Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham: Saham BJTM dan Dividen

El Heze
Saham BJTM adalah salah satu saham perbankan yang cukup menarik bagi trader saham. Saham BJTM selalu membagikan dividen, dengan jumlah dividend per share (DPS) dan dividend payout ratio (DPR) yang tergolong besar di sektor perbankan. 




Saham BJTM juga memiliki pola yang unik, karena ketika BJTM akan membagikan dividen, sekitar 1 bulan sebelum cum date dividen, saham BJTM selalu naik kencang. Anda bisa perhatikan chart BJTM berikut:  

Saham BJTM
Setelah saham BJTM turun tajam, saat musim dividen ada berita BJTM akan membagikan dividen sebesar Rp48,2 per saham dengan dividend payout ratio (DPR) yang cukup tinggi yaitu 9,54%. Padahal saham2 blue chip di sektor perbankan DPR-nya jarang ada yang segede BJTM. DPR yang besar yaitu saham BMRI saja "hanya" ada di kisaran 8,49%. 

Sehingga pengumuman dividen BJTM seringkali membuat trader tertarik untuk mengoleksi sahamnya. Nah, anda bisa lihat saham BJTM diatas, di mana BJTM harganya terus naik selama kurun waktu 1-2 bulan (tanda panah). Baca juga: Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen. 

Kenaikan BJTM tersebut terjadi setelah ada pengumuman BJTM akan membagikan dividen. Tetapi sebulan kemudian saat tanggal ex date dividen, saham BJTM langsung anjlok dan bisa anda lihat ada gap down yang cukup besar diantara tanggal cum date dengan tanggal ex date (tanda persegi). Saham BJTM saat itu turun 6,48% di tanggal ex datenya.

Pola saham BJTM seperti diatas tidak hanya terjadi sekali, namun pola2 yang sama sudah terjadi beberapa kali setiap ada pengumuman dividen. Kita coba tarik historis harga saham BJTM setahun kebelakang saat pengumuman dividen. Perhatikan chart BJTM berikut:       

Saham BJTM 1 tahun
Sama seperti pola sebelumnya, saat BJTM akan membagikan dividen, beberapa minggu sebelum cum dan ex date dividen harga sahamnya cenderung melonjak drastis (tanda panah pertama). 

Namun saat tanggal ex date, harga saham BJTM turun drastis hingga membentuk gap down yang cukup jelas (lihat tanda persegi). Ini yang disebut dengan DIVIDEND TRAP (Jebakan dividen).

Kita sebenarnya sudah pernah bahas dividend trap dan penjelasan lengkapnya disini: Dividend Trap Saham dan Cara Mengatasinya dan Dividend Trap Saham: Contoh dan Pola. Anda bisa pelajari kembali. Polanya mirip banget dengan saham BJTM ini.

Namun yang unik dari BJTM ini, BJTM secara historis cenderung downtrend (coba anda tarik historis chart selama 5 tahun kebelakang). BJTM ini biasaya mulai bergerak uptrend menjelang pembagian dividen. 

Nah, setelah dividennya kadaluarsa alias ex date, harga sahamnya akan jatuh sebesar kurang lebih nilai dividen per sahamnya. Tapi yang lebih buruk lagi, di hari-hari selanjutnya, penurunan harga saham BJTM bisa terus berlanjut. Itulah mengapa tren jangka panjang BJTM cenderung bergerak ke arah bearish. 

Pada chart diatas, setelah terjadi gap down pertama di tanggal ex date (tanda persegi), BJTM sempat sideways dan naik lagi. Tetapi kenaikan harga sahamnya hanya mampu naik setinggi gapnya, dan setelah itu BJTM kembali turun. 

Apa yang bisa kita pelajari?  

Dari pergerakan saham BJTM ini, banyak pelajaran penting yang bisa kita ambil. Pertama, penting bagi trader untuk mempelajari pola-pola pergerakan harga saham, supaya trader tidak mudah terjebak dalam membeli, khususnya saham2 yang rajin membagikan dividen besar, anda harus waspadai risiko dan potensi dividend trap. 

Kedua, jika anda berniat mencetak profit dari saham BJTM dengan memanfaatkan tanggal pengumuman dividen, maka ada baiknya memperhatikan pola2 pergerakan BJTM yang sering terjadi. 

Usahakan untuk menghindari membeli BJTM mendekati tanggal cum dan ex datenya, apalagi kalau harganya sudah naik tinggi, karena dari pola-pola, harga saham BJTM selalu turun drastis saat tanggal ex date. 

Kalau anda beli BJTM mendekati tanggal ex date, atau bahkan beli di cum date, anda bisa dapat dividen, tetapi siapkah anda jika saham anda turun drastis setelahnya? Kecuali kalau anda memang bertujuan mengincar dividen buat jangka panjang, beda lagi ceritanya. 

Ketiga, berdasarkan pengalaman trading, BJTM adalah saham yang pergerakannya fluktuatifnya tidak sebaik BBRI ataupun BBCA. BJTM pergerakannya cukup lambat. Anda bisa perhatikan ada banyak pola sideways di grafik BJTM.

Namun ketika BJTM sudah turun banyak, apalagi jika sudah mendekati bulan-bulan musim dividen (BJTM biasanya bagi dividen antara  Februari - April), maka anda bisa pertimbangkan untuk mulai koleksi saham BJTM di harga support. 

Mendekati tanggal cum date dividen saat harganya naik, anda bisa pertimbangkan jual. Jadi anda memang nggak dapat dividennya, tetapi anda sudah dapat profit besar dari kenaikan harga saham yang anda akumulasi sebelumnya. 

Mungkin itu saja yang bisa saya sharing di pos ini tentang saham BJTM, khususnya pola-pola saham BJTM yang sering terjadi di market. Semoga analisa2 ini bisa menambah wawasan kita semua di dunia saham. SALAM PROFIT.    


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.