Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Fundamental: Cara Membaca Laporan Keuangan

Saya sering sekali dapat request dari para pembaca web Saham Gain untuk membahas cara membaca laporan keuangan. Akhirnya, saya berhasil menyelesaikan rangkaian seri analisa fundamental ini, yaitu tentang laporan keuangan. 

Beberapa dari anda yang sudah mengenal Profil saya, mungkin akan bertanya-tanya: "Pak Heze kan trader saham, kok bahas cara membaca laporan keuangan?"

Saya memang trader saham, tetapi ada sebagian kecil modal saya, yang saya investasikan jangka panjang. Saya juga banyak sekali membahas strategi dan praktik trading, yang berdasarkan pengalaman saya pribadi disini: Ebook Pilihan Trader Saham Terbaik.   

Tetapi sekalipun anda trader saham, anda tetap harus paham cara membaca laporan keuangan, karena analisa fundamental dan pergerakan harga saham itu sebenarnya akan saling berkaitan. 

Saya kasih contoh sederhana. Emiten2 yang laporan keuangannya sangat cemerlang, memimpin di sektor industrinya seperti BBRI, BBCA, ASII, HMSP, TLKM dan lain2, pergerakan harga sahamnya juga sangat bagus, sehingga selain menguntungkan investor, juga menguntungkan trader. 

Itu salah satu contoh (dari sekian banyak contoh) mengapa analisa fundamental (laporan keuangan) sangat penting, walaupun anda trader saham. 

Oke, jadi dalam seri analisa fundamental: Membaca laporan keuangan, saya akan memberikan cara-cara simpel dan mudah membaca laporan keuangan, termasuk cara menganalisanya. 

Harapan saya, anda yang sama sekali belum mampu membaca laporan keuangan (awam), masih bingung tentang apa itu laporan keuangan, anda sudah mendapat banyak gambaran, dan at least anda sudah mengerti tentang laporan keuangan secara garis besar.

Soalnya faktanya banyak juga orang-orang yang tertarik belajar saham, tertarik bisa baca laporan keuangan, namun mereka sama sekali tidak memiliki basic di dunia ekonomi / akuntansi. 

Sehingga saat buka laporan keuangan perusahaan, banyak orang yang nggak tahu apa yang harus dibaca, apalagi dianalisa. Jadi di seri analisa membaca laporan keuangan ini, saya sudah meringkas bahasa yang mudah dipahami untuk anda semua.

Untuk anda yang ingin download keuangan perusahaan (barangkali anda mau menganalisa sendiri), anda bisa download langsung melalui situs www.idx.co.id. Anda bisa langsung buka menu Perusahaan Tercatat --> Laporan Keuangan dan Tahunan --> lalu pilih nama / kode perusahaan dan tahun yang anda inginkan.   

Nah, komponen laporan keuangan itu sendiri dibagi menjadi 5 bagian, yaitu laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan (CALK). Berikut detail-detailnya yang bisa anda pelajari:


Anda bisa mulai membaca laporan keuangan dari apa yang saya tuliskan tersebut, dan pahami secara perlahan. 

Untuk anda trader saham yang ingin mempelajari analisa-analisa teknikal, beserta praktik2 strategi trading secara langsung (disertai praktik saham2 yang layak dibeli, mencari saham2 yang diskon secara analisa teknikal), anda bisa mendapatkannya di web Saham Gain disini: Buku Saham. 

Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.