Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Sukses Trading Saham Harian, Mungkinkah?

El Heze
Beberapa waktu lalu saya pernah mendapat pertanyaan dari rekan trader: "Bung Heze saya lebih suka dengan trading harian. Tapi apakah bisa saya bisa sukses dari trading harian? Soalnya rata-rata pebisnis saham yang sukses umumnya adalah investor jangka panjang."

Sebenarnya sukses dalam bisnis saham bukan hanya berlaku untuk investor. Anggapan ini yang pertama-tama harus diluruskan. Trader maupun investor bisa sama-sama sukses, bisa sama-sama mendapatkan keuntungan yang konsisten, tergantung dari bagaimana anda menerapkan strategi yang benar. Karena kalau anda bertanya: 

Apakah ada investor saham yang sukses? Adakah investor saham yang gagal? Jawabannya: Sama-sama banyak. 

Apakah ada trader saham yang sukses? Tentu banyak. Tapi trader saham yang gagal juga banyak sekali. 

Jadi bisa tidaknya sukses di saham itu tidak membedakan anda mau swing trading, mid term trading, trading mingguan, investor jangka panjang atau trader harian sekalipun, anda punya kesempatan yang SAMA untuk SUKSES. Baca juga: Step-Step Menjadi Trader Sukses.    

Tapi kalau anda mau trading harian, memang anda harus memahami beberapa hal penting. Pertama, anda harus paham strategi yang benar untuk trading harian. Tentu saja, kalau anda mau sukses trading harian, pahamilah strategi2 untuk trading harian. 

Anda harus paham saham apa yang layak untuk trading harian, karena tidak semua jenis saham bagus untuk intraday. Anda harus paham kapan anda membeli dan menjual saham. Anda harus tahu momentum dan saham2 apa saja yamg mudah naik dalam jangka harian. 

Saya pernah membahas praktik2 lengkap intraday trading & trading harian disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.  

Kedua, anda harus realistis dalam memasang target. Banyak trader harian yang pada akhirnya gagal mendapatkan profit konsisten, karena mereka memasang target2 yang terlalu tinggi. Padahal dengan memasang target yang realistis, namun jika anda bisa mendapatkan secara konsisten, keuntungan anda akan sangat besar. 

Ketiga, anda perlu memiliki dan menerapkan psikologis trading yang baik. Hal ini karena tradign harian memiliki frekuensi trading yang cenderung lebih sering, sehingga anda harus bisa membatasi / mengontrol trading anda. Jangan sampai anda ketagihan trading, sehingga justru membahayakan mental / psikologis anda pribadi. 

Nah perlu anda ketahui, di pasar saham, justru sebagian besar didominasi oleh trader jangka pendek, bukan investor. Namun faktanya, banyak juga trader jangka pendek yang sukses. Itu berarti, sangat mungkin anda sukses dalam trading harian. 

Semua kembali lagi pada diri anda. Semua kembali lagi pada mindset anda. Semua kembali pada kemauan anda untuk melakukan analisa2 yang benar, dan menjadi trader harian yang bisa berpikir rasional. 

Anda yang ingin trading harian, anda bisa membaca juga tips-tips dan seluk beluk mengenai trading harian yang pernah saya pernah saya tuliskan beberapa pos ini, anda bisa baca-baca kembali: 


Semoga pos ini membantuk menjawab pertanyaan rekan-rekan trader yang ingin mencoba, serta memahami praktik trading harian lebih lanjut. Anda semua memiliki peluang besar dan sangat mungkin untuk menjadi trader harian yang sukses. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.