Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Bandarmologi: Ilmu Bandarmologi Saham

Bandarmologi merupakan salah satu analisa saham yang sering dijadikan acuan trader untuk  mengambil keputusan trading. Selama ini, dalam analisa saham kita mengenal analisis teknikal dan fundamental. 

 

Namun saat ini, bandarmologi mulai banyak digunakan oleh trader sebagai analisa saham, sehingga bandarmologi bisa menjadi pelengkap analisa teknikal maupun fundamental.

Cukup banyak trader pemula yang ingin memahami dan mendalami ilmu bandarmologi. Pada pos ini, kita akan membahas tentang seluk beluk ilmu bandarmologi saham, dan hal-hal yang perlu anda pelajari dalam bandarmologi. 

BANDARMOLOGI SAHAM

Bandarmologi saham adalah analisa saham yang dilakukan dengan cara melihat gerak-gerik bandar saham aliasi big player di Bursa. Yang disebut dengan bandar atau big player atau market maker adalah para trader yang memiliki modal besar. 

Dengan modal besar, bandar memiliki kemampuan untuk menjadi market maker di saham-saham tersebut. Dengan dana yang besar, bekerja dalam tim dan memiliki kemampuan trading yang lebih baik, para bandar bisa menggerakkan saham-saham tertentu. 

Inilah mengapa banyak orang yang ingin mempelajari bandarmologi, karena banyak trader berpikir: 

"Kalau saya bisa mengikuti pergerakan para big player di Bursa, ketika big player beli, saya ikut beli, dan ketika big player jual saham, saya ikut jualan, maka saya pasti bisa untung terus di market."

MENGENAL BANDAR SAHAM 

Untuk mempelajari bandarmologi, anda harus mengerti terlebih dahulu siapa yang disebut dengan bandar. Bandar saham merupakan sekelompok orang, perusahaan atau institusi yang memiliki modal besar, sehingga bisa menggerakkan saham-saham tertentu. 

Bandar saham bisa dibagi menjadi: Bandar kecil (Beberapa kelompok orang) dan bandar besar, yaitu bandar yang terdiri dari perusahaan atau institusi. Bandar besar tentu memiliki kekuatan modal yang jauh lebih kuat dibandingkan bandar kecil.

Bandar besar atau bandar perusahaan adalah bandar perusahaan sekuritas dan institusi lain diluar sekuritas seperti perusahaan reksadana, perusahaan asuransi, perusahaan investasi yang berperan dalam melakukan akumulasi dan distribusi pada suatu saham. 

Di web Saham Gain, kita sudah pernah membahas secara detail dengan klasifikasi bandar saham yang anda di Indonesia. Anda bisa baca-baca lagi pada pos berikut: Bandar Saham: Bandar Saham Indonesia. 

Perbedaan bandar saham dengan kita sebagai trader ritel (perorangan) adalah: Bandar saham memiliki modal yang jauh lebih besar daripada trader ritel. Kedua, bandar saham bekerja dalam tim. Bandar saham memiliki koneksi, pengetahuan, kesabaran yang lebih luas daripada trader ritel. 

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, bandar saham memiliki kemampuan untuk menjadi market maker di saham-saham tertentu. 

AKUMULASI & DISTRIBUSI DALAM BANDARMOLOGI

Dalam ilmu bandarmologi, kita mengenal istilah akumulasi dan distribusi. Berikut perbedaan keduanya: 
  • Akumulasi: Tindakan bandar membeli / mengumpulkan saham. 
  • Distribusi: Aktivitas bandar menjual / "membuang" saham 
Ketika bandar banyak melakukan akumulasi atau membeli saham, biasanya harga saham akan dinaikkan. Sebaliknya, pada saat banyak distribusi, berarti harga saham akan diturunkan oleh bandar. 

Bisa jadi tujuan bandar melakukan distribusi adalah supaya bisa beli / akumulasi lagi di harga bawah, atau "meninggalkan" saham tersebut setelah harganya turun. 

