Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membeli Saham Perusahaan Go Public

Jika Anda bertanya: Bagaimana caranya trading? Bagaimana caranya membeli saham Indonesia? Dimana saya bisa membeli saham2 perusahaan go public? 

Apakah saham2 Indonesia yang go public bisa dibeli melalui bank, melalui notaris, atau pergi langsung ke perusahaan yang bersangkutan untuk langsung membeli sahamnya?

Tidak. Anda TIDAK BISA membeli saham2 tersebut  melalui cara2 tersebut. Kalau Anda ingin membeli saham perusahaan go public, Anda harus membelinya melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Caranya: membuka rekening saham (rekening efek) di kantor sekuritas di kota Anda atau kota terdekat. Semua transaksi jual-beli saham go public terjadi HANYA di Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI adalah lembaga yang memfasilitasi kegiatan perdagangan transaksi saham. 

Kalau Anda berniat trading saham, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda membuka rekening efek terlebih dahulu. Karena tanpa memiliki rekening efek, dipastikan 100% Anda tidak bisa trading saham maupun investasi, karena seluruh kegiatan jual dan beli saham2 perusahaan go public yang Anda lakukan, seluruhnya bisa terjadi ketika rekening saham Anda sudah aktif dan Anda sudah menyetor modal, kemudian Anda membeli dan menjual saham. Dengan membuka rekening saham di kantor sekuritas, maka Anda dapat dikatakan menjadi nasabah dari kantor sekuritas tersebut. 

Kantor sekuritas menyediakan jasa full service broker dan trading online, tergantung layanan kantor sekuritas yang bersangkutan. Bedanya, kalau menggunakan full service broker Anda tidak perlu memasukkan order beli dan order jual sendiri. Kalau Anda ingin membeli atau menjual saham, Anda tinggal menelepon broker Anda, kemudian broker yang meneruskan amanah order Anda. Kalau pada trading online, Anda tidak perlu menelepon broker, tetapi jika Anda ingin membeli maupun menjual saham, Anda bisa melakukannya sendiri hanya dengan klik tombol mouse di layar monitor Anda, melalui software untuk trading yang sudah disediakan oleh tiap2 kantor sekuritas. 

Sekarang saya rasa hampir semua kantor sekuritas sudah menyediakan sarana trading online. Hal ini dikarenakan dengan online trading, maka perdagangan di Bursa Efek Indonesia bisa menjadi lebih praktis dan mudah. Selain itu, kalau Anda menggunakan full service broker, deposit minimumnya jauh lebih besar (bisa puluhan juta) ketimbang Anda yang menggunakan trading online. Saat ini, kantor sekuritas berlomba-lomba untuk memberikan deposit minimum kepada para nasabahnya. Bahkan, ada yang memberikan minimal deposit hanya Rp1.000.000 (satu juta rupiah).

Lalu, bagaimana prosedur teknis membuka rekening saham, data apa saja yang harus saya isi, apa yang saya dapatkan kalau sudah berhasil membuka rekening saham, bagaimana saya tahu lokasi kantor sekuritas di kota saya dan  apa yang harus saya lakukan? Untuk menjawab semua pertanyaan Anda mengenai pembukaan rekening saham, silahkan lanjut membaca ke pos berikutnya: Cara dan Teknis Membuka Rekening Saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.