Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Sido Muncul untuk Jangka Panjang

Saham-saham defensif yang brand image-nya ternama dan memiliki ketahanan produk jangka panjang, seringkali direkomendasikan untuk jadi sarana investasi. 

 


Contoh saham-saham defensif bisa kita lihat pada sektor consumer goods. Perusahaan-perusahaan yang memproduksi makanan & minuman, produk-produknya selalu dibutuhkan masyarakat dalam keadaan apapun, sehingga harga sahamnya juga memiliki ketahanan jangka panjang. 

Di sektor consumer goods, saham Sido Muncul merupakan salah satu saham yang memiliki kinerja fundamental mapan, brand image bagus serta rajin membagikan dividen. 

Saya beberapa kali menerima pertanyaan dari rekan-rekan investor pemula yang ingin investasi di saham Sido Muncul. Seringkali investor pemula dengan profil risiko risk averter (menyukai risiko rendah), mencari saham2 defensif seperti Sido Muncul. 

Di edukasi-edukasi saham, anda mungkin juga sering mendengar saran untuk investasi di saham2 defensif seperti Sido Muncul, karena pertimbangan kinerja fundamentalnya yang mapan. 

Buat anda yang ingin investasi long term di saham Sido Muncul, ada baiknya anda memperhatikan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan saham Sido Muncul untuk jangka panjang, karena bagaimanapun juga, semua saham ada sisi kelebihan dan kekurangannya masing-masing buat investor. 

KELEBIHAN SAHAM SIDO MUNCUL BUAT JANGKA PANJANG 

1. Harga sahamnya relatif stabil 

Kalau anda perhatikan grafik saham SIDO dalam jangka panjang, pergerakan sahamnya sangat stabil. Saham SIDO jarang mengalami volatilitas yang tinggi.

Saham Sido Muncul

Diatas adalah chart SIDO selama 5 tahun. Dalam 5 tahun, harga saham SIDO "hanya" naik dari Rp300 ke Rp800. Dibandingkan saham-saham growth stock, kenaikan harga saham selama 5 tahun ini tentu sangat sedikit. 

Tapi saham SIDO hampir nggak pernah mengalami penurunan yang sangat drastis. Pergerakan fluktuatifnya cenderung lambat dan cukup stabil dalam jangka panjang.  

Sehingga buat anda tipikal investor risk averter, saham SIDO adalah saham yang bagus untuk disimpan dalam jangka waktu yang cukup panjang (diatas 3 tahun), karena volatilitas harga sahamnya stabil, sehingga hal ini meminimalkan risiko turunnya harga saham secara drastis, yang mengakibatkan nilai portofolio investasi anda berkurang. 

2. Rajin membagikan dividen, dan yield cukup stabil 

SIDO selalu membagikan dividen setiap tahun (rutin). Selain itu, dividend yield SIDO juga cukup tinggi, di mana dividen yield-nya setiap tahun selalu diatas 3,5%. Yap, jadi SIDO bisa digunakan untuk sarana mendapatkan passive income di market. 

Kalau anda mengincar perusahaan dengan fundamental baik, harga sahamnya relatif stabil jangka panjang dan juga rajin bagi dividen buat passive income, maka saham SIDO bisa menjadi pilihan buat anda. 

Di sektor consumer goods, saham SIDO termasuk saham dengan pergerakan stabil dibandingkan market leadernya seperti INDF dan ICBP yang volatilitasnya lebih tinggi di market. 

3. Kinerja fundamental yang mapan, serta DER yang kecil 

Dari sisi kinerja, SIDO cukup mapan dan stabil. SIDO memiliki ROE yang besar sekitar 36%, serta Debt to Equity Ratio (DER)-nya cuma sebesar 36%. 

Kinerja Sido Muncul

Hal ini menunjukkan bahwa SIDO memiliki profitabilitas yang bagus, didukung dengan tingkat utang yang sangat rendah, sehingga risiko gagal bayar juga kecil. Saham2 defensif seperti ini biasanya lebih tahan dalam jangka panjang. 

Jadi buat anda yang ingin invesatasi dengan tujuan-tujuan: 
  • Dapat passive income 
  • Meminimalkan volatilitas harga saham jangka panjang 
  • Investasi di perusahaan yang lebih pasti fundamentalnya
  • Tabungan & biaya di masa depan (Dana pensiun, menyekolahkan anak dan lain2)
Maka saham-saham defensif seperti SIDO bagus buat disimpan jangka panjang. 

KEKURANGAN SAHAM SIDO MUNCUL BUAT JANGKA PANJANG 

1. Kurang cocok untuk growth stock seeker dan jangka menengah 

Karena pergerakannya stabil, saham SIDO kurang cocok untuk anda yang ingin mencari saham-saham multi bagger, di mana sahamnya punya peluang naik cepat dalam beberapa bulan sampai satu tahun. 

Kalau anda ingin mencari saham-saham yang pergerakannya bisa naik lebih cepat buat investasi, jangan menyimpan saham SIDO. Pilihlah saham2 growth stock, atau saham dengan kinerja fundamental bagus yang valuasinya masih sangat murah, sehingga peluang naik lebih cepat dalam jangka menengah.  

2. Pergerakannya cukup lambat dalam jangka panjang 

Jika anda investasi di saham SIDO buat jangka panjang, hendaknya anda tidak terlalu mengharapkan return yang sangat tinggi untuk jangka panjang, karena pergerakan saham SIDO cukup lambat. 

Keuntungan utama investasi di saham SIDO sebenarnya adalah rasa aman untuk investor (meminimalkan kejatuhan portofolio), dan untuk mendapatkan passive income secara rutin tiap tahun.

Buat anda yang ingin investasi saham dengan tujuan-tujuan: 
  • Dapat profit multibagger dari saham 
  • Mendapatkan profit besar untuk jangka menengah - 1 tahun
  • Investasi dengan jangka waktu tidak terlalu panjang 
Maka saham Sido Muncul kurang cocok untuk tujuan-tujuan tersebut. Saham Sido Muncul merupakan saham defensif yang lebih cocok untuk passive income dan memaksimalkan rasa aman berinvestasi di market. 

Kesimpulannya, walaupun secara fundamental dan brand image, saham Sido Muncul tidak diragukan lagi, tetapi bukan berarti saham SIDO pasti 100% bagus buat disimpan jangka menengah - panjang. 

Karena ada kelebihan dan kekurangan dan saham SIDO buat investor. Tipsnya, sebelum investasi, anda harus pahami dulu apa tujuan investasi anda: Apakah untuk menyimpan saham dalam jangka waktu sangat panjang, atau buat mendapat profit dari kenaikan harga saham jangka menengah sampai 1 tahun saja? 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.