Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen

Tanggal 26 April 2016 lalu waktu ngecek email, tiba2 ada email masuk pemberitahuan dari kantor sekuritas saya tentang informasi corporate action. Saya dapat dividen dari PT Perusahaan Gas Negara (PGAS). Berikut adalah buktinya.


Sebagai informasi, PGAS memang membagikan dividen kas sebesar Rp91,32 per lembar saham, dengan rincian sebagai berikut.

Cum Date                         : 15 April 2016
Ex Date                             : 18 April 2016
Tanggal Recording         : 20 April 2016
Tanggal Pembayaran     : 12 Mei 2016
Dividend per Share        : Rp91,32

Setiap emiten yang akan membagikan dividen pasti memberikan informasi2 tersebut seperti yang tertera diatas. Dari data2 tersebut, ada 3 informasi penting yang harus Anda cermati: Cum date, Ex date, dan tanggal pembayaran.

Cum date adalah hari terakhir dimana Anda berhak untuk mendapatkan dividen. Jadi, kalau cum date adalah tanggal 15 April 2016, maka batas terakhir Anda dapat dividen kas adalah sampai tanggal 15 April 2016 jam 16.15 sampai pasar tutup. 

Ex date adalah hari dimana Anda sudah tidak berhak mendapatkan dividen lagi. Jarak antara tanggal cum dengan tanggal ex dividen selalu 1 hari. Kalau Anda lihat, cum date dan ex date PGAS diatas jaraknya malah 3 hari, bukan 1 hari. Hal tersebut dikarenakan tanggal 16 dan 17 April 2016 adalah hari sabtu dan minggu. Pokoknya, jarak cum dengan ex date selalu 1 hari.  Jadi, kalau Anda membeli saham tanggal 18 April 2016 yaitu pada saat cum date, ya Anda tidak dapat dividen.  

Tanggal pembayaran / tanggal distribusi. Merupakan tanggal dimana emiten membayarkan dividen kepada pemegang sahamnya. Jarak antara cum date dengan tanggal pembayaran biasanya hampir selisih 1 bulan. Kalau Anda sudah berhak atas dividen, Anda tinggal tunggu saja perusahaan membayarkan dividen ke rekening efek Anda. Anda nggak usah ngapa-ngapain. 

Selain itu, perlu Anda catat kalau Anda ingin dapat dividen Anda tinggal membeli sahamnya melalui transaksi di PASAR REGULER. Anda nggak usah daftar apa2, isi formulir dan sebagainya. Tinggal klik mouse buy Anda, dan beli saham sebelum ex date. 

Jadi siapa yang berhak dapat dividen? Apakah pemegang saham lama? Apakah pemegang saham mayoritas? 

Tidak

Seperti saya paparkan, yang berhak untuk mendapatkan dividen adalah Anda yang memiliki saham sampai tanggal cum date. Misalkan Anda memegang saham PGAS mulai tahun 2013, kemudian Anda tidak menjual sampai pada tanggal cum date, maka Anda berhak atas dividen. Kalau Anda baru membeli pada tanggal cum date, Anda juga berhak atas dividen. 

Kalau Anda memiliki saham kemudian menjual saham pada tanggal ex date, yaitu pada contoh adalah pada tanggal 18 April 2016, maka Anda juga masih berhak atas dividen. Akan tetapi, kalau Anda membeli dan Anda menjual pada tanggal cum date, maka Anda TIDAK BERHAK atas dividen. Karena yang berhak atas dividen adalah mereka yang menyimpan saham  dan tidak menjualnya sampai tanggal cum date.

Demikianlah informasi yang dapat saya berikan pada Anda tentang pembagian dividen kas dan cara membaca informasi dividen yang benar. Dividen dibagikan melalui hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Besarnya dividen yang dibagikan setiap perusahaan pasti berbeda-beda. Perusahaan pada umumnya membagikan dividen kalau mereka dapat laba. 

Namun, TIDAK SELALU perusahaan yang dapat laba membagikan dividen. Biasanya perusahaan yang memutuskan untuk tidak membagikan dividen, karena mereka ingin melakukan ekspansi atau alasan lain. Kalau perusahaan mengalami rugi, sesuai aturan Bursa Efek Indonesia (BEI), tidak boleh membagikan dividen. Perusahaan2 yang rutin membagikan dividen, dan jumlah dividen per lembarnya cukup besar biasanya adalah perusahaan2 blue chip yang kinerjanya sudah mapan, seperti BBCA, BBRI, UNVR dan lain-lain.

Lalu, dimana saya bisa mendapatkan informasi tentang pembagian dividen? Kalau saya biasanya melihat melalui situs: http://www.eddyelly.com. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.