Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Software dan Perangkat Keras untuk Trading Saham

El Heze
Saat ini, kalau anda ingin trading saham anda sudah tidak perlu telepon broker sana-sini. Perdagangan saham sekarang sudah menggunakan scriptless trading. Dan anda sudah bisa trading menggunakan software saham yang disediakan oleh kantor sekuritas. 

Software saham yang disediakan oleh sekuritas biasanya memberikan banyak opsi: Bisa dibuka di laptop / PC, ada juga software yang dikhususkan untuk dibuka di tablet / smartphone. Mengenai software saham, saya juga menyediakannya secara free dalam satu paket ebook. Lihat disini: Buku Saham. 

Kantor sekuritas selalu menyediakan pilihan software trading untuk dibuka di tablet / smartphone / android dan sejenisnya karena saat ini pengguna gadget menjamur. Jadi, dimanapun anda berada, anda tetapi bisa memantau pergerakan harga saham. 

Mana yang anda pilih, apakah anda selama ini trading menggunakan perangkat keras laptop / PC atau trading di smartphone? Saya pribadi sama sekali belum pernah membuka software saham di gadget, seperti tablet maupun android. Mengapa demikian? Karena tampilan software saham di smartphone kurang nyaman untuk dilihat (ukurannya kecil).

Karena kalau software saham dibuka di tablet atau smartphone dan tampilannya kecil, maka saya jadi bingung dengan tampilannya. Informasi yang disajikan menjadi kurang mendukung. Hal ini tentu tidak baik untuk trading saya. Sehingga, saya lebih memilih untuk membuka software saham di PC atau setidak-tidaknya di laptop.   

Terkait hal tersebut, saya pernah mendapat pertanyaan daru beberapa rekan trader: "Bung Heze, apakah lebih baik membuka software di komputer atau di tablet saja sudah cukup?"

Itu sih tergantung anda. Kalau anda menjadikan trading hanya sebagai hobi, tidak masalah trading dan memantau harga saham melalui smartphone anda. Tetapi, kalau anda menjadikan trading sebagai sebuah PROFESI, saya rasa sangat tidak efektif jika anda harus trading melalui smartphone. 

Coba anda perhatikan, semua broker saham tidak ada yang bekerja menggunakan smartphone. Malahan, para broker  menggunakan komputer  / PC minimal 2-3 layar. Inilah yang menjadi alasan mengapa saya tidak pernah membuka menu saham di smartphone karena saya menjadikan trading sebagai sebuah profesi. Bukan hanya hobi. 

Jadi, jika anda ingin menjalani karir yang berkaitan dengan dunia saham, maka salah satu yang harus anda persiapkan dengan baik adalah perangkat keras. Anda membutuhkan perangkat keras yang nyaman dan  lengkap, yang bisa memudahkan anda untuk melihat informasi2 berita dan harga saham. Semakin nyaman perangkat keras yang anda gunakan, semakin akurat pengambilan keputusan trading anda.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.