Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Istilah Konsolidasi di Pasar Modal?

El Heze
Istilah konsolidasi sering kita dengar dalam pasar modal. Terutama di berita-berita media masa online pasar modal. Seperti contohnya: Hari ini IHSG akan memasuki fase konsolidasi. Ini contoh berita yang saya kutip dari koran Kontan online 19 Oktober 2015 (web: www.investasi.kontan.co.id).



Masih banyak yang belum paham tentang istilah ini tersebut. Oke, saya akan jelaskan apa itu fase konsolidasi. Konsolidasi dapat diartikan sebagai arah pencarian pergerakan harga baru. Biasanya setelah tren naik / turun secara berkelanjutan, kemudian ada indikasi bahwa tren tersebut akan berakhir dan mencari arah tren yang baru, maka itulah yang dinamakan dengan konsolidasi. Konsolidasi juga bisa seperti ini: biasanya setelah harga saham turun atau naik, kemudian grafik harga (tren) mendatar (sideways). Itu juga bisa disebut sebagai konsolidasi.

Sideways dikatakan konsolidasi dengan syarat saham tersebut harus memiliki pola sebelumnya. Pola sebelumnya bisa berupa pola uptrend atau pola downtrend. Kalau harga saham tersebut memang secara tren beberapa tahun sudah sideways, kemudian hari ini juga sideways, maka Anda tidak bisa bilang saham tersebut berada dalam fase konsolidasi. Kalau suatu saham sebelumnya turun tajam, kemudian 4 hari terakhir tiba2 harga sahamnya sideways, itulah yang dinamakan dengan konsolidasi (proses mencari arah pergerakan harga yang baru).

Apa yang harus saya lakukan kalau harga saham sideways? Keputusan yang tepat adalah wait and see. Kalau harga saham konsolidasi, berarti sesungguhnya Anda masih belum tahu bagaimana pergerakan harga saham selanjutnya. Misalnya, harga saham turun tajam, kemudian seminggu terakhir sideways. Pertanyaan yang muncul adalah:

"Apakah setelah ini harga sahamnya akan diangkat lagi?"
"Atau jangan2 dia menguji support yang baru, alias harganya akan turun lagi. Tren sideways hanya digunakan sebagai pemanasan oleh pasar untuk menurunkan harga saham lebih dalam lagi"?

Itulah yang dapat saya jelaskan mengenai istilah konsolidasi dalam pasar modal. Semoga bermanfaat.... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.