Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Step-Step Menjadi Trader Sukses

Beberapa waktu lalu di salah satu komentar di artikel web Saham Gain, ada seorang trader bertanya: "Pembelajaran apa yang harus dilalui untuk menjadi trader saham yang sukses mas Heze?"

Sebelum saya membahas lebih jauh, anda perlu memahami makna 'trader sukses'. Ukuran trader sukses itu bisa bermacam-macam. Kebanyakan orang mengukur sukses tidaknya trading dengan melihat investor-investor kaya seperti Warren Buffet, Lo Kheng Hong dan lain2. 

Namun ukuran-ukuran seperti itu sebenarnya kurang tepat. Anda bisa dikatakan trader sukses apabila tujuan anda dalam trading tercapai, dan trading anda mengalami perkembangan yang signifikan. Seperti apa ukuran trader sukses itu? Saya pernah menuliskannya disini: Adakah Trader Saham Sukses? 

Sekarang anda sudah tahu dalam hal apa trader dikatakan sukses, bahkan anda pun bisa mencapai hal tersebut. Tapi tentu saja, untuk mencapai goal tersebut, dibutuhkan step by step. Tidak bisa anda langsung menjadi trader sukses secara instan.

Step by step alias pembelajaran apa saja yang harus dilalui oleh seorang trader agar anda bisa dikatakan menjadi trader sukses. Ada beberapa step, dan apa yang saya tulis ini semuanya berdasarkan pada pengalaman trading saya sendiri. 

1. Belajar untuk tidak rugi 

Saat pertama trading, anda harus belajar untuk nggak rugi, bukan cari untung besar. Kalau selama ini anda berpikir untuk langsung dapat untung besar, anda salah. Pasar saham memiliki risiko yang besar, di mana anda yang tidak paham cara menganalisa saham, anda yang tidak tahu cara memilih saham, kerugian anda akan sangat besar. 

Oleh karena itu, step pertama anda harus bisa meminimalkan kerugian. Ya, rugi sekecil mungkin dari trading. Hal ini bisa anda pelajari melalui analisa yang benar, dan membentuk mindset yang benar. Baca juga: Belajar Saham Pemula - Expert.

Sangat mungkin anda dapat profit besar di saham walaupun masih pemula, tetapi kalau anda tidak paham cara mengontrol trading anda dengan baik, keuntungan anda bisa berubah menjadi kerugian dalam waktu cepat. 

Proses pertama ini adalah proses pembelajaran yang paling nggak enak, di mana tidak banyak trader mau menjalaninya. Pada step ini, banyak trader yang sudah tumbang duluan. Banyak trader yang coba mengambil jalan "pintas" jadi trader sukses dengan membeli software2 robot trading, mengikuti rekomendasi berbayar dengan harapan bisa langsung kaya dari saham.  

Sayangnya cara-cara tersebut hanya membuat trader nyangkut. Ingat bahwa step pertama ini tidak boleh anda lewatkan. Artinya, kalau anda masih pemula, belajarlah menganalisa dengan benar agar anda tidak rugi besar. 

Jangan memasang target yang muluk-muluk, misalnya anda bisa langsung untung 50% per bulan, padahal anda belum punya banyak ilmu trading. Target2 yang tidak realistis ini hanya akan membuat anda jadi tidak konsentrasi pada trading anda. 

2. Menemukan pola trading anda secara bertahap, mengasah psikologi, kemampuan menyusun trading plan serta manajemen modal 

Kalau rugi anda sudah mulai kecil, anda sudah mulai bisa meminimalkan kerugian dari trading, step selanjutnya adalah anda harus mengasah terus kemampuan-kemampuan analisa anda. 

Perdalam analisa teknikal anda dan kemampuan membaca market (IHSG). Praktikkan trading plan lebih lanjut, manajemen modal dan pada tahap ini anda juga perlu melakukan lebih banyak evaluasi trading. 

Temukan terus pola-pola trading yang cocok untuk anda. Temukan saham-saham yang karakternya sesuai dengan anda. Agar anda bisa mencetak profit yang lebih besar di saham. Di saat-saat inilah, ketika trading anda sudah mulai berkembang, anda bisa melakukan suntik modal (menambah modal) secara bertahap. 

Pada tahapan ini, anda mungkin masih akan merasakan rugi, tetapi kerugian anda sudah lebih kecil dan anda bisa mendapatkan profit yang lebih besar. Pada tahapan ini, anda lebih mampu membedakan saham mana yang bagus untuk trading dan tidak. Anda hanya perlu mengasah terus kemampuan trading anda. 

3. Konsisten pada zona nyaman trading anda  

Setelah menghadapi dua step diatas tadi, step selanjutnya adalah memantapkan sistem trading anda. Jika anda sudah mengetahui kriteria saham atau trading apa yang cocok untuk anda, anda hanya perlu melakukan konsistensi trading. 

Dengan kata lain, tradinglah di zona nyaman, sesuai dengan karakter trading anda. Misalnya anda jago membaca, memilih dan menganalisis saham2 yang akan breakout. Maka anda harus mengasah secara konsisten kemampuan anda ini. Dalam trading, prioritaskan untuk mencari saham2 yang akan breakout.   

Asah terus kemampuan anda tersebut. Ibarat pisau bisa tajam apabila terus diasah secara rutin. Anda juga harus melakukannya dalam trading. 

4. Menjadi sophisticated trader  

Step terakhir, anda sudah bisa menjadi sophisticated trader alias trader yang berpengalaman alias menjadi trader sukses yang bisa untung konsisten. Dalam step ini, anda sudah tidak panik menghadapi kondisi market yang naik turun. 

Anda bisa mengambil kesempatan membeli saham ketika market lagi turun. Anda sudah terbiasa menghadapi saham turun setelah anda beli. Anda nggak keburu untuk cut loss. 

Well, dari step-step menjadi trader sukses ini, saya tidak menuliskan bahwa setelah anda menjalani semuanya, anda akan selalu menjadi trader yang selalu benar, tidak pernah meleset dalam analisis, tidak pernah salah, menjadi perfect. 

Yap, jadi trader sukses itu bukan berarti anda menjadi perfect dalam trading, menjadi trader sukses berarti: Tujuan trading anda tercapai. Di satu sisi, anda bisa mendapatkan untung konsisten plus MENTAL ANDA LEBIH KUAT, anda bisa mencari kesempatan2 yang lebih baik untuk dapat untung. 

Untuk mencapai semuanya ini, anda perlu memulainya dari step pertama. Nah, seberapa lama anda bisa menjadi trader sukses? Pengalaman setiap orang berbeda-beda. Saya sendiri pernah menuliskan kisah pengalaman trading saya disini: Pengalaman Trading Saham:  Berapa Lama Trader Bisa Dapat Profit Konsisten? 

Tapi yang lebih penting, anda nggak perlu mikirin atau target anda harus jadi trader sukses berapa lama. Anda hanya perlu tekun menjalani trading anda. Level demi level trading anda akan bisa anda capai secara tidak anda sadari. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.