. Termasuk jumlah deposit yang belum masuk ke opening balance, saham yang Anda jual, tetapi uang penjualan saham belum berpindah tangan ke opening balance Anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.