Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Fitur Software Online Trading yang Bagus

El Heze
Langkah utama yang harus anda lakukan agar bisa melakukan transaksi beli dan jual saham adalah membuka rekening saham di kantor sekuritas. Bagaimana langkah-langkah belajar saham untuk pemula dan panduan membuka rekening di sekuritas? Saya pernah membuat EBOOK GRATIS langkah-langkah memulai trading saham. Anda bisa download disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham bagi Pemula. 

Penulis sendiri sering mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan yang memulai belajar saham: "Bung Heze, software saham apa yang fiturnya bagus dan recommended buat trading saham?"

Sepengalaman saya pribadi, software online dapat dikatakan bagus untuk kepentingan analisa saham dan trading apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:   

1. Bisa memantau saham real time 

Hal utama yang perlu anda perhatikan adalah: Software saham harus bisa memantau pergerakan grafik saham secara real time. Ini sangatlah penting. Mengapa? Karena kalau grafik saham tidak menampilkan informasi chart secara real time alias terlambat, anda bisa salah mengambil keputusan trading. 

Real time disini berarti pola candlestick yang terbentuk pada saat jam trading harus mencerminkan kondisi saat itu. Harga saham yang berubah-ubah tentu saja akan membuat posisi / bentuk candle berubah pada saat jam trading. Sebagai contoh, pola candlestick pada saat itu membentuk pola marubozu. Tetapi karena ada tekanan jual, akhirnya pola tersebut berubah menjadi pola doji. 

Fitur online trading yang bagus adalah fitur yang mampu menampilkan chart dan pola pergerakan candlestick secara real time.

Beberapa trader terkadang mengeluhkan chart yang 'telat update', sehingga akhirnya trader salah mengambil keputusan trading. Maka, anda harus memilih software online trading yang menampilkan chart secara real time.

2. Bisa menampilkan chart secara layak 

Dalam chart saham harus terdapat indikator-indikator umum yaitu stochastic, RSI, MA, volume, MACD, candlestick dan lain-lain. Kalau ada fitur trading online yang tidak menampilkan indikator secara komplit, anda tidak disarankan untuk menggunakan fitur online trading tersebut. 

3. Memiliki menu-menu umum 

Menu-menu umum seperti tampilan running trade, menu net buy dan net sell, data-data fundamental emiten, transaksi histori, bid-offer saham, semuanya harus ada dalam tampilan software online trading. Kalau menemukan tampilan software online yang misalnya, menu net buy dan sellnya tidak ada, maka anda harus berganti ke fitur yang lebih komplit. 

4. Fitur advanced order 

Advanced order juga merupakan fitur penting yang perlu anda cek. Fitur advanced order digunakan untuk memasang antrian pada harga dan jangka waktu tertentu yang anda tetapkan. Jadi dengan fitur ini, anda tidak perlu terus memantau harga saham dan menunggu target jual anda tercapai. 

Terutama untuk anda yang tidak punya banyak waktu trading, fitur advanced order ini sangat penting untuk anda.  

5. Fee yang tidak terlalu besar 

Usahakan fee beli dan jual dari sekuritas tidak terlalu besar. Maksimal fee beli adalah 0,25% dan fee jual 0,35%. Kalau anda bisa menemukan yang lebih rendah dari itu, jauh lebih bagus. Fee transaksi yang terlalu besar akan menyulitkan anda untuk mendapatkan profit, karena setiap anda membeli dan menjual saham, akan terpotong oleh fee yang besar.  

Lima hal ini sangat penting untuk anda perhatikan sebelum anda memutuskan membuka akun direkening sekuritas. Kalau anda ingin kantor sekuritas yang bagus, fiturnya oke dan depositnya kecil, anda bisa baca beberapa referensi sekuritas bagus yang pernah saya tulis disini: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah 5 Juta. 

"Tapi Pak Heze, bagaimana caranya saya bisa mengerti kalau software saham memiliki syarat-syarat seperti yang disebutkan?" Gumam anda. 

Sebelum anda mmeutuskan membuka akun saham di sekurita tertentu, ada baiknya anda telusuri dahulu web resmi sekuritas tersebut. Biasanya di web resmi sekuritas disediakan akun demo untuk masa beberapa hari / satu minggu. 

Nah, disitu anda bisa mencoba-coba fitur online trading sekuritas tersebut, untuk melihat apakah kriteria2 tersebut sudah ada dalam fitur online trading yang mau anda join. 

Perlu anda ingat, fasilitas online trading yang bagus juga akan mempengaruhi keputusan anda untuk trading saham. Jadi, jangan salah memilih sekuritas. Sesuaikan dengan kebutuhan profil anda. Lakukan survei lebih dahulu. 

Salam profit 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.