Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham Berdasarkan Net Buy dan Net Sell

Salah satu analisis saham yang bisa anda gunakan untuk melihat kecenderungan psikologis pasar selain grafik saham dan candlestick adalah dengan melihat net buy dan net sell pemain saham domestic (lokal) maupun foreign (asing). Sebelum saya membahas lebih dalam, berikut adalah cara melihat foreign dan domestic activity. 


Jika anda ingin melihat buy sell dari suatu saham, anda tinggal ketikkan kode sahamnya, kemudian klik kanan  dan klik: Foreign / Domestic Activity. Rata-rata setiap software sekuritas cara menampilkannya sama semua. Nah, ini juga menjawab pertanyaan teman2 yang masih bingung bagaimana cara melihat buy-sell terbesar.
 


Biasanya ketika suatu saham terdiri dari net buy yang besar (terutama net buy asing) selama berhari-hari, maka artinya saham dengan diakumulasi. Artinya, akan ada KECENDERUNGAN harga saham akan naik. Sebaliknya kalau saham terdiri dari banyak net sell selama beberapa hari terakhir, artinya harga saham CENDERUNG akan turun. 

Sebagai contoh, ASII yang pernah turun drastis dari harga 8.400 hingga 7.800 pada pertengahan Juli 2017. Kalau anda perhatikan net buy dan net sellnya pada saat itu, memang sejak awal asing sudah banyak jualan di saham ASII, sehingga wajar saja kalau harga sahamnya kemudian turun dengan cepat.  

Perhatikan kata kuncinya: CENDERUNG. Cenderung disini bukanlah sesuatu yang pasti dan selalu terjadi. Analisis ini tidak bisa dijadikan patokan 100%. Artinya, jangan berpatokan hanya pada analisis buy-sell dalam trading, jangan pernah melupakan grafik. Analisis net buy dan net sell ini bisa anda gunakan untuk melihat kecenderungan pasar dan bisa anda kombinasikan dengan grafik saham. 

Pada umumnya, analisis net buy dan net sell ini enak digunakan untuk melihat kecenderungan pergerakan saham2 lapis tiga. Biasanya saham2 lapis tiga yang sedang diakumulasi besar2an ada peluang yang besar untuk naik juga. 

Untuk analisis net buy dan net sell ini, kalau anda ingin lihat yang melihat yang lebih spesifik kantor sekuritas mana saja yang melakukan buy-sell yang besar, anda bisa lihat melalui Net Stock Summary. Berikut contohnya:

(Klik gambar untuk memperbesar)

Jika ada sekuritas yang borong dalam jumlah besar, terutama kalau sekuritas2 besar terus melakukan akumulasi selama berhari-hari, maka bisa jadi itu adalah tanda2 harga saham akan diangkat. 

Oke, sampai disini saja penjelasan saya mengenai analisis saham menggunakan net buy dan net sell asing. Sampai bertemu lagi di artikel analisis saham selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.