Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Profit Trading Cepat Tanpa Analisa

Sesuai namanya, trading  cepat adalah trading saham yang dilakukan dengan cara membeli dan menjual saham dalam waktu yang relatif singkat. Jadi, sebagai trader anda harus bisa keputusan memilih saham, dan melakukan eksekusi (beli jual saham) secara cepat dan akurat. 


Karena anda harus bisa berpikir secara cepat, maka kebanyakan trader saham yang ingin mengaplikasikan trading cepat beranggapan bahwa trading cepat tidak membutuhkan terlalu banyak analisa, terutama analisa teknikal, karena dengan menganalisa chart dan lain-lain, kita akan berpotensi untuk ketinggalan momentum trading yang bagus.   

Sebagai tambahan, trading cepat saham itu bisa dibedakan menjadi dua strategi trading yaitu: SCALPING TRADING (trading menitan) dan INTRADAY TRADING (trading harian). 

Di web Saham Gain, saya juga sudah membahas strategi-strategi dan cara praktik memilih saham untuk trading cepat. Anda bisa pelajari disini:  

Full praktik scalping trading: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping 
Full praktik intraday trading: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.  

Anda bisa pelajari juga contoh-contoh cara melakukan intraday trading (trading harian) saham disini: Contoh Trading Harian Saham.

Beberapa kali saya pernah mendapatkan pertanyaan dari trader yang intinya pertanyaannya berkaitan dengan analisa untuk trading cepat:  

"Pak Heze, kalau trading cepat apa kita cukup hanya melihat arus dana masuk keluar saham yang dilakukan oleh bandar? Pergerakan bandar kan cepat, sehingga kalau kita ikut bandar, kita bisa profit harian bahkan menitan"

Melihat pergerakan bandar adalah salah satu analisa. Tapi hanya melihat itu saja masih sangat kurang. Dalam trading cepat, anda butuh informasi2 analisa yang lebih akurat. 

Dalam trading cepat, mayoritas trader kebanyakan mengandalkan 'arah angin' di pasar saham, mengandalkan net buy dan net sell asing. Bahkan tidak sedikit trader yang sama sekali tidak menganalisa terlebih dahulu saat trading cepat. Trader hanya menelan mentah-mentah rekomendasi-rekomendasi berbayar yang disajikan. 

Sehingga, trading cepat ini seringkali dipersepsikan sebagai gambling alias judi. Padahal, semua strategi trading membutuhkan analisa-analisa yang benar dan pertimbangan yang matang sebelum anda memilih saham. 

Jangan salah beranggapan bahwa trading cepat itu tidak membutuhkan analisa, atau hanya melihat pergerakan saham secara sekilas. Beberapa analisa penting untuk trading cepat adalah: 

1. Analisis teknikal

Analisa teknikal sangat bermanfaat untuk trader harian dalam menyeleksi saham-saham apa saja yang pergerakannya bagus untuk trading cepat, serta mengetahui titik-titik harga acuan untuk trading cepat. 

Analisis teknikal henkdanya menjadi acuan utama anda sebelum anda berhadapan dengan market real time, dengan analisa teknikal, anda bisa memiliki garis besar gambaran saham yang potensial. Pelajari juga: Analisis Teknikal untuk Trading Harian.  

2. Analisis tape reading 

Karena fokus kita adalah trading cepat, maka analisa teknikal ada baiknya dikombinasikan juga dengan analisa TAPE READING. Tape reading merupakan analisa dengan melihat kekuatan permintan dan penawaran jual selama jam trading. Tape reading adalah analisa bid offer.  

Dengan mengetahui analisa bid offer, anda bisa melihat kecenderungan bullish dan bearish-nya suatu saham dalam jangka pendek, khususnya harian. 

Kombinasi analisa teknikal dan tape reading akan lebih bagus untuk meningkatkan kualitas trading cepat, sehingga anda tidak hanya membeli saham berdasarkan feeling atau "arah angin" di market. Tetapi, anda bisa mempertimbangkan untuk trading di saham2 yang fluktuatif dan kualitasnya bagus. 

Tape reading mungkin tidak terlalu bermanfaat untuk swing trading atau untuk trading bulanan. Namun tape reading perlu anda pelajari untuk trading cepat, karena analisa bid offer merupakan analisa pergerakan saham secara real time.   

Analisa tape reading pernah saya bahas juga di web Saham Gain. Anda bisa pelajari disini tulisan saya (3 part) berikut: 


3. Analisa market

Trading cepat, khususnya intraday trading membutuhkan analisa market, yaitu melihat kecenderungan pergerakan market saat itu, karena pada intraday trading anda harus memilih saham yang pergerakannya likuid yang mudah naik dalam waktu 1-3 hari. 

Saham-saham likuid biasanya memiliki pergerakan yang searah dengan IHSG, sehingga ketika kondisi IHSG sedang jelek, anda harus pertimbangkan untuk mengatur trading plan anda, jangan asal membeli saham dalam jumlah banyak hanya karena ingin untung cepat.    

Sedangkan scalping trading (trading menitan) tidak terlalu membutuhkan analisa market. Hal ini karena fokus utama scalping trading adalah memilih saham-saham gorengan yang bisa naik cepat dalam hitungan menit. 

Saham-saham gorengan seringkali pergerakannya tidak mengikuti pergerakan IHSG. Untuk scalping trading, yang perlu anda analisa adalah analisa teknikal (poin 1) dan analisa tape reading (poin 2).  

4. Pertimbangan-pertimbangan lain

Analisa-analisa lain yaitu manajemen modal, alokasi portofolio saham, menyusun trading plan, memperhatikan kondisi psikologis anda saat itu (kalau anda sedang tidak tenang, bad mood sebaiknya jangan trading) juga tidak kalah pentingnya. 

Ingat bahwa trading cepat itu berarti anda mengincar profit dalam waktu yang relatif singkat. Mendapat profit di saham dalam waktu singkat juga ada risikonya, yaitu trader berpotensi untuk menjadi rakus (greed) dan ketagihan trading. 

Hal-hal ini bisa anda minimalkan apabila anda memiliki psikologis dan mindset trading yang baik, manajemen modal dan portofolio yang benar. 

Inti trading cepat bukan hanya beli jual saham setiap hari, untung setiap saat. NO! Trading cepat adalah seni menganalisa market untuk mendapatkan profit dengan cara yang benar.

Kesimpulannya, trading cepat tidak bisa dilakukan tanpa dasar analisa. Paling tidak, ada keempat analisa diatas yang sudah kita bahas, yang perlu anda terapkan. Sehingga, trading cepat anda bisa membuahkan profit yang maksimal, dan lebih penting lagi, anda bisa profit konsisten, dan tidak grusa-grusu dalam mengambil keputusan.    

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.