Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Rekomendasi Saham untuk Profit Maksimal

Anda yang sering bekunjung ke web Saham Gain ini, mungkin salah satu pos di web ini yang anda tunggu-tunggu adalah watchlist saham yang saya berikan pada anda secara free. Anda bisa lihat pos saya disini: Rekomendasi Saham Hari Ini. 

Saat anda masuk di halaman tersebut, sebenarnya sebelum saya menuliskan menu2 watchlist untuk trading, saya sudah menuliskan beberapa poin penting (ada 5 poin). Tujuannya supaya anda tidak salah persepsi tentang rekomendasi saham tersebut. Namun, diluar 5 poin tersebut, saya juga sering menerima pertanyaan rekan-rekan yang terkait rekomendasi saham. 

Maka dari itu, saya menulis pos tersendiri (yap, disini posnya) tentang pertanyaan rekan-rekan, dan tentu semoga rekan2 bisa semakin profit dari pembelajaran dan praktik trading yang ada di web Saham Gain ini. 

1. Rekomendasi saham dari Bung Heze detailnya gimana? Harus beli di harga berapa, take profit dan cut loss di harga berapa? 

Pertanyaan ini memang paling sering ditanyakan. Di halaman rekomendasi, saya jarang sekali memberikan analisa detail kapan harus buy, kapan harus sell dan kapan harus cut loss.

Maka dari itu, saham rekomendasi saya tulis 'watchlist' bukan rekomendasi, karena memang tidak saya berikan analisa dengan sangat detail dan komplit.  Semua itu ada tujuannya. 

Tujuannya agar anda bisa memaksimalkan kreativitas anda dalam melakukan analisa teknikal. Saya tidak ingin anda terpaku hanya pada satu analisis saja, karena analisa teknikal itu ada bermacam-macam dan setiap dari anda bisa jadi punya interpretasi sendiri terhadap suatu saham. 

Time frame trading tiap orang juga berbeda satu dengan lainnya. Oleh karena perbedaan tersebut, maka kemungkinan besar analisa yang dipakai juga akan berbeda. 

Dikarenakan pasar saham itu sangat variatif, saya ingin agar watchlist saham yang saya berikan pada anda membuat anda semakin bisa berkreasi dan anda bisa mengalami sendiri proses trading saham itu seperti apa. Baca juga: Langkah-Langkah Belajar Saham Otodidak.
Hal ini mungkin berbeda kalau anda hanya 100% mengikuti rekomendasi, yang bahkan anda hanya menelan mentah2 tanpa analisa. Anda akan menjadi lebih mahir dalam trading apabila anda mau melakukan analisa secara mandiri. 

2. Saya kadang telat lihat halaman rekomendasi. Rekomendasi diberikan jam berapa? 

Seperti yang saya tuliskan di halaman rekomendasi poin 5, saya menuliskan bahwa watchlist saham saya berikan setelah jam market benar2 tutup (setelah pre-closing pukul 16.15) dan biasanya juga sering saya berikan sebelum jam market buka yaitu sebelum jam 09.00.

Namun kalau anda sering amati watchlist saya, memang kadang-kadang saya memberikan watchlist di tengah-tengah jam trading. Misalnya jam 11.00 saya menuliskan watchlist saham tertentu. Atau sebelum sesi II market buka, saya menambahkan watchlist saham. 

Hal ini karena saya terkadang menemukan saham2 yang pergerakannya potensial di tengah2 jam trading, sehingga saya update  watchlistnya tidak di jam sebelum market buka atau setelah market tutup.  

3. Selain rekomendasi saham, apa Pak Heze ada materi untuk analisa saham sendiri? 

Di web Saham Gain saya memberikan materi belajar saham dan praktik trading secara langsung yang lengkap, berupa ebook trading saham. Selain itu saya juga memberikan materi2 tentang psikologis dan mindset trading, yang saya gabung dalam satu materi analisa saham komplit. 

Hal ini karena analisa saham yang benar dan psikologis trading adalah bagian yang tidak terpisahkan. Saya menerbitkan materi dan praktik trading secara langsung, tidak hanya sekedar teori. Anda bisa dapatkan materinya disini: Buku Saham. 

