Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Gap Down Saham INCO Sudah Tertutup

Saham INCO tampak mementuk gap down yang dikarenakan adanya penurunan harga saham drastis secara tiba2 pada tanggal 13 Januari. Sehingga, penurunan harga saham secara mendadak ini meninggalkan gap down di antara tanggal 12 Januari dan 13 Januari. Perhatikan grafik INCO dibawah ini.  



Gap down terjadi di rentang harga 2.810-2.920. Perhatikan pada grafik, setelah terjadi gap down, INCO mengalami penurunan selama satu minggu dan sempat mengalami konsolidasi setelah berada dalam tren turun. Ketika saham INCO mulai rebound perlahan, INCO terlihat langsung menutup gapnya dengan cepat. 


Seperti yang pernah saya sarankan sebelumnya pada rekan2 yang ambil saham INCO di harga bawah, saya menyarankan untuk take profit di area gap tersebut. Gap up maupun gap down dalam saham (terutama jika yang terjadi adalah common gap), biasanya akan dengan cepat tertutup. 

Kalau anda perhatikan grafik diatas, gap down INCO tertutup dalam jangka waktu 14 hari atau jangka waktu 3 minggu. Berapa hari idealnya gap down akan tertutup? Well, tidak ada patokan waktu yang pasti. Gap bisa tertutup dalam jangka waktu sehari saja, atau bisa tertutup dalam jangka waktu sebulan lebih. 

Namun, pada umumnya gap memang akan tertutup karena gap ibarat "utang yang harus dibayar". Anda bisa baca lagi pos2 tentang gap disini: Pola Gap Down pada Saham BBRIPola Gap Down pada Saham BBCAPola Gap Down pada Saham BBTN. Pola Gap Down pada Saham BBNI.

Biasanya, setelah saham menutup lagi gap down-nya, harga saham pada umumnya  akan turun / koreksi lagi. Perhtikan saham INCO diatas, setelah menutup gap down, INCO langsung terkoreksi lagi (perhatikan tanda persegi). Analisis gap ini cukup akurat dalam trading. Jadi, jika anda menemukan common gap, anda bisa menjadikannya sebagai garis support dan resisten. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.