Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Anda Mau Sukses Main Saham Berapa Lama? - Part I

Kalau saya bertanya pada anda dengan memberikan dua opsi: "Anda mau sukses main saham berapa lama? Dengan opsi:


- Sukses main saham dalam jangka waktu 1 tahun bahkan kurang
- Sukses main saham dalam jangka waktu minimal 3 tahun

Saya yakin semua trader pasti akan menjawab ingin bisa sukses main saham dalam jangka waktu yang sesingkat mungkin, yaitu satu tahun bahkan kurang. Maksud saya, kalau bisa sukses sekarang ngapain harus ditunda 4 tahun lagi. Kalau bisa dapat mobil dan rumah sekarang, ngapain harus ditunda 4 tahun lagi? Benar kan

Tapi, apa yang kelihatannya bagus itu sebenarnya belum tentu bagus. Untuk lebih memahaminya, sekarang saya akan coba bahas satu per satu dari setiap poin. 

Sukses main saham dalam jangka waktu 1 tahun bahkan kurang

Kalau anda sukses dalam waktu yang cepat, kelihatannya sangat menyenangkan di awal. Tetapi kalau anda sukses dalam waktu cepat kemungkinan besar hal itu hanyalah beginner lucky. (hampir) Semua pemula yang bisa untung besar di awal, pada bulan2 berikutnya akan menderita rugi besar. 

Hal ini dikarenakan pemain saham pemula masih belum banyak mempelajari kondisi market, sehingga psikologi dan mental trading juga belum terbentuk dengan baik. Beginner lucky cenderung membuat trader menjadi cepat senang, euforia, dan merasa dirinya hebat. Dan perlu anda camkan, bahwa sukses main saham dalam waktu cepat sangat tidak baik untuk karir trading anda. 

Bukannya tidak boleh sukses cepat. Saya sendiri pun juga ingin bisa sukses cepat. Tetapi, untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan proses. Masalahnya, proses menuju sukses main saham tidak ada yang cepat, apalagi enak dan mudah.  

"Ah, masa sih bung Heze?" Tanya anda.

Kalau anda tidak percaya, sebenarnya banyak orang yang awalnya cepat sukses namun tidak lama kemudian jatuh. Mengapa hal itu seringkali terjadi? Karena pondasi mereka masih lemah. Mereka belum mengalami jatuh bangun, sehingga ketika sukses dalam sekejap mata, mereka tidak siap. 

Langsung senang, langsung merasa diatas awan, dan ketika saatnya harus menghadapi cobaan yang sesungguhnya, jatuhlah mereka. Pemain saham pemula yang bisa sukses dalam waktu cepat juga sangat berpotensi untuk rugi di kemudian hari, bahkan kerugian yang diderita lebih besar daripada keuntungan yang mereka dapatkan di awal. 

Jadi, sekarang anda sudah tahu mengapa sukses main saham terlalu cepat itu tidak baik. Jawabannya karena: "Pondasi" anda masih belum kuat.  

Lalu, bagaimana dengan pilihan kedua? Apakah sukses main saham dalam jangka waktu minimal 3 tahun adalah pilihan yang terbaik? Silahkan simak jawabannya di Part II: Anda Mau Sukses Main Saham Berapa Lama? - Part II.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.