Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham TLKM Menutup Area Gap Down, Waspadai Koreksi Pendek

Setelah saham TLKM berhasil keluar dari zona sideways sejak harganya berada di kisaran 3.800-3.900 selama jangka waktu 2 bulan. Pada tanggal 10 November 2016 dan 11 November 2016, TLKM terjadi gap down di rentang harga 4.060- 4.120. Untuk lebih jelasnya perhatikan grafik TLKM dibawah ini.


Gap down TLKM ini lama sekali tidak tertutup (Perhatikan tanda lingkaran). Namun pada perdagangan 14 Maret 2017, akhirnya gap TLKM selama 4 bulan tertutup. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa TLKM sudah berhasil keluar dari tren konsolidasinya. Baca juga: Istilah Konsolidasi di Pasar Modal.  

TLKM hari ini menyentuh harga high 4.070. Ini artinya gap down TLKM yang terjadi di Bulan November 2016 sudah tertutup. Pada umumnya, ketika saham tertentu menutup gapnya, harga sahamnya akan kembali koreksi setelah gap tertutup lagi.

Hal ini dikarenakan kenaikan harga saham semata-mata hanya ditujukan untuk menutup gapnya terlebih dahulu. Untuk saham TLKM, jangan mudah terjebak dengan langsung beli dalam jumlah besar. TLKM bisa coba beli dalam jumlah lot kecil atau buy on weakness jika koreksi lagi ke support 3.900 atau support kuat 3.850. 

Saham2 blue chip seperti TLKM memang saat ini masih dalam masa2 konsolidasi walaupun beberapa saham (termasuk TLKM) sudah mulai menunjukkan tanda2 rebound. Namun untuk TLKM, karena TLKM naik dan telah menutup gapnya terlebih dahulu, maka ada kemungkinan TLKM koreksi sesaat. Baca juga: Gap Down Pada Saham INCO Sudah Tertutup.

Bagi anda yang ingin belajar saham dan trading, serta mendapatkan strategi2 trading dari saya, anda bisa mendapatkan ebook dan free software demo trading disini: Buku Saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.