Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Uptrend untuk Trading

Pada pos sebelumnya yang bisa anda baca disini: Ciri-Ciri Saham yang Bagus untuk Trading, kita sudah membahas ciri-ciri saham yang lebih layak untuk ditradingkan, dengan level risiko lebih rendah dan potensi return lebih besar. Yap, saham yang bagus untuk trend following pada umumnya saham-saham yang bergerak uptrend/ naik.  


Sekarang kita akan memperjelas saham uptrend yang bagus untuk trading. Hal ini karena ada banyak pola saham uptrend yang akan anda temui dalam grafik. 

Dan setiap pola saham uptrend, memiliki keunikan. Salah satu pola saham-saham uptrend yang bagus untuk trading adalah saham uptrend  yang ada pola "anak tangga". 

Diawali dengan tren naik yang solid (strong uptrend), disertai adanya koreks-koreksi normal, namun setelah itu tetap membentuk higher high, higher low, sehingga terlihat membentuk seperti pola "anak tangga". 

Penurunan saham-saham yang sedang berada dalam uptrend solid, biasanya hanya terjadi karena koreksi sehat, sehingga area-area supportnya bisa menjadi area untuk melakukan akumulasi beli.  

Apa contoh saham yang sedang membentuk uptrend dengan pola "anak tangga"? Anda bisa lihat contoh grafik saham MAPI berikut: 


MAPI terlihat jelas membentuk strong uptrend. Namun di dalam tren naiknya, kalau kita gambarkan dengan trendline, MAPI terlihat membentuk kenaikan disertai koreksi-koreksi sehat. 

Setelah naik, ada koreksi beberapa hari. Setelah koreksi, kembali naik dan membentuk higher high, higher low, sehingga secara tren jangka panjang tetap bergerak uptrend. 

Tetapi di dalam tren naiknya, selalu terjadi koreksi-koreksi yang jelas, koreksi-koreksi sesaat alias koreksi sehat sebelum kembali melanjutkan tren naiknya. 

Inilah ciri-ciri saham dengan tren yang bagus / sehat. Karena harga saham tetap bergerak bullish, yang artinya banyak peminat beli. Saham yang mengalami koreksi sehat di dalam tren naik, artinya banyak transaksi di saham tersebut, tetapi pembeli tetap lebih mendominasi.

Nah, saham-saham uptrend dengan pola "anak tangga" inilah yang bisa dimanfaatkan untuk trend following, maupun trading jangka pendek khususnya buat yang ingin buy on weakness. 

Perhatikan kembali chart diatas, pada daerah-daerah support-nya. Artinya, kalau saham kembali mengalami koreksi sehat, dan bertahan diatas area support, anda bisa mulai pertimbangkan untuk buy on weakness di area support-nya. 

Sehingga pada pola saham seperti ini, tidak sulit untuk mencari letak support-nya, dan juga lebih low risk untuk trading, karena setelah koreksi sehat dan mantul dari support, pada umumnya harga saham akan kembali bergerak naik membentuk puncak dan lembah yang lebih tinggi. 

[Catatan: Tren dan pattern saham MAPI bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi pos ini, bukan mengajak untuk membeli saham spesifik. Setiap pola saham, harus anda analisa dan cermati dengan analisa tren, termasuk potensi pembalikan arah tren-nya]. 

Apalagi contoh saham yang membentuk strong uptrend dengan pola anak tangga? Anda bisa lihat beberapa contoh saham lainnya seperti ITMG, AKRA, ADRO. Berikut chart ITMG: 


ITMG membentuk strong uptrend, namun di dalam strong uptrendnya, terdapat koreksi-koreksi sehat. Setelah koreksi, ITMG kembali membentuk higher high, higher low yang baru. 

Inilah ciri tren naik yang sehat, dan sangat menarik untuk trading, karena anda tidak susah menemukan letak support, dan relatif mudah digunakan untuk buy on weakness, dibandingkan saham dengan tren naik yang sangat jarang koreksi atau hanya sideways lama diatas. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.