Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham Pemula : Apa yang Harus Dilakukan Setelah Rugi?

Setiap orang yang saat ini trading di pasar saham baik anda maupun saya, pasti pernah mengalami menjadi seorang pemula. Yang namanya pemula pasti akan terus mencoba metode yang pas untuk trading. Nah, saya pernah mendapat pertanyaan dari seorang trader: 

"Pak Heze, saya trader pemula baru masuk ke pasar saham sekitar 6 bulan lalu. Saya mengalami kerugian cukup besar. Sekarang saya coba gabung di grup yang rekomen sahamnya cukup bagus dan lengkap dengan harapan rugi saya bisa kembali dengan cepat. Bagaimana menurut pendapat Pak Heze tentang hal ini?"  

Perhatikan kata2 yang saya garis bawah. Seorang pemula seringkali mencoba mencari cara yang "instan" untuk bisa mendapat profit besar, apalagi setelah rugi dengan cara mengikuti rekomendasi. 

Seperti yang saya katakan di pos ini: Seberapa Akurat Rekomendasi Para Analis? saya mengatakan bahwa tidak ada salahnya anda belajar dari siapapun, tapi kalau anda punya tujuan yang ambisius untuk mendapat profit sebesar-besarnya, padahal anda belum terlalu memahami dunia saham (baca: pemula), maka hal ini justru bisa menjadi bumerang untuk anda. 

Target utama pemula saham bukan mendapat untung sebesar-besarnya, tapi bagaimana agar anda tidak rugi terlalu besar, karena pemula masih butuh banyak belajar, maka pemula harus benar2 paham bagaimana agar bisa mengamankan modalnya.

Ingatlah bahwa modal adalah kekuatan utama dalam trading, dan modal itu ibarat nyawa. Kalau modal anda habis sama sekali, anda nggak akan bisa trading. Selama ada modal, anda punya kesempatan untuk mendapat untung. Baca juga: Cara Agar Anda Tidak Bangkrut di Pasar Saham

Tiba-tiba anda mendapat pertanyaan bagus: "Berarti pemula nggak bisa ya untung besar? Kan tujuan main saham buat dapat untung?"

Sangat bisa. Di pasar saham, kemungkinan apapun bisa terjadi. Dan keuntungan besar yang didapatkan pemula bisa jadi adalah faktor keberuntungan. Jadi ketika anda mendapatkan keuntungan, jangan cepat senang. 

Nah tapi kalau anda masih pemula, dan anda baru saja mengalami kerugian di pasar saham, maka yang harus anda lakukan setelah rugi adalah: Mengevaluasi kembali trading anda, dan analisislah kembali trading anda, agar anda bisa menekan kerugian di kemudian hari. Materi lengkapnya saya bahas juga disini: Buku Saham

Sekali lagi, pemula setelah rugi dalam trading, target selanjutnya bukanlah mengembalikan kerugian tersebut menjadi keuntungan yang super besar, tetapi pelajarilah apa yang membuat anda rugi supaya anda tidak mengulanginya lagi. Baca juga: Strategi Trading Saat Mengalami Kerugian Besar di Saham

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.