Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Investasi / Menabung Saham Unilever

El Heze
Sebagai trader / investor saham, anda semua pasti tidak asing dengan saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). UNVR adalah salah satu sahan blue chip di Bursa Efek yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar. 


UNVR juga memiliki kinerja keuangan yang mapan dan produk-produk yang dibutuhkan seluruh masyarakat Indonesia, serta produk2nya tersedia sampai ke pelosok Indonesia. Itulah mengapa saham UNVR sering menjadi incaran para trader saham, maupun investor sehingga harga sahamnya cenderung naik dalam jangka panjang.  

Mengingat banyaknya rekan investor yang ingin mulai menabung saham, saham UNVR ini menjadi opsi rekan-rekan yang ingin investasi. Saya sering mendapat pertanyaan: "Pak bagaimana cara investasi di saham Unilever?" "Pak bagaimana cara menabung saham Unilever?"    

Sebelum saya membahas lebih jauh, kalau anda ingin beli saham UNVR namun anda masih belum memiliki rekening online trading, maka anda harus membuka akun saham terlebih dahulu di kantor sekuritas atau membuka akun saham secara online. 

Untuk panduan dan langkah2 membuka rekening saham secara online atau datang langsung ke sekuritas, bisa anda download dan pelajari pada free ebook (33 halaman) yang pernah saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Kalau anda sudah memiliki akun online trading, sekarang anda sudah bisa membeli saham UNVR. Cara membeli saham UNVR tidak saya jelaskan disini karena sudah saya jelaskan di pos yang pernah kita bahas sebelumnya. Anda bisa baca disini: Panduan Cara Membeli Saham Unilever. 

Jika anda ingin investasi saham UNVR, perhatikan poin-poin berikut: 

1. Harga saham UNVR 

Harga saham UNVR cenderung tinggi, karena banyak trader dan investor yang membeli saham ini, sehingga dalam jangka panjang harganya naik. Namun, UNVR juga melakukan stock split beberapa kali, sehingga harganya jadi jauh lebih terjangkau.

Anda bisa baca-baca lagi tulisan saya disini: Analisis Saham: Saham Unilever (UNVR) Stock Split dan Saham Unilever Setelah Stock Split. Sebagai contoh, pada akhir 2019 UNVR melakukan stock split dengan rasio 1:5, sehingga harga saham UNVR yang sebelumnya Rp42.000 menjadi ada di kisaran 8.400-an. Tentu harga saham UNVR ini akan jauh lebih mudah anda beli jika harga sahamnya sedang stock split atau sudah turun banyak (diskon)

Jadi kalau anda berniat investasi di saham UNVR yang harga sahamnya cenderung tinggi, cek harga terakhir sahamnya dan sesuaikan dengan modal anda. Kalau modal anda belum mencukupi untuk membeli UNVR, sebaiknya anda menunggu beberapa waktu lagi saat modal anda sudah bertambah.  

2. Analisis fundamental untuk investasi saham Unilever

Saham yang kinerjanya bagus, bukan berarti sahamnya tidak bisa turun. Demikian juga dengan saham UNVR. Walaupun kinerjanya cemerlang, mapan di sektor industrinya, merupakan company leader, namun UNVR pun tidak kebal koreksi. 

UNVR sudah beberapa kali mengalami koreksi2 harga saham yang signifikan, yaitu saat pasar saham bearish (seperti tahun 2008, 2015 & 2020), atau saat UNVR sudah overvalue diikuti dengan IHSG yang banyak sentimen negatif. 

Saham UNVR
Diatas itu adalah contoh penurunan tajam harga saham UNVR selama beberapa bulan. Aritnya, kalau anda ingin investasi saham Unilever, anda harus tetap menggunakan analisa fundamental yang benar dan pertimbangan yang matang.

Jangan karena "label" perusahaannya bagus, anda langsung membeli banyak saham UNVR tanpa melihat kondisi market dan analisis-analisis fundamental yang tepat. Tujuannya, agar anda bisa membeli saham UNVR di harga yang bagus, sehingga dalam jangka panjang, anda lebih mudah mendapatkan untung besar, karena anda sudah membeli di harga yang benar. 

Analisis fundamental yang perlu anda cermati jika ingin membeli saham UNVR adalah analisis valuasi saham UNVR untuk melihat apakah UNVR sedang berada di harga diskon atau belum, kinerja keuangan komprehensif, serta kondisi tren market. 

Sebagai praktik analisis fundamental, anda bisa mempelajari praktik2 analisis fundamental untuk membaca saham2 yang layak investasi, dan analisa untuk membeli saham (investasi) di harga bagus pada ebook analisis investasi saham disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Full Praktik.  

Banyak investor saham yang investasi di UNVR, namun karena tidak mempertimbangkan analisa fundamental, justru investor masuk di harga yang salah (membeli di harga yang sangat overvalued). Jadi analisa fundamental harus anda utamakan sebelum investasi di UNVR. 

3. Beli saham UNVR secara bertahap (sistem nabung saham) 

Harga saham UNVR cenderung lebih mahal dibandingkan kebanyakan harga saham di Bursa Efek. Oleh karena itu, jika anda ingin investasi di saham UNVR (terutama jika anda yang memulai dengan modal kecil), anda bisa pertimbangkan untuk membeli secara bertahap alias menabung saham UNVR. 

Anda bisa menerapkan nabung saham UNVR dengan cara membeli saham UNVR ketika harganya turun / koreksi, sehingga anda bisa mendapatkan UNVR di harga yang murah dan diskon. 

Jadi di dalam nabung saham UNVR, anda bisa melakukan kombinasi analisis fundamental untuk menentukan momen beli UNVR yang bagus (untuk mendapatkan UNVR di harga bagus) dan membeli bertahap sesuai dengan kemampuan modal yang anda miliki. Berikut contoh skema nabung saham UNVR yang bisa anda terapkan selama 1 tahun dengan asumsi anda menggunakan modal sekitar Rp1-2 juta per bulan untuk ditabungk: 

Menabung saham Unilever
Pelajari juga penjelasan dan skema menabung saham untuk investor disini: Penjelasan Cara Menabung Saham. Di pos tersebut, anda bisa mendapatkan pemahaman nabung saham yang bisa anda terapkan untuk investasi di saham UNVR juga. 

UNVR adalah salah satu saham yang bisa anda pertimbangkan untuk investasi jangka panjang, mengingat kinerja fundamental yang bagus, rajin memberikan dividen rutin tiap tahun dan kapitalisasi pasarnya besar. 

Anda hanya perlu 'melengkapi' diri anda dengan pengetahuan analisa fundamental dan manajemen modal yang lebih komplit agar bisa mendapatkan profit jangka panjang dari UNVR. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.