Oleh karena itu, dalam analisa bandarmologi, trader kerap kali mengikuti pergerakan akumulasi dan distribusi yang dilakukan bandar. Pada saat saham tertentu sedang banyak diakumulasi, trader akan ikut membeli. 

Pada saat saham sedang didistribusi, trader akan menjual saham tersebut dan buat yang belum punya sahamnya, trader akan wait and see. Itulah seni dalam analisa bandarmologi, yaitu mengikuti gerak-gerik bandar di market.  

ANALISA BANDARMOLOGI SAHAM - BROKER SUMMARY 

Bandar saham yang memiliki modal paling besar adalah bandar saham perusahaan / broker sekuritas (Baik broker lokal maupun asing). Baca juga: Daftar Kode Broker Saham Asing. 

Oleh karena itu, ketika kita bicara tentang bandarmologi, yang dimaksud bandar biasanya mengacu pada perusahaan sekuritas tertentu yang sedang membeli dan menjual saham. 

Cara melihat pergerakan bandar yang sedang akumulasi dan distribusi, bisa dilakukan dengan melihat menu BROKER SUMMARY

Broker summary bisa anda akses pada menu software online trading masing-masing. Setiap perusahaan sekuritas tempat anda mendaftarkan akun saham, pasti menyediakan fasilitas software online trading yang memuat menu broker summary buat analisa bandarmologi. 

Jadi anda tidak memerlukan software atau tool-tool berbayara khusus untuk melakukan analisis bandarmologi. Cukup dengan broker summary gratis, anda sudah bisa menganalisis gerak-gerik bandar di market. Berikut contoh tampilan broker summary saham: 

Bandarmologi saham - Broker summary

Broker summary merupakan ringkasan aktivitas akumulasi dan distribusi yang saham tertentu yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas. Dari broker summary, anda bisa melihat siapa saja bandar saham (sekuritas) yang sedang membeli dan menjual saham. 

Anda bisa melihat pada harga rata-rata berapa bandar saham membeli dan menjual. Berapa banyak akumulasi dan distribusi yang dilakukan. Anda bisa mengetahui beberapa top buyer dan top seller saham-saham tertentu. 

Beberapa analisa dan cara membaca broker summary saham, bisa anda pelajari pada pos-pos berikut: 
Kalau anda ingin melakukan analisa bandarmologi, fokuskan analisa anda pada cara-cara membaca broker summary. Anda tidak perlu membeli software-software khusus atau tool2 bandarmologi. 

POIN-POIN PENTING ANALISIS BANDARMOLOGI 

Kesimpulannya, buat anda yang ingin belajar analisa bandarmologi, berikut beberapa poin penting yang harus anda pahami mengenai bandarmologi: 
  • Memahami bandar saham
  • Memahami cara membaca dan analisa broker summary 
  • Analisis teknikal 
Analisis teknikal berfungsi untuk melihat momentum trading. Karena bagaimanapun juga, analisa bandarmologi bukanlah analisa yang bisa berdiri sendiri. Analisa bandarmologi "hanya" memberikan informasi mengenai siapa yang sedang membeli dan menjual saham.

Tetapi sinyal saham, sinyal trading, momentum, pattern dan psikologis market hanya bisa dilihat melalui analisa chart-nya. Itulah mengapa bandarmologi dan analisa teknikal harus dikombinasikan.  

BANDARMOLOGI BUKANLAH HOLY GRAIL

Bandarmologi juga bukan merupakan analisa holy grail alias analisa yang sempurna. Di market tidak ada analisa / sistem trading sempurna. Analisa bandarmologi juga bisa meleset. Maka dari itu, seperti yang kita ulas diatas tadi, untuk meminimalkan risiko, anda perlu mengekombinasikan analisa bandarmologi dengan analisa teknikal.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.