Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Bandar Saham XA

Kalau anda belajar analisis bandarmologi saham, maka anda perlu melihat broker-broker sekuritas mana saja yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi saham. Dengan cara ini, anda bisa melihat gerak-gerik bandar, kemana potensi bandar akan bergerak. 


Dalam analisa bandarmologi, anda perlu melihat bandar-bandar saham besar, karena bandar besar yang menjadi top broker di saham tersebut bisa menjadi market maker pada saham tersebut. 

Salah satu bandar saham besar di Bursa saham Indonesia adalah bandar saham XA, yaitu NH Korindo Sekuritas Indonesia (XA). Kalau anda analisa bandarmologi melalui broker summary, kita juga sering menemukan sekuritas XA berada di peringkat atas sebagai top seller maupun top buyer di suatu saham. 

PROFIL BROKER SAHAM XA 

NH Korindo Sekuritas Indonesia memiliki kode sekuritas XA. NH Sekuritas Indonesia didirikan pada tahun 2008, merupakan patungan (joint venture) antara Nonghyup Financial Group dengan Korindo Indonesia. 

Nonghyup Financial Group merupakan salah satu perusahaan holding keuangan terbesar di Korea yang menyediakan layanan keuangan termasuk layanan perbankan, asuransi, sekuritas, dan lain-lain. 

NH Korindo Sekuritas Indonesia berpusat di Jakarta. Buat trader atau investor yang ingin membuka akun saham di NH Korindo Sekuritas, minimal deposit-nya cukup kecil, yaitu Rp1 juta untuk pembukaan rekening online, dan Rp5 juta untuk pembukaan rekening offline. 

Sedangkan untuk fee beli dan jual trading masing-masing sebesar 0,18% dan 0,28% untuk online trading.

Ini artinya, broker saham XA termasuk dalam salah satu bandar saham asing, karena NH Korindo Sekuritas adalah joint venture antara perusahaan sekuritas asing dengan perusahaan lokal. 

Seperti kita ketahui, peraturan di Bursa Efek Indonesia tidak memperbolehkan sekuritas / pemodal asing 100% untuk menjadi Anggota Bursa. Maka dari itu, sekuritas asing di Indonesia adalah joint venture antara permodalan asing dengan permodalan lokal. 

Anda bisa baca juga daftar-daftar sekuritas asing yang ada di Indonesia berikut: Daftar Kode Broker Saham Asing. 

Di Bursa Efek, bandar saham asing dianggap memiliki kekuatan lebih besar untuk menjadi market maker pada saham tertentu. Kalau di saham tertentu banyak broker asingnya, maka broker asing saham tersebut memiliki power lebih besar untuk menggerakkan sahamnya. 

Hal ini tidak salah, karena broker asing adalah joint venture modal asing dan lokal, maka otomatis broker sekuritas asing memiliki permodalan yang lebih kuat ketimbang broker saham lokal. 

Kalau anda sedang analisa bandarmologi melalui broker summary, anda akan sering menemukan broker saham XA di dalam urutan broker summary. Contohnya seperti tampilan broker summary berikut: 

Bandar Saham XA

Pada broker summary saham BHIT diatas, terlihat bandar saham XA berada di urutan 10 (tanda persegi hijau). Bandar XA pada broker summary diberikan warna kuning, di mana warna kuning menunjukkan sekuritas asing / joint venture. 

KEKUATAN BANDAR SAHAM XA DALAM BANDARMOLOGI  

Bandar saham XA memiliki kekuatan yang cukup besar untuk menjadi market maker, karena bandar XA termasuk dalam sekuritas asing. Namun dalam praktikknya, sekuritas asing yang paling sering menjadi top broker pada banyak saham adalah sekuritas YP, AK, BK, ZP, CG, CS. 

Berdasarkan analisa broker summary yang sering saya lakukan pada banyak saham, sekuritas AK biasanya menjadi top broker di peringkat agak bawah, yaitu dibawah peringkat 5 (Biasanya di peringkat 10-15). 

Di saham-saham blue chip seperti BBRI, BMRI, ASII, TLKM top buyer dan top seller asing-nya (di peringkat 1-5 terbesar) umumnya diisi oleh sekuritas-sekuritas seperti YP, AK, BK, ZP, CG, CS dan kombinasi sekuritas lokal lainnya seperti sekuritas PD, CC. 

Ini artinya, walaupun broker saham XA termasuk dalam sekuritas asing, tetapi dominasi sekuritas XA dalam market maker tidak sebesar dominasi sekuritas-sekuritas asing lainnya seperti yang sudah kita sebutkan diatas tadi. 

Banyak trader saham, khususnya penganut analisa bandarmologi yang berpendapat kalau broker saham XA termasuk dalam bandar saham besar. Hal ini tidak salah. Tetapi dalam bandarmologi, yang paling penting, anda harus perhatikan top buyer dan top seller terbesarnya, khususnya top buyer & seller lima peringkat pertama. 

Apabila sekuritas XA tidak termasuk dalam top buyer dan top seller di lima urutan pertama, dapat dikatakan bahwa broker XA tidak memiliki dampak yang besar pada saham tersebut (Market maker). 

Jika broker XA katakanlah ada di peringkat 10 atau bahkan dibawah peringkat 10, seperti contoh broker summary saham BBRI berikut: 


Perhatikan bahwa broker saham XA tidak ada di urutan 10 broker summary teratas pada saham BBRI. Ini artinya bandar saham XA bukanlah market maker di saham BBRI saat itu. Market makernya adalah sekuritas ZP, DX, YU, YP dan CC yang terbesar. 

Namun kalau sekuritas XA bisa menjadi top buyer atau top seller di 1-5 peringkat pertama, maka gerak-gerik sekuritas XA ini harus anda perhatikan. Bisa jadi sekuritas XA sedang menjadi market maker di saham tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.