Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Profit Trading Saham Harian / Cepat

El Heze
Selain menerapkan strategi2 trading secara umum di pasar saham, seperti swing trading dan serta investasi (simpan saham2 bagus untuk jangka panjang), saya juga menerapkan strategi trading harian. Atau bahasanya di pasar saham biasa kita sebut sebagai strategi INTRADAY TRADING saham.

Seperti apa itu intraday trading? Apakah harus beli jual saham dalam sehari? Gimana caranya agar bisav profit dari trading harian? Terkait hal ini, kita akan bahas setelahnya. 

Namun sebelum itu, perlu anda ketahui bahwa harga saham yang terus bergerak naik-turun, turun-naik selama jam trading, menunjukkan bahwa sesungguhnya di pasar saham terdapat banyak sekali trader harian yang ingin mencetak profit dalam waktu cepat / harian. 

Dan karena banyaknya trader yang memanfaatkan short momentum inilah yang membuat pasar saham kita terus bergerak. Pasar saham bisa menjadi likuid salah satunya karena banyak trader yang trading cepat. 

Di pos ini saya akan menjelaskan beberapa poin penting mengenai trading harian / trading cepat, supaya anda tidak salah paham. 

APA ITU TRADING HARIAN? 

Trading harian disebut juga intraday trading. Jadi pada trading harian ini, intraday trader akan memilih saham2 yang punya pergerakan bagus, lincah tetapi pergerakannya mudah dianalisa menggunakan analisa teknikal. 

Banyak anggapan salah, bahwa intraday trader mengincar saham2 yang pergerakannya bisa naik 15-20% sehari. Sebagai trader harian, saya tidak menyarankan anda untuk terus mengincar saham2 yang pergerakannya seperti itu. Kenapa? Karena risikonya sangat besar. 

Anda mungkin bisa untung 17% sehari, it's OK. Tapi masalahnya.... Apakah anda melakukannya setiap hari secara konsisten dengan return 15% or 20% sehari? 

Banyak sekali trader yang bisa untung jauh lebih besar dari trader lainnya dalam sehari, namun tidak lama kemudian trader harus merugi lebih banyak. Jadi trading harian harus dilakukan dengan analisa dan pemilihan saham yang benar, bukan dengan cara gambling. 

Untuk bisa meraup profit dari trading harian, anda harus mencari saham2 seperti yang saya tuliskan tadi: pergerakan bagus, lincah, mudah dianalisa PLUS RISIKONYA KECIL.. Karena target anda adalah: Mencari untung yang konsisten dengan cara yang benar. 

Saya pribadi sempat menyusun ebook praktik trading harian. Jadi kita disini memilih saham2 yang:

- Pergerakan lincah dan punya fluktuatif harga yang bagus
- Pergerakannya mudah dianalisa untuk trading harian
- Mudah naik cepat untuk jangka waktu harian
- Punya persentase kenaikan cepat dalam nol-dua hari trading

Anda bisa membaca disini: Buku Intraday & One Day Trading Saham. Sehingga anda bisa mencari saham2 untuk trading harian dengan risiko lebih rendah dan profit yang lebih REALISTIS. 

JANGKA WAKTU 

Intraday trader memiliki jangka waktu 0-3 harian trading. Jadi anda membeli dan menjual saham di hari yang sama sampai 3 hari trading. Berikut beberapa contoh trading harian yang pernah saya lakukan. Anda bisa lihat jangka waktu intraday tradingnya: 




Masih banyak lagi contoh2 intraday trading penulis. So, selain anda mencari saham yang bisa naik dalam jangka waktu tersebut, anda juga tidak boleh grusa-grusu dalam mengambil keputusan. Inilah kunci agar anda bisa profit dari intraday trading dengan jangka waktu yang cukup singkat. 

TARGET / REALISASI PROFIT 

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya target profit intraday trading bukanlah 15% atau 20% sehari. Namun dalam intraday, anda mengincar profit dengan range kurang lebih 1-3% sehari. 

Sebagai trader harian, anda harus mampu memasang target profit yang realistis, dengan analisa yang benar. Dengan demikian, anda bisa meraih profit yang konsisten dalam intraday trading. Anda bisa baca sedikit artikel saya disini:  Strategi Intraday Trading Saham tentang target profit intraday trading. 

Sama seperti strategi trading lain, untuk mendapatkan profit dalam trading harian, anda harus banyak melakukan praktik sendiri, dan anda harus mengalami sendiri trading harian. 

Karena tanpa praktik, anda tidak akan mampu mendapatkan profit MAKSIMAL. Baca juga: Praktik Intraday Trading dan Studi Kasus Trading Harian. 

Dikarenakan trader harian di pasar saham itu sejatinya sangat banyak (anda bisa baca lagi paragraf2 awal yang saya tulis), maka anda yang baca pos ini, anda harus memahami dahulu praktik intraday trading yang benar.

2 komentar:

  1. thanks om, mau coba investasi ke saham, artikelnya keren

    ReplyDelete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.