Jadi, anda bisa mengaplikasikan trading anda dengan lebih benar dan bisa mendapatkan profit. Anda bisa trading dengan arah yang benar, dan tidak terjebak dalam membeli saham. 

Anda juga bisa mendapatkan strategi2 cara melakukan screening / pemilihan saham yang tepat dari saya. Anda bisa mendapatkan materinya disini: Ebook Panduan Memilih Saham Bagus, dan Saham Naik 5-10% Sehari. 

4. Pak Heze, apa ada grup khusus untuk watchlist saham selain rekomendasi saham di Saham Gain?

Saat ini saya masih memberikan watchlist saham di web ini: Rekomendasi Saham Hari Ini, karena saya melihat bahwa watchlist2 yang saya berikan sudah cukup membantu rekan-rekan dalam menganalisa otodidak dan mengambil keputusan trading. Dan saya cukup senang untuk rekan2 yang mau praktik trading dan berproses di pasar saham. 

Namun kalau anda ingin mendapatkan materi praktik trading yang lebih lengkap, anda bisa mendapatkannya disini: Ebook Praktik Trading dan Belajar Saham.

5. Rekomendasi ini untuk jangka waktu berapa lama? Apakah untuk trading sehari, swing trading atau mid term? 

Inti dari watchlist saham yang saya berikan adalah untuk jangka pendek. Seperti yang saya tuliskan di poin 3 di halaman Rekomendasi Saham, watchlist saya sifatnya bisa untuk sehari, dua hari, satu minggu dan sampai satu bulan trading. 

Jadi misalkan saya watchlist saham WIKA tanggal 1 Juli, maka jangka waktu watchlistnya sampai tanggal 1 Agustus (1 bulan). 

"Tapi Pak Heze, kalau saya mau simpan sahamnya sampai 3 bulan gimana? Atau kalau tiba2 WIKA udah naik di sesi 2 terus langsung saya jual apa bisa?"

Bisa, itu terserah anda, selama anda punya analisa sendiri yang mandiri, anda bisa melakukannya. Itulah tujuan saya menulis watchlist saham yang tidak saya berikan detail 100% analisanya, supaya anda bisa mengembangkan kemampuan dan insting trading anda.  

Selain itu setiap trader punya time frame trading yang berbeda.. Dan juga kemampuan hold saham yang berbeda satu sama lain. Ada trader yang menjual saham saat sudah naik 2%. Ada yang hold terus, sabar menunggu sampai naik 10% baru dijual. 

Oleh karena itu, jangka waktu untuk watchlist umumnya saya berikan maksimal sampai 1 bulan, namun kalau anda mau jual sehari saja saat udah naik, atau bahkan mau simpan lebih lama, ya fine-fine saja.

6. Pak Heze, kenapa Pak Heze sering kasih watchlist saham2 lapis satu dan dua? Di grup2 lain banyak rekomendasi saham2 lapis tiga juga. 

Trader yang membaca watchlist saya bukan hanya trader yang sudah berpengalaman, tetapi juga banyak trader pemula yang baru trading beberapa bulan. Maka dari itu, di watchlist saham saya lebih banyak memberikan watchlist untuk saham2 yang cenderung likuid. Biasanya saham2 LQ45 atau at least saham lapis dua. 

Jika saya banyak memberikan saham2 gorengan, maka hal ini akan sangat berisiko untuk pemula. Target saya adalah: Anda bisa memahami pola-pola saham dengan benar. 

Kalaupun saya memberikan watchlist saham lapis tiga untuk trading cepat, saya akan menuliskan bahwa saham tersebut 'cukup berisiko untuk pemula'. 

Di grup-grup saham, banyak pemula yang ujung2nya terjebak alias nyangkut gara-gara membeli saham2 lapis tiga / saham gorengan yang katanya bakal naik cepat, bakal terbang, bla bla bla.. Maka dari itu, saya lebih prefer untuk memberikan watchlist saham2 yang lebih likuid. Kecuali jika anda mengerti cara trading di saham2 lapis tiga maka tidak masalah. Namun untuk pemula yang masih belum tahu seluk beluk dunia saham, maka hal ini akan sangat berisiko. 

Semoga pos ini menjawab pertanyaan rekan2 terkait rekomendasi saham yang saya berikan di web Saham Gain. Selamat praktik trading, selamat menganalisa dan salam profit rekan-rekan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.