Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham ELTY: Akankah Naik dengan Kencang?

El Heze
Ketika saham2 grup bakrie mulai naik kencang lagi, saham ELTY ini termasuk saham yang naiknya terlambat. Kalau nggak percaya perhatikan saja, anak2nya saham BUMI: ENRG, UNSP, DEWA, BRMS yang sudah naik kencang duluan sebelum saham ELTY. 

Tapi, seperti yang saya katakan di Facebook Belajar Saham, ketika saham ELTY sudah mulai naik lagi, kemungkinan ELTY masih bisa naik lagi. Dan sekarang ELTY memang sudah terbukti naik sampai 60-an. Saya punya banyak pertimbangan mengenai hal tersebut.

Pertama, ELTY akan melakukan restrukturisasi utang, yaitu dengan menjual 38% saham JGLE untuk digunakan membayar utang sebesar 3 triliun. Selain itu, ELTY juga akan melakukan aksi korporasi menerbitkan waran, dimana waran ini nantinya juga digunakan untuk membayar utang kepada krediturnya, yaitu Credit Suisse. 

Restrukturisasi utang berpotensi mengangkat kembali kinerja fundamental ELTY. Restrukturisasi utang juga dilakukan oleh grup saham Bakrie lainnya. Perbaikan kinerja fundamental, berpotensi mengangkat kembali harga sahamnya.  

Kedua, induk usahanya yaitu BUMI sudah menunjukkan potensi perbaikan kinerja. Hal ini tampak dari keberhasilan BUMI terkait pembayaran utang dan juga mulai meningkatkan harga komoditas batu bara. Potensi peningkatan kinerja BUMI, biasanya menjadi sentimen positif bagi anak2 usahanya. 

Ketiga, bisnis ELTY  bergerak di sektor properti. Semua orang tetap membutuhkan perumahan, kantor dan hal2 yang berhubungan dengan properti. I mean, selesu-lesunya properti, harga sahamnya pasti suatu saat akan naik lagi. Jika ada sentimen positif untuk sektor properti, harga saham ELTY berpotensi naik.  

Keempat, pergerakan saham ELTY sudah mulai banyak peminat dan harga masih murah. ELTY mulai bergerak naik, dan antrian bid-offer ELTY boleh saya katakan sudah mulai ramai.
Bid-offer ELTY
Bung Heze, apakah ELTY sudah layak dikoleksi saat ini? Tanya anda

Beli ELTY sekarang memang cukup spekulatif, karena kinerja fundamentalnya masih belum membaik. So, sebaiknya kalau mau beli ELTY anda tidak disarankan masuk dengan lot yang banyak, dan anda tidak disarankan keep barang terlalu lama. 


Sebagai seorang trader, saya berani trading ELTY dengan lot banyak ketika ELTY sudah mulai bergerak fluktuatif di rentang harga tertentu, sehingga saya bisa dengan mudah mengetahui titik support resistennya.

Dari ulasan2 analisis yang saya paparkan diatas, harga saham ELTY kemungkinan masih bisa naik lagi karena alasan2 tersebut. Namun perlu anda ketahui, bahwa mungkin alasan2 itulah yang juga bisa menjadi alasan untuk distribusi saham besar2an ketika harga sahamnya sudah diangkat sampai ke titik harga tertentu. 

Maka dari itu, seperti yang saya katakan: Jika anda mau beli ELTY jangan membeli dengan jumlah lot yang banyak dan jangan hold terlalu lama. Ada kemungkinan suatu saat ELTY akan naik kencang atau bahkan.... Harganya balik lagi ke GOCAP.... